Musibah Adalah Obat Maka Bersabarlah

Musibah Adalah Obat Maka Bersabarlah

Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan,

لولا مِحَنُ الدنيا ومصائبُها، لأصاب العبدَ مِن أدْواء الكِبْرِ والعُجب والفرعنة وقسوة القلب ما هو سببُ هلاكه عاجلاً وآجلاً، فمن رحمةِ أرحم الراحمين أن يتفقَّده فى الأحيان بأنواع من أدوية المصائب، تكون حِمية له من هذه الأدواء، وحِفظاً لصحة عُبوديتهِ، واستفراغاً للمواد الفاسدة الرديئة المهلكة منه، فسبحانَ مَن يرحمُ ببلائه، ويبتلى بنعمائه
"Kalau bukan karena ujian dunia dan musibahnya, hamba akan ditimpa penyakit sombong, bangga diri, tinggi hati, dan keras hati. Hal-hal itu akan menyebabkan kebinasaannya, baik sekarang maupun akan datang.

Di antara rahmat Allah, Dzat Yang paling memiliki rahmat, adalah Dia memeriksa hamba-Nya pada sebagian waktu. Dia memberinya macam-macam obat musibah, sebagai imunitas (kekebalan) dari penyakit-penyakit tersebut, menjaga kesehatan penghambaannya, serta detoksifikasi (mengeluarkan dari tubuh) bahan-bahan perusak, rendahan, yang bisa menghancurkannya.

Mahasuci Allah, yang memberikan rahmat dengan musibah-Nya, dan memberikan musibah dengan nikmat-nikmat-Nya (yang tidak disyukuri dengan semestinya)."
Zadul Ma'ad
Info Penting:
dengan klik share, anda telah membantu admin terus semangat update artikel dan jika Terdapat kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki.

No comments: