Wahai Penuntut Ilmu Syar'i, Jangan Banyak Mengeluh Dan Bermalasan

Wahai Penuntut Ilmu Syar'i, Jangan Banyak Mengeluh

Seorang penuntut ilmu jangan suka mengeluh, tidak layak penuntut ilmu bermalas-malasan, kita dengan izin Allah akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat bila bersungguh-sungguh. Penuntut ilmu harus selalu hadir, tepat waktu dan berusaha datang lebih awal, dan tidak boleh terlambat.

Dari Abu Hurairah rodhiyallahu 'anhu, Rasulullah ﷺ bersabda, "Bersungguh-sungguh lah untuk mendapatkan apa yg bermanfaat bagimu dan mintalah pertolongan Allah (dlm segala urusanmu) serta jangan sekali-kali engkau merasa lemah." [HR Muslim no 2664, Ahmad (II/366,370)]

Terkadang dalam menuntut ilmu, ketika mendapati pembahasan yang susah maka akan mengeluh "aduh susah sekali ini", dan tidak jarang kemudian menyerah dan berhenti dalam belajar.

Tidak jarang juga dalam kasus belajar bahasa arab, banyak sekali keluhan ketika mempelajari ilmu nahwu, kemudian berhenti di tengah jalan, dan tidak melanjutkan pembelajaran bahasa arab. Hal ini terus berulang dan akhirnya tidak bisa bisa bahasa arab.

Ingatlah, istiqomah menuntut ilmu ini merupakan jalan yang cepat menuju surga,

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ
“Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim, no. 2699)

Maka janganlah suka mengeluh, paksakan diri untuk menuntut ilmu, istiqomahlah sampai akhir, dan nikmati kesengsaraan dalam menuntut ilmu, insyaallah engkau akan memetik buah segar dari ilmu.
______________________________
support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
______________________________
Info Penting:
yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, koment aja di kotak komentar yang tersedia di bawah teman-teman. syukron atas perhatiannya

No comments: