Syaikh Sulaiman Ar-Ruhaili : Ciri-Ciri Manhaj Salaf

Ciri-Ciri Manhaj Salaf

1. Manhaj Salaf adalah cara beragama yang benar yang semestinya segenap kaum Muslimin menisbatkan diri kepadanya.

2. Manhaj Salaf terkandung di dalamnya keadilan, kejujuran dan sifat rohmatan lil 'alamin.

3. Manhaj Salaf berlaku adil, jujur, dan sebagai nasehat terhadap siapa saja, baik yang jauh maupun yang dekat.

4. Manhaj Salaf menjelaskan al-haq sebagai penunaian kewajiban dan menjalankan tanggungjawab.

5. Salafiyyin mencintai kaum Muslimin agar mendapat hidayah tauhid dan sunnah.

6. Dakwah Salafiyyah bersungguh-sungguh mengajak manusia ke jalan Allah, mengajak kepada sunnah Nabi shollallahu 'alaihi wasallam, menjelaskan bahaya lawannya yaitu bid'ah agar manusia tidak tertipu oleh kesesatan.

7. Manhaj Salaf adalah cahaya yang terang dan kebaikan yang besar yang semestinya kita nampakkan di tengah-tengah manusia.

8. Jika manusia menyadari keadilan, kebaikan, dan keistimewaan manhaj Salaf, niscaya mereka akan menerimanya, maka wajib bagi para penuntut ilmu untuk menjelaskannya, khususnya di zaman ini yang dimunculkan stigma negatif dan kebencian terhadap manhaj Salaf.

9. Di sana ada orang-orang yang menamakan dirinya dengan "Salafy", mengaku mengikuti Salaf, namun pada hakikatnya tidak berjalan di atas pokok-pokok manhaj Salaf dan tidak mencerminkan perilaku Salafussholih.

10. Adanya orang-orang yang membikin lari manusia dari manhaj Salaf dengan mengatakan Salafy adalah kelompok yang baru dibentuk oleh pihak tertentu. Ketahuilah, bahwa manhaj Salaf adalah cara beragama para Shohabat Nabi yang diikuti oleh para Ulama robbani dan diwariskan turun-temurun dengan silsilah keilmuan yang terang.

ranskrip dan diterjemahkan dari audio "Min Awshofis Salafiyyah".

Fikri Abul Hasan
Published By: Group BIS & BMS - Dakwah Untuk Umat 

Tidak ada komentar: