-->

ILMU ITU UNTUK DIAMALKAN

ILMU ITU UNTUK DIAMALKAN

Malik bin Dinar رحمه الله berkata : "Sesungguhnya orang yang berilmu yang tidak mau mengamalkan ilmunya, maka nasehatnya pun akan meleset dari hati penerimanya, bagaikan setetes hujan yang meleset dari batu yang licin" (lihat Shifatus Shofwah II/167)

Imam Ibnul Qayyim رحمه الله berkata : "Seandainya ilmu itu bisa bermanfaat dengan tanpa amal, maka Allah tidak akan mencela para pendeta dari Ahli Kitab. Dan seandainya amal itu bisa bermanfaat tanpa ikhlas, maka Allah pun tidak akan mencela orang-orang munafik. Barangsiapa tidak memanfaatkan matanya, dia pun tidak akan memanfaatkan telinganya" (Al-Fawaa-id hal 67)

Imam Muhammad bin Fadl al-Balhi رحمه الله berkata : "Lenyapnya ilmu di tangan orang 4; orang yang tidak mengamalkan ilmunya, orang beramal tanpa dasar ilmu, orang yang tidak mau belajar apa yang tidak diketahui, dan orang yang menghalangi manusia dari ilmu" (Kitabul Ilmi hal 45 oleh adz-Dzahabi)
Ustadz Najmi Umar Bakkar
Baca Juga
    ______________________________
    support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
    ______________________________
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    Tidak ada komentar: