FISIK PENGHUNI NERAKA

FISIK PENGHUNI NERAKA

Salah satu diantara bentuk siksaan yang diberikan kepada penghuni neraka, Allah jadikan badannya sangat besar. Tidak ada yang bisa membayangkan besarnya, kecuali Penciptanya.

Dari Abu Hurairah رَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُ Nabi ﷺ bersabda : “Jarak antara dua ujung pundak orang kafir di dalam neraka sejauh perjalanan 3 hari yang ditempuh penunggang kuda yang larinya cepat.” (HR. Bukhari 6551 Muslim 2852)

Imam An-Nawawi رَحِمَهُ الله mengatakan : "Ini semua bertujuan agar lebih maksimal dalam menyiksanya. Dan ini semua di bawah kekuasaan Allah Ta’ala, yang wajib kita imani, mengingat adanya berita dari Ash-Shodiq (Nabi Muhammad ﷺ) tentang hal ini." (Syarh Shahih Muslim, 17:186).

Imam Ibnu Katsir رَحِمَهُ الله ta’ala berkata : “Yang demikian itu, agar siksaan yang mereka dapatkan lebih menyakitkan, keletihan, dan panasnya api yang mereka pun semakin dahsyat, sebagaimana firman Allah

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا بِآيَاتِنَا سَوْفَ نُصْلِيهِمْ نَارًا كُلَّمَا نَضِجَتْ جُلُودُهُمْ بَدَّلْنَاهُمْ جُلُودًا غَيْرَهَا لِيَذُوقُوا الْعَذَابَ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَزِيزًا حَكِيمًا
Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. An – Nisa : 56). (An-Nihayah fil Fitan wal Malahim Karya Ibnu Katsir 2/139)

Dari Zaid bin Arqam رَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُ : “Sesungguhnya orang penduduk neraka akan membesar ketika masuk neraka, sampai gigi gerahamnya sebesar gunung Uhud.” (HR. Ahmad 32:13, Syuaib Al-Arnauth mengatakan, ‘Sanadnya maushul’ dan statusnya seperti sabda Nabi ﷺ).

Dari Abu Hurairah رَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُ Nabi ﷺ bersabda : “Gigi geraham atau gigi taring orang kafir (penghuni neraka) seperti gunung Uhud, sementara tebal kulitnya sejauh perjalanan 3 hari.” (HR. Muslim 2851).

Juga dari Abu hurairah رَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُ Nabi ﷺ bersabda : “Geraham orang kafir pada hari kiamat seperti gunung Uhud, lebar telinganya 70 hasta, lengannya seperti gunung Baidha’, pahanya seperti gunung Waraqan, dan tempat duduknya di neraka antara saya dengan rabadzah.” (HR. Hakim, Ahmad dan dishahihkan al-Albani).

Namun ukuran di atas tidak berlaku untuk semua penghuni neraka. Karena ada juga orang yang Allah masukkan ke neraka dalam wujud makhluk yang sangat kecil.

Al-Munawi رَحِمَهُ الله menukil keterangan Imam Al-Qurthubi رَحِمَهُ الله : “Ini hanya berlaku untuk sebagian ahli neraka saja, dengan dalil hadits yang menyatakan bahwa orang-orang sombong pada hari kiamat akan dikumpulkan dalam bentuk manusia seukuran biji. Mereka digiring untuk masuk ke penjara di dasar neraka, namanya Bulis.”

Beliau juga mengatakan : “Kita yakin, hukuman untuk orang kafir itu bertingkat-tingkat, sebagaimana yang kita pahami dari kesimpulan Aquran dan sunnah.” (Faidhul Qadir Syarh Jami’ ash-Shaghir, karya al-Munawi, 4:254)

Allahu a’lam, semoga bermanfaat. إِنْ شَاءَ اللّٰهُ
#UstAmmiNurBaitsحفظه الله تعالى
@AbuDanish @KonsultasiSyariah

Tidak ada komentar: