Syeikh Ahmad al-kuri ditanya hukum meninggalkan shalat jamaah karena virus corona


FATWA SYAIKH AHMAD AL-KURI AL-MAURETANI -hafizhahullaah-

PERTANYAAN:

Apakah boleh bagi kaum muslimin yang sehat untuk meninggalkan Shalat Jum’at dan Shalat Jama’ah karena takut dari penyakit Corona?

MAKA BELIAU MENJAWAB -semoga Allah memberikan taufik kepada beliau-:

PERTAMA:
Takut terhadap musuh yang nyata ketika berperang di jalan Allah: adalah tidak menggugurkan Shalat Jama’ah. Maka bagaimana bisa Shalat Jama’ah gugur karena disebabkan takut dari penyakit yang masih belum pasti mengenai?!

{وَإِذَا كُنْتَ فِيهِمْ فَأَقَمْتَ لَهُمُ الصَّلَاةَ فَلْتَقُمْ طَائِفَةٌ مِنْهُمْ مَعَكَ...}
“Dan apabila engkau (Muhammad) berada di tengah-tengah mereka (sahabatmu) lalu engkau hendak melaksanakan shalat bersama-sama mereka, maka hendaklah segolongan dari mereka berdiri (shalat) besertamu…” (QS. An-Nisaa’: 102)

KEDUA: Wabah dan penyakit ini sebab hakikinya adalah dosa dan maksiat.

Allah -Ta’aalaa- berfirman:

{وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ...}
“Dan musibah apa pun yang menimpa kamu adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri,…” (QS. Asy-Syuuraa: 30)

Allah juga berfirman:

{ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ}
“Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS. Ar-Rum: 41)

Bukankah Allah -Ta’aalaa- telah menjelaskan bahwa obatnya hanyalah dengan kembali kepada Allah; dengan bertaubat, istigfar, Shalat membaca Al-Qura-n, berdo’a…Dan (obatnya) bukanlah dengan meninggalkan sebagian yang Allah wajibkan atas kita berupa Shalat Jum’ah dan Jama’ah!!

KETIGA: Firman Allah -Ta’aalaa-:

{مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ فِي الأرْضِ وَلَا فِي أَنْفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ نَبْرَأَهَا...}
“Setiap bencana yang menimpa di bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, semuanya telah tertulis dalam Kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum Kami mewujudkannya…” (QS. Al-Hadid: 22)

Dan Allah berfirman:

{قُلْ لَنْ يُصِيْبَنَا إِلَّا مَا كَتَبَ اللهُ لَنَا...}
“Katakanlah (Muhammad), “Tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah bagi kami…” (QS. At-Taubah: 51)

Allah juga berfirman:

{...قُلْ لَوْ كُنْتُمْ فِي بُيُوتِكُمْ لَبَرَزَ الَّذِينَ كُتِبَ عَلَيْهِمُ الْقَتْلُ إِلَى مَضَاجِعِهِمْ...}
“…Katakanlah (Muhammad), “Meskipun kamu ada di rumahmu, niscaya orang-orang yang telah ditetapkan akan mati terbunuh itu keluar (juga) ke tempat mereka terbunuh.”…” (QS. Ali ‘Imran: 154)

Dan Nabi -shallallaahu ‘alaihi wa sallam- bersabda:

وَاعْلَمْ أَنَّ الْأُمَّةَ لَوِ اجْتَمَعَتْ عَلَى أَنْ يَنْفَعُوْكَ بِشَيْءٍ؛ لَمْ يَنْفَعُوْكَ إِلَّا بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللهُ لَكَ، وَإِنِ اجْتَمَعُوْا عَلَى أَنْ يَضُرُّوْكَ بِشَيْءٍ؛ لَمْ يَضُرُّوْكَ إِلَّا بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللهُ عَلَيْكَ
“Ketahuilah, seandainya semua umat berkumpul untuk memberikanmu suatu manfaat; maka mereka tidak dapat memberikanmu manfaat kecuali dari apa yang telah Allah takdirkan untuk dirimu. Dan seandainya mereka berkumpul untuk membahayakanmu; maka mereka tidak dapat membahayakanmu kecuali dari apa yang telah Allah takdirkan untuk menimpamu.” HR. Ahmad dan At-Tirmidzi, dan beliau berkata: “Hasan Shahih.”

Maka iman kita terhadap Qada’ dan Qadar, dan tawakal kita kepada Allah -Jalla Wa ‘Alaa-: tidakkah hal tersebut mencegah kita dari meninggalkan apa yang Allah wajibkan atas kita berupa Shalat Jum’at dan Jama’ah karena takut dari penyakit dan yang lainnya?!!!

KEEMPAT: Tidakkah Nabi -shallallaahu ‘alaihi wa sallam- membicarakan tentang bagaimana interaksi bersama wabah Tha’un dan bahwa tidak boleh masuk ke negeri yang tersebar wabah Tha’un, dan tidak boleh keluar dari negeri yang wabah Tha’un itu ada padanya…Maka, apakah beliau menyebutkan pada hadits tersebut tentang meninggalkan Shalat Jama’ah?!!

KELIMA: Tha’un terjadi pada zaman ‘Umar bin Al-Khaththab -radiyallaahu ‘anhu-, dan beliau bermusyawarah dalam perkara ini bersama para Muhajirin, kemudian para Anshar, kemudian orang-orang yang masuk Islam pada Fat-hu Makkah…Maka, apakah mereka dengan sebab adanya Tha’un ini kemudian menggugurkan Shalat Jum’at atau Jama’ah?!

KEENAM: Allah -Ta’aalaa- berfirman:

{وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ...}
“Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat…” (QS. Al-Baqarah: 45)

Apakah memohon pertolongan (kepada Allah) di sini dengan menegakkan Shalat di masjid sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi -shallallaahu ‘alaihi wa sallam-, ataukah dengan meninggalkan Shalat Jum’at dan Jama’ah?!!

KETUJUH: Nabi -shallallaahu ‘alaihi wa sallam- bersabda:

مَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِيْ جَمَاعَةٍ فَهُوَ فِيْ ذِمَّةِ اللهِ
“Barangsiapa yang Shalat subuh berjama’ah; maka dia dalam jaminan Allah.”

Tidakkah cukup bagi kita bahwa kita dalam jaminan Allah?!

{أَلَيْسَ اللهُ بِكَافٍ عَبْدَهُ...}
“Bukankah Allah yang mencukupi hamba-Nya?...” (QS. Az-Zumar: 36)

KEDELAPAN: Jika Nabi -shallallaahu ‘alaihi wa sallam- tidak mengizinkan bagi orang yang buta untuk meninggalkan Shalat Jama’ah, padahal orang buta itu sudah mengatakan bahwa tidak ada yang menuntunnya, sedangkan Madinah itu banyak binatang beracun dan binatang buas…Maka, bagaimana mungkin beliau mengizinkan bagi orang yang sehat untuk meninggalkan Shalat Jama’ah karena takut sakit?!

KESEMBILAN: Nabi -shallallaahu ‘alaihi wa sallam- biasa kalau ditimpa suatu perkara; maka beliau bersegera untuk Shalat. Apakah kita ketika ditimpa masalah virus Corona ini kemudian meninggalkan Shalat Jum’at dan Jama’ah?!!

KESEPULUH: Dahulu di setiap kota Islam ada satu Masjid Jami’ yang seluruh kaum muslimin melaksanakan Shalat di dalamnya. Dan kaum muslimin telah ditimpa wabah dari waktu ke waktu… Maka, apakah ada seorang dari ulama kaum Muslimin sepanjang sejarah yang berfatwa untuk menutup masjid-masjid disebabkan wabah atau Tha’un?!!

Selesai perkataan beliau -hafizhaahullah-.

-diterjemahkan oleh: Ahmad Hendrix
فتوى الشيخ أحمد الكوري الموريتاني -حفظه الله-

سؤال: هل يجوز للمسلمين الأصحاء ترك الجمعة والجماعة خوفاً من المرض (كورونا) ؟!
فأجاب وفّقه الله:
أوّلًا: في الخوف من العدو المحقق عند القتال في سبيل الله لم تسقط الجماعة فكيف تسقط بسبب الخوف المتوهم من المرض ؟!
{وإذا كنت فيهم فأقمت لهم الصلاة فلتقم طائفة منهم معك...} الآية

ثانيًا:
هذه الأوبئة والأمراض سببها الحقيقي هو الذنوب والمعاصي.
قال تعالى: {وما أصابكم من مصيبة فبما كسبت أيديكم...}
وقال عزّ مِن قائل عليما:{ظهر الفساد في البر والبحر بما كسبت أيدي الناس ليذيقهم بعض الذي عملوا لعلهم يرجعون}

ألم يبين تعالى أن العلاج إنما هو في الرجوع إلى الله بالتوبة والاستغفار والصلاة والتلاوة والدعاء ... وليس في ترك بعض ما أوجب علينا من جمعة وجماعة ؟!!

ثالثًا: قول الله تعالى: {ما أصاب من مصيبة في الأرض ولا في أنفسكم إلا في كتاب من قبل أن نبرأها...}

وقال: {قل لن يصيبنا إلا ما كتب الله لنا...}

وقال:{...قل لو كنتم في بيوتكم لبرز الذي كتب عليهم القتل إلى مضاجعهم...}

وقال صلى الله عليه وسلم: ((واعلم أنّ الأمة لواجمعت على أن ينفعوك لم ينفعوك إلا بشيء قد كتبه الله لك ولو اجتمعوا على أن يضروك لم يضروك إلا بشيء قد كتبه الله عليك)) رواه أحمد والترمذي وقال حسن صحيح .

فإيماننا بالقضاء والقدر وتوكلنا على الله جل وعلا ألا يمنعنا من ترك ما أوجب علينا من صلاة الجمعة والجماعة خوفاً من المرض وغيره ؟!!!

رابعًا: ألم يتحدث -صلى الله عليه وسلم- عن كيفيّة التعامل مع الطاعون وأنه لا يجوز دخول الأرض التي فيها الطاعون ولا الخروج من الأرض التي فيها...فهل ذكر فيه ترك صلاة الجماعة ؟!!

خامسًا: وقع الطاعون في عهد عمر بن الخطاب -رضي الله عنه- وتشاور في أمره مع المهاجرين ثم الأنصار ثم مسلمة الفتح... فهل عطّلوا بسببه جمعة أو جماعة ؟!

سادسًا: يقول الله -سبحانه وتعالى- {واستعينوا بالصبر والصلاة...} فهل الاستعانة هنا بإقامة الصلاة في المسجد كما كان النبي -صلى الله عليه وسلم- يؤديها أم بترك الجمع والجماعات ؟!!

سابعًا: يقول -صلى الله عليه وسلم-: ((مَن صلّى الصبح في جماعة فهو في ذمة الله)) ألا يكفينا أننا في ذمة الله؟! {أليس الله بكاف عبده} ؟!!

ثامنًا: إذا كان -صلى الله عليه وسلم- لم يأذن للأعمى في التخلف عن الجماعة مع قوله بأنه لا قائد له وأن المدينة كثيرة الهوام والسباع ... كيف يؤذن للصحيح في التخلف عنها لمجرد خوف المرض ؟!

تاسعًا: لقد كان النبي -صلى الله عليه وسلم- إذا حزبه أمر بادر إلى الصلاة ... فهل إذا حزبنا فيروس الكورونا نترك صلاة الجمعة والجماعة ؟!!

عاشرًا: لقد كان في كل مدينة إسلامية جامع واحد يصلي فيه الجميع ... وقد كان يصيب المسلمين الوباء والطاعون من حين لآخر...فهل أفتى أحد من علماء المسلمين عبر التاريخ بغلق المساجد بسبب وباء أو طاعون ؟!!

انتهى كلامه حفظه الله

Tidak ada komentar: