Pengikut Nabi yang sejati, Mengajak Kepada Tauhid dan Memperingatkan dari syirik

Mengajak Kepada Tauhid dan Memperingatkan dari syirik

Fadhilatus Syeikh, DR. Sulaiman Ar-Ruhaili -hafizahulloh- menerangkan :

"Orang-orang yang meneladani Rasulullah shallalahu alaihi wasallam dengan sebenar-benarnya, adalah orang yang meninggikan kedudukan tauhid, menyeru kepada tauhid, memperingatkan akan kesyirikan. Inilah orang yang menempuh metode sekaligus pengikut Rasulullah shallalahu alaihi wasallam dengan sebenar-benarnya.

Maka bukan termasuk model pengikut Rasulullah shallalahu alaihi wasallam, orang yang berkata : "Jangan menyeru kepada tauhid, sebab itu akan memecah belah manusia". "Jangan menyerukan untuk mencampakkan kesyirikan, karena akan memecah belah manusia"! cukup ! ucapkan saja kata² yang baik !, Kemudian setiap orang bebas menafsirkannya.

Dan umumnya kalimat tauhid diinterprestasikan dengan tauhid rububiyah saja, disebabkan tauhid rububiyah disepakati oleh manusia. Adapun tauhid uluhiyah, orang-orang berbeda pendapat didalamnya.

Tatkala anda datang dan berkata, "Tidak boleh berdoa kepada selain Allah"!, Maka sebahagian orang akan menjawab : "Tidak. Boleh berdoa kepada para wali !. Tatkala disampaikan, "Jangan beristighotsah kepada para Nabi"!. Maka dia menjawab :" Tidak. Bahkan kami akan beristighotsah kepada mereka (para Nabi)."- Wal iyyadzu billah-.

Mereka itu bukan termasuk pengikut Rasul !.

Tetapi, bukan maksud saya bahwa dia bukan muslim. Namun (dia muslim) yang tidak meneladani metode Rasulullah shallalahu alaihi wasalllam didalam berdakwah kepada Allah!.

Allah Ta'ala berfirman :

قُلْ هَٰذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللَّهِ ۚ عَلَىٰ بَصِيرَةٍ أَنَا وَمَنِ اتَّبَعَنِي ۖ وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ
Katakanlah (Muhammad), “Inilah jalanku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan yakin, Mahasuci Allah, dan aku tidak termasuk orang-orang musyrik.” [QS Yusuf : 108].

Yaitu : "sabili" (jalanku) dan jalannya orang² yang meneladaniku, dan itu adalah berdakwah kepada Allah. Hal ini mengharuskan adanya keikhlasan, sebab orang yang tidak ikhlas, tidak akan berdakwah kepada Allah

Dan dakwah yang benar-benar ikhlas, semata-mata karena Alloh, inilah yang akan menjadi pelopor dakwah kepada tauhid, sebagaimana yang telah diterangkan oleh Ibnu Jarir At-Thobary -rahimahulloh- dalam tafsir beliau."
▪من الذي يسير على طريق النبي ﷺ على وجه الحقيقة؟؟

• قال الشيخ سليمان الرحيلي حفظه الله :

فمُتّبع الرسول ﷺ على الحقيقة هو الذي يُعلي من شأن التوحيد، ويدعو إليه، ويُحذّر من الشرك، هذا الذي يسير على طريق الرسول ﷺ على وجه الحقيقة، وهو من أتباع الرسول ﷺ على وجه الحقيقة،

فليس من شأن أتباع رسول الله ﷺ أن يقول أحدهم: لا تدع إلى التوحيد؛ لأنه يفرّق الناس، لا تدع إلى نبذ الشرك؛ لأنه يفرّق الناس، اكتفِ وقل الكلمة الطيبة، ثم كلٌّ يفسرها كيف يشاء!

وغالبا ما تُفسر كلمة التوحيد بتوحيد الربوبية؛ لأن توحيد الربوبية يتفق عليه الناس، أما توحيد الألوهية فيختلف الناس فيه،

إذا جئت وقلتَ: لا يجوز دعاء غير الله، قال بعض الناس: لا؛ يجوز دعاء الأولياء، وإذا قلتَ: لا يُستغاث بالأنبياء، قال: لا؛ يستغاث بهم - والعياذ بالله -، فهذا ليس من أتباع الرسول ﷺ،

ولا يعني هذا أنه ليس بمسلم، لكنه لم يتّبع طريق النبي ﷺ في الدعوة إلى الله ﴿قُل هذِهِ سَبيلي أَدعو إِلَى اللَّهِ عَلى بَصيرَةٍ أَنا وَمَنِ اتَّبَعَني﴾ ؛ يعني: سبيلي وسبيل من اتبعني هي أن أدعوَ إلى الله، وهذا يقتضي الإخلاص؛ فإن الذي لا يُخلص لا يدعو إلى الله،

وكون الدعوة خالصة لله سبحانه وتعالى يقتضي أن يكون رأس هذه الدعوة الدعوة إلى التوحيد كما بيّن ابن جرير الطبري في تفسيره.
______________________
Syarhu Risalati Ibnil Qoyyim Ila Ahadi Ikhwanihi, hal 120-121.
Alih Bahasa :Hilal Abu Naufal

Tidak ada komentar: