Gempa Bumi Mengingatkan kita kepada Kematian, Segeralah Beramal

Gempa Bumi

MEMPERSIAPKAN DIRI MENGHADAPI KEMATIAN

Sahabat Info Islam yang kami cintai karena Allah...

Rasulullah bersabda,

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَكْثُرَ الزَّلاَزِلُ
"Tidak akan tiba hari Kiamat hingga banyak terjadi gempa bumi. (HR. Bukhari)

Fenomena semakin seringnya terjadi gempa menunjukkan bahwa kiamat semakin dekat. Meskipun dekatnya kiamat tidak dapat dipastikan berapa lama lagi.

Yang jauh lebih penting dari itu, adalah bagaimana persiapan kita menghadapi kematian. Sebuah kiamat sughra yang pasti menghampiri setiap orang. Ada yang mati lantaran sakit, ada yang mati lantaran kecelakaan, ada juga yang mati lantaran gempa bumi. Yang pasti, kalaupun kita tidak bertemu dengan kiamat kubra, kita pasti bertemu dengan kiamat sughra.

Sahabat...
Sungguh beruntung orang-orang yang menyiapkan bekal untuk menghadapi kiamat. Dan sekali lagi, kematian adalah kiamat personal bagi tiap orang. Orang yang banyak mengingat kematian dan mempersiapkan diri menghadapi kematian dengan beramal shaleh secara ikhlas karena Allah dan sesuai dengan tuntutan sunnah Rasulullah, dialah mukmin yang paling cerdas.

Rasulullah bersabda,
أَكْثَرُهُمْ لِلْمَوْتِ ذِكْرًا وَأَحْسَنُهُمْ لَهُ اِسْتِعْدَادًا قَبْلَ أَنْ يَنْزِلَ بِهِمْ أُوْلَئِكَ مِنْ اْلأَكْيَاسِ
“Yang paling banyak mengingat kematian dan yang paling baik dalam mempersiapkan diri untuk alam berikutnya, itulah mereka yang paling cerdas.” (HR. Ibnu Majah no. 4259. Hasan kata Syaikh al-Albani).

Gempa bumi ini juga mengingatkan kita bahwa kematian demikian dekat dan bisa datang kepada kita kapan saja. Ia juga sepatutnya mengikis habis kesombongan kita. Karena bangunan setinggi dan sekokoh apapun, bisa luluh lantak oleh guncangan gempa. Jika Allah menghendakinya.

Editor: Akhukum Fillah Nurhadi
Sumber: WAG Cinta Sunnah
__________________________________
Mau dapat tambahan ilmu agama? Gabung Yuk:
▪WhatsApp: https://chat.whatsapp.com/0AiufQZjXZ22EFcADNieEj
▪Telegram: https://t.me/infoislammengaji
Info Penting:
dengan klik share, anda telah membantu admin terus semangat update artikel dan jika Terdapat kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki.

No comments: