IBX5A47BA52847EF DakwahPost: kesehatan
11 keistimewaan pemberian ASI pada bayi

11 keistimewaan pemberian ASI pada bayi

Untuk artikel yang satu ini adalah 11 keistimewaan pemberian ASI pada bayi hingga usia 2 tahun. Seperti biasa artikel ini saya ambil dari Tanya ASI - HZ Lactation Center baik Group maupun dalam bukunya yang dikupas habis masalah ASI.

1. ASI adalah cairan hidup

ASI mengandung daya tahan tubuh dan enzim-enzim yang dibutuhkan tubuh bayi dalam proses pencernaan makanan. Dengan begitu, nutrien yang masuk sebagian besar akan terserap oleh tubuh bayi,Berbeda dengan susu formula yang diistilahkannya sebagai cairan mati, penyerapan nutriennya sangat tergantung pada enzim penyerapan yang jumlahnya dalam usus bayi masihlah sedikit.

Asal tahu saja, 1 sendok teh kolostrum memiliki nilai gizi sesuai dengan kurang lebih 30 cc formula. Usus bayi dapat menyerap 1 sendok teh kolostrum tanpa ada yang terbuang, sedangkan untuk 30 cc susu formula yang diisapnya, hanya satu sendok teh sajalah yang dapat diserap ususnya. Sisa susu formula yang tidak terserap akan menjadi sampah dalam usus bayi

2. Menyusui bukanlah sekadar memberi makan, tapi juga mendidik anak.

Sambil menyusui, eluslah si bayi dan dekaplah dengan hangat. Tindakan ini sudah dapat menimbulkan rasa aman pada bayi, sehingga kelak ia akan memiliki tingkat emosi dan spiritual yang tinggi. Ini menjadi dasar bagi pertumbuhan manusia menuju sumber daya manusia yang baik dan lebih mudah untuk menyayangi orang lain.

3. Kolostrum memiliki daya tahan tubuh 17-20 kali lebih baik dibanding ASI berikutnya.

Jumlah kolostrum memang tidak banyak. Kolostrum hanya tersedia mulai hari pertama hingga maksimal hari ketiga atau keempat. Menyusui tidak menyusui, kolostrum tetap ada. Setelah itu, keluar susu peralihan. Pada hari pertama mungkin hanya diperoleh 30 cc. Namun, dalam setiap tetesnya terdapat berjuta-juta satuan zat antibodi. SIgA adalah antibodi yang hanya terdapat dalam ASI. Kandungan SIgA dalam kolostrum pada hari pertama adalah 800 gr/100 cc. Selanjutnya mulai berkurang menjadi 600 gr/100 cc pada hari kedua, 400 gr/100 cc pada hari ketiga, dan 200 gr/100 cc pada hari keempat.

11 keistimewaan pemberian ASI pada bayi

4. Ibu menyusui dapat mengonsumsi apa saja, kecuali rokok, minuman keras, dan narkoba.

Ada sebagian orang berpendapat, ibu menyusui jangan makan sambal nanti bayinya mencret. Atau, jangan minum es nanti bayinya batuk. Pendapat ini tidak benar. Tak ada larangan makanan yang mutlak bagi ibu menyusui. Tapi, memang ada sebagian bayi yang tidak kuat terhadap makanan tertentu. Ini biasanya ditandai dengan mencret pada bayi. Untuk menghindarinya, ibu cukup tidak mengonsumsi makanan tersebut.

5. Agar produksi ASI optimal, ibu harus berpikir positif bahwa ia mampu memberikan ASI.

Produksi ASI sangat dipengaruhi kondisi psikis si ibu. Bila hati ibu tenang, bahagia, maka produksi ASI-nya bakal berlimpah. ASI diproduksi sesuai dengan permintaan. Bila bayi Anda butuh 100 cc maka ASI yang bakal diproduksi pun 100 cc. Jadi, jangan takut ASI-nya tidak mencukupi kebutuhan bayi. Kemungkinan hanya 1 dari 1.000 wanita yang tidak dapat menyusui. Oleh karena itu setiap ibu harus yakin dapat menyusui bayinya.

6. Kebutuhan cairan bagi ibu yang menyusui akan diatur oleh tubuh ibu itu sendiri.
Bila ibu butuh cairan, pasti akan timbul rasa haus. Kalau ada anggapan harus banyak minum dapat menghasilkan ASI yang banyak, itu hanyalah mitos.

7. ASI tak bakalan basi.

ASI selalu diproduksi oleh pabriknya di wilayah payudara. Bila gudang ASI telah kosong. ASI yang tidak dikeluarkan akan diserap kembali oleh tubuh ibu. Jadi, ASI dalam payudara tak pernah basi dan ibu tak perlu memerah dan membuang ASI-nya sebelum menyusui.

8. Wilayah aerola cukup dibersihkan dengan ASI.

Sebelum menyusui, jangan bersihkan aerola (daerah gelap sekitar puting) dengan air. Gunakan ASI, karena sudah mengandung antibodi.

9. ASI menjadikan anak lebih pandai.

Menurut penelitian pada tahun 1997, kepandaian anak yang minum ASI pada usia 9 1/2 tahun mencapai 12,9 poin lebih tinggi daripada anak-anak yang minum susu formula.
10. Menyusui dapat dilakukan hingga anak berusia 2 tahun.

Menyusui dengan ASI sampai dengan usia anak mencapai 2 tahun masih mampu memenuhi 1/3 kebutuhan kalori, 1/3 kebutuhan protein, 45 persen kebutuhan akan vitamin A dan 90 persen

11. ASI merupakan nikmat dan anugerah yang tidak ada bandingnya.

Tidak ada susu apapun yang bisa melebihi khasiat dan kehebatan ASI. Jadi gunakan dan manfaatkan anugerah ini sebaik-baiknya untuk anak anda. Jangan pernah sia-siakan hak seorang bayi.

Jika bermanfaat, silahkan berbagi pada rekan teman dan sahabat anda. Mudah-mudahan bermanfaat juga bagi mereka dan amal sholeh bagi anda..

admin dapatkan dari group whatsapp sebelah
Baca selengkapnya »
Hasil pembahasan "Kupas Tuntas Permasalahan Imunisasi"

Hasil pembahasan "Kupas Tuntas Permasalahan Imunisasi"

Poin-poin Kesimpulan :

1. Imunisasi ada beberapa jenis. Vaksin adalah bagian dari Imunisasi;

2. Pada Prinsipnya secara syar'i dan kesehatan pemberian vaksin dalam rangka imunisasi diperbolehkan (mubah).

3. Bahwa pernyataan vaksin mengandung unsur Babi, adalah hoax. Dari 30an jenis vaksin. Terdapat 4 s.d 5 jenis yang vaksin bersinggungan dengan enzim babi pada prosesnya. Bersinggungan bukanlah mengandung. Meski tidak mengandung enzim tersebut, bahan vaksin tetap diproses dan difilter sampai milyaran kali, sehingga ending nya sudah tidak ada lagi unsur babi, ust Erwandi menjawab hukum asal nya suci, jika sudah dibersihkan maka menjadi suci kembali (HALAL), Hadits yang menjadi landasan Riwayat Bukhari 235, Ahmad (6/330), An Nasa'i (7/178), yang makna isinya kurang lebih : ada minyak beku kejatuhan tikus, maka buang tikus nya dan minyak beku tersebut yg terkena dibuang, yang bersih dari tikus dapat digunakan.

Kupas Tuntas Permasalahan Imunisasi

4. Bahkan, andaipun mengandung babi jika untuk menolak keburukan yang lebih, maka diperbolehkan (sesuai dengan fatwa MUI Nomor 4 tahun 2016 tentang Imunisasi), dalam kondisi darurat (Pada kenyataannya di Lapangan, hanya sebagian kecil vaksin yang bersinggungan dan pada hasil akhir dibuktikan tidak mengandung unsur babi);

5. Seluruh vaksin di Indonesia sedang dalam proses sertifikasi HALAL dan BPOM, karena undang2 tentang sertifikasi vaksin baru dibuat 1-2 tahun terakhir. (sesuai dengan Tuntutan fatwa MUI, kepada Pemerintah dan Produsen, Nomor 4 tahun 2016 tentang Imunisasi). Riset mengenai proses pembuatan vaksin dari bahan non binatang (murni tumbuhan/herbal) sedang masuk masa riset dan semoga hasilnya telah muncul 5-15 tahun mendatang.

Kupas Tuntas Permasalahan Imunisasi

6. Ikuti pemerintah selagi tidak melanggar syariat (termasuk imunisasi). Hukum vaksin adalah dianjurkan. Namun menjadi wajib apabila pemerintah mewajibkan (UU RI nomor 6 mengenai Wabah Penyakit dan PP No. 4 tahun 1984 tentang penanggulangan wabah).

7. (Jawaban atas tanya jawab mengenai orang yang menghasut untuk tidak menggunakan vaksin pada orang lain. dan menyebarkan berita hoax terkait vaksin mengandung babi) Bahwa tindakan ini merupakan dosa, karena penolak vaksin berkemungkinan lebih besar terkena dan menularkan penyakit. Serahkan pada penegakan hukum.

Dilarang memaksakan kehendak kepada orang-orang yang tidak mengimunisasi anaknya. Tenaga Medis tetap dilarang memberikan tindakan imunisasi apabila orangtua menolak. Hanya bisa dilakukan dengan tindakan dari pemerintah.

8. Imunisasi merupakan pelemahan terhadap umat islam adalah SALAH, Karena di Negara Eropa dan Negara Kafir Imunisasi pun wajib dan penerapan hukumnya lebih ketat bagi penduduk di negara kafir tersebut yang menolak.

9. Vaksin untuk anak-anak dan dewasa tidak berfungsi optimal jika tidak lengkap dan tidak mengikuti jadwal. Tak ada kata terlambat apabila anak belum divaksin sama sekali sejauh apabila anak belum terkena penyakit. Orang dewasa masih perlu diupdate vaksin nya.

Jakarta, 12 Februari 2018

Acara Tanya Dokter Rodja TV. Yang berlangsung Ahad 11 Februari 2018 Pukul 20.00 s.d 21.30 WIB.

Oleh :
  • Ust Erwandi Tarmizi, MA
  • Prof, Dr, dr. Zakiudin Munasir, Sp. A (K)
  • dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc
Baca selengkapnya »
Kemenkes Sebut Terompet Berpotensi Tularkan Difteri

Kemenkes Sebut Terompet Berpotensi Tularkan Difteri

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan, adanya potensi penularan penyakit difteri melalui terompet. Sebab, penyakit difteri dapat ditularkan melalui percikan ludah, bahkan hembusan nafas.

Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Elizabeth Jane Soepradi mengatakan, percikan ludah tersebut bisa keluar ketika seseorang meniupkan terompet. Dan orang tersebut pun, tidak bisa dipastikan bebas dari penyakit difteri.
Terompet Berpotensi Tularkan Difteri

"Terompet tentu bisa (menularkan difteri). Karena penularan difteri itu umumnya melalui percikan ludah, juga udara. Karena difteri itu menyerang selaput lendir pada hidung sampai tenggorokan," kata Jane kepada Republika.co.id, Kamis (28/12).

Untuk itu, dia mengimbau masyarakat lebih berhati-hati terhadap potensi penularan penyakit difteri tersebut. Dia juga meminta, pemerintah dan semua pihak bersikap proaktif, menyosialisasikan pencegahan difteri kepada semua masyarakat. "Terompet itu kan tiupannya keras, jadi ya masyarakat harus hati-hati. Nanti ada yang menderita difteri lalu percikan ludahnya nyemprot-nyemprot," tegas dia.

Saat ini, dia melihat adanya peningkatan kesadaran dari masyarakat terkait penyakit difteri. Hal itu terjadi karena gencarnya sosialisasi dan imbauan Kemenkes melalui media sosial dan media mainstream.

Namun sayangnya, kesadaran tersebut didominasi oleh masyarakat menengah ke atas. Masyarakat di pedesaan atau menengah ke bawah, tingkat kesadaran dan pengetahuan tentang difteri masih sangat minim. Karena itu, dia mendorong agar semua pihak terus proaktif, dengan mengecek dan mensosialisasikan kepada masyarakat di daerah secara langsung. Dengan begitu, mereka bisa lebih berhati-hati.

artikel: republika.co.id
Baca selengkapnya »
Penyedap Makanan MSG (micin) Berbahaya? Masa’ Sih..

Penyedap Makanan MSG (micin) Berbahaya? Masa’ Sih..

Ada yang bilang mie bahaya bisa sebabkan kanker, padahal gak ada tulisan dibungkusnya sebabkan kanker dll, tapi ROKOK ada tuh, tulisan sebabkan kanker, impotensi dan kehamilan, jadi yang jangan pernah salahkan "micin penyebab bodoh ya", yang bikin bodoh itu "malas belajar"

# Mie Instan dan MSG

Kami tidak anti total sama mie, makan juga, apalagi buat malam2 begadang, mie goreng, pake telur dan susu mmm... musim hujan masak mie rebus hangat mmm...

-Mie instan berbahaya kalau TERLALU SERING, jika seminggu 2x insyaAllah tidak berbahaya, dan aturan penyajiannya dgn telur, sayur dll, bukan "mie dan nasi ya"
Penyedap Makanan MSG (micin) Berbahaya

-Mengenai pengawet dll, itu sudah diatur dosisnya, insyaAllah aman, permen saja ada pengawetnya, klo disearcing bahaya pengawet pd permen maka "bahaya banget" ya itu kalo dosisnya berlebihan, apa2 klo berlebihan bisa bahaya..

# MSG Berbahaya? Masa’ Sih..

Ketika kerja di puskesmas dulu, ada penyuluhan resmi dari DEPKES yang menyatakan bahwa anggapan MSG berbahaya salah total sehingga orang harus antipati MSG

menurut penyuluhan itu MSG tidak berbahaya dengan alasan (yang masih saya ingat)

1. Selain cita rasa manis, asin dll ada lagi cita rasa “umami” yaitu cita rasa gurih di lidah kita, inilah rasa dari MSG dan ini normal, bukan seperti anggapan rasa vetsin/MSG yang indentik dengan bahaya

2. Beberapa makanan juga ada kandungan monosodium glutamatnya

3. Berangapan bahwa makanan ringan yang ada MSG berbahaya, itu bukan karena MSGnya tetapi karena pengolahannya (fastfood) dan anak-anak kalau sering makan jajanan jadi tidak mau makan nasi dan sayur bergizi

4. Sampai sekrang belum ada jurnal ilmiah yang mengatakan MSG bisa menyebabkan kanker dan berbahaya, hanya asumsi-asumsi saja

Nah, saya mengambil pendapat pertengahan , tetap tidak berlebihan MSG dan tidak antitotal dengan penggunaan MSG (karena memang kenyataann yang tidak dipungkiri MSG bikin enak masakan hehe)

Oleh Raehanul Bahraen
republish from whatsapp group
Baca selengkapnya »
MANFAAT TAOGE BAGI KESEHATAN

MANFAAT TAOGE BAGI KESEHATAN

Tanaman kecambah yang satu ini memang banyak dan gampang sekali untuk kita temui dalam hidangan makanan kita sehari-hari, mulai dari soto sampai dengan ketoprak biasanya menggunakan taoge sebagai bahan campuran sayuran di dalamnya. Tauge adalah salah satu jenis makanan kecambah yang memberikan banyak mafaat bagi tubuh. Sebagian orang bilang jika wanita yang ingin sekali memiliki momongan maka perbanyaklah makan tauge.
MANFAAT TAOGE BAGI KESEHATAN

Tapi sebenarnya taoge bukan hanya makanan penambah kesuburun saja, akan tetapi banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya termasuk untuk kesehatan tulang juga.

Berikut ini beberapa manfaat Tauge:

🌱- Mengandung anti oksidan dan viamin E yang berkhasiat bagi kesuburan dan mampu mendongkrak vitaltas pria dan kejantanannya

🌱- Protein tauge lebih tinggi 19% dibandingkan dengan kandungan protein dalam biji aslinya, karena, selama proses menjadi kecambah, terjadi pembentukan asam-asam amino esensial yang merupakan penyusun protein.

🌱- Dapat mencegah kanker , karena proses menjadi tauge telah menguraikan 90% rantai olisakarida menjadi karbohidrat sederhana

🌱- Mencegah serangan jantung dan stroke

🌱- Mengandung serat yang membantu pengurasan kotoran dalam usus besar

🌱- Membangkitkan kekebalan

(Tanaman Herbal)

👤FB Eric Sandewo
Republished By : http://t.me/pecintaherbal
Baca selengkapnya »
WAKTU TERBAIK UNTUK BERBEKAM

WAKTU TERBAIK UNTUK BERBEKAM

Hari Terbaik untuk berBEKAM adalah 17, 19 dan 21 bulan Hijriah. ( HR Abu Hurairah )

Gaya GRAVITASI BULAN sedang Kuat-kuatnya terhadap BUMI TERUTAMA di tanggal-tanggal GANJILnya sehingga kondisi Darah menjadi Bergejolak dan berada di Permukaan, jadi saat Manusia berBEKAM di waktu ini akan Maksimal dan Efektif untuk mengeluarkan Darah Statis,Darah Kotor,Racun-racun dalam darah dan Sumbatan-sumbatan Darah.
WAKTU TERBAIK UNTUK BERBEKAM

Diperintahkan melakukan bekam pada pertengahan bulan, ketika cairan-cairan tubuh bergolak keras dan mencapai puncak penambahannya karena Gaya Gravitasi Bulan yang sangat Kuat, saat pertengahan Bulan”

Imam asy-Syuyuthi menukil pendapat Ibnu Umar, bahwa berbekam dalam keadaan perut kosong itu adalah paling baik karena dalam hal itu terdapat kesembuhan.

Maka disarankan bagi yang hendak berbekam untuk tidak makan-makanan berat 2-4 jam sebelumnya.

Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam, bersabda: “Barangsiapa berbekam pada hari ke-17, 19 dan 21 (bulan Hijriyah), maka ia akan sembuh dari segala macam penyakit.” (Shahih Sunan Abu Dawud, II/732, karya Imam al-Albani)

Adapun manfaat Bekam adalah Untuk mengobati semua penyakit yang disebabkan kelainan darah karena :

1. Panas
2. Penuh
3. Kotor
4. Tersumbat

Contoh penyakitnya : Kolesterol, Asam urat, borok, bisulan, jerawat, pembengkakan jantung karena panas, dll

Yuk berBEKAM

🎯Group Rahasia sehat Rasulullah"☘
Baca selengkapnya »
Khasiat Kurma berdasarkan Al-quran dan As-sunnah serta tinjauan medis modern

Khasiat Kurma berdasarkan Al-quran dan As-sunnah serta tinjauan medis modern

Pohon kurma bernama latin Phoenix dactylifera termasuk family Palmae dan sering disebut Date Palm. Mempunyai nama khas disetiap Negara : Perancis-daltier, Jerman-dattel, Italia-datteri atau dattero, Belanda-dadel, Portugis-Tamara dan di Timur tengah – Tamr (kurma kering) atau ruthab (kurma basah).

Pohon ini dikembangkan terutama untuk diambil buahnya dan telah ditanam 8000 tahun yang lalu, terutama di Babilonia. Banyak ditemukan di padang pasir (kering) dan bisa mencapai tinggi 30-35 meter. Mulai berbunga setelah umur 6-16 tahun, ada dua jenis jantan dan betina dengan bentuk bunga lebih besar untuk yang berjenis jantan. Buah kurma berbentuk lonjong dengan ukuran 2-7.5 cm dengan warna yang bermacam-macam antara coklat gelap, kemerahan, kuning muda dan berbiji.
Khasiat Kurma

Awal tahun 1950-an Irak menjadi produsen kurma terbesar di Dunia, mencapai 600.000 ton/tahun. Sedang di Saudi tahun 1980 baru menghasilkan 500.000 ton/tahun, setelah disubsidi pemerintah dan dikembangkan dengan cara modern. Negara pengembang kurma yang lain adalah India, Algeria, Tunisaia, Mesir, Sudan, Iran, Spanyol, Jamaica dan California.

Tumbuh baik di tanah berpasir, pasir padat ataupun liat. Dibutuhkan aerasi dan drainase yang baik dan ia dapat toleran dengan tanah yang memiliki kandungan senyawa alkali. Tumbuh pada temperture 900F (32.20C) dan tidak sering terjadi hujan.

Setelah 8-10 tahun pohon kurma dapat mulai berbuah, sampai umur 100 tahun!, biasanya produksi menurun tatkala mencapai umur 60-80 tahun. Biasanya pada umur 13 tahun, satu pohon mampu menghasilkan 60-80 kg.

1. KURMA DALAM AL QUR’AN

Allah Subhanahu wa Ta‘ala telah melebihkan kurma dari buah-buahan yang lain, Alloh Subhanahu wa Ta‘ala menyebutnya di 20 tempat yang berbeda di dalam Al-Qur’an dengan memakai lafadz pohon kurma : an –Nakhl,an-Nakhiil atau an-Nakhlah.

Anda dapat mempelajari sendiri di dalam Al-Qur’an di surat : Ar-Rahman: 11, Al-Qaf:10, Yaasiin: 67, Ar-Ra’du: 4, Maryam: 25-26 (Dalam menjelaskan ayat ini Ibnu Katsir rahimahullah membawakan perkataan ‘Amr bin Maimun di dalam tafsirnya : ‘Tiada sesuatu yang lebih baik dari perempuan nifas kecuali kurma kering dan kurma basah’.), Maryam :23, Al-Baqarah: 266, Al-An’am: 99, Al-An’am: 141, An-Nahl: 11, An-Nahl: 67, Al-Isra’: 91, Al-Kahfi:32, At-Taha: 71,Al-Mu’minun: 19, Yaasiin: 34, Qamar: 20, Ar-Rahman: 68, Al-Haaqah: 7 dan ‘Abasa: 29.

2. KURMA DALAM AS-SUNNAH

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sering menjelaskan manfaat kurma, antara lain :

1. Memakan 7 buah kurma dapat menangkal racun dan sihir.

Dalam Shahih Buhari dan Muslim, diriwayatan oleh Saad bin Abi Waqash, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam beliau bersabda ‘Barangsiapa mengkonsumsi kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun atau sihir’.

Ajwah merupakan salah satu jenis kurma yang berasal dari Madinah, dikenal sebagai kurma Hijaz yang terbaik dari seluruh jenisnya. Bentuknya bagus, padat dan agak keras, namun termasuk kurma yang paling lezat, harum dan empuk. Biasanya kalau anda survey ke pasar, dia memiliki harga yang paling tinggi diantara yang lain.
Khasiat Kurma

Di sana tamr merupakan makanan pokok sebagaimana gandum bagi bangsa-bangsa lain. Beberapa kelebihan kurma antara lain:

– Termasuk jenis makanan, obat dan buah-buahan
– Cocok dikonsumsi oleh hampir seluruh jenis tubuh manusia
– Berguna untuk memperkuat suhu tubuh alami dan tidak menimbulkan reduksi timbunan ampas yang merusak di dalam tubuh.
– Mencegah pembusukan dan kerusakan makanan.

2. Kurma Ajwa berasal dari surga dan dapat mengobati racun

Sebagaimana sabda Rosululloh Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam : “Kurma ‘Ajwah itu berasal dari Surga, ia adalah obat dari racun”. HR. Ibnu Majah dengan sanad yang shahih.

3. Kurma mencegah pemiliknya dari kelaparan.

‘Rumah yang tidak ada tamr (kurma kering) di dalamnya, akan membikin lapar penghuninya’ (HR. Muslim no. 2046)

‘Rumah yang tidak ada tamr (kurma kering) di dalamnya, seperti rumah yang tidak ada makanan di dalamnya’ (HR. Ibnu Majah no. 3328)

4. Rosulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memberikan contoh dengan kurma ketika memerintahkan umat ini untuk bersedekah.
Dari Sahabat Adiy bin Hatim, RasulullahShallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda “Barangsiapa dari kalian yang mampu berlindung diri dari api neraka walaupun hanya dengan sebutir tamr, maka lakukanlah”. (HR. Muslim no.1016, HR. Bukhari no.6023, dan HR At-Tirmizdi no.2415).
Khasiat Kurma

5. Cara Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memakan kurma :

– Mencampur dengan keju, dalam HR. Abu Dawud no.3837 dan Ibnu Majah no.3343

Imam ibnul Qayyim rahimahullah menjelaskan bahwa zubdah(keju) dapat berfungsi melunakan tinja, melemaskan syaraf dan pembengkakan empedu dan kerongkongan. Jika dioleskan gusi bayi, akan mempercepat pertumbuhan gigi.

– Mencampur dengan mentimun, HR. Muslim no.2043, HR. Bukhari no.5440.

Rasa panas yang ada pada kurma dapat menyeimbangkan rasa dingin pada mentimun, karena mentimun agak sulit dicerna di lambung , dingin dan kadang berbahaya. Sungguh pelajaran yang agung dari Rasul kita.

– Memakan kurma dengan semangka, HR. Abu Dawud no. 3836.

– Menganjurkan berbuka puasa dengan kurma basah (ruthab), kalau tidak ada dengan kurma kering, kalau tidak ada dengan meminum air seteguk demi seteguk. HR Abu Dawud no.2356.

Hadits ini mengandung hikmah agung secara kesehatan,yang diperlukan oleh orang yang berpuasa adalah zat gula yang mudah diserap oleh darah, lambung dan usus. Zat gula (glukosa dan fruktosa) memerlukan waktu 5-10 menit untuk diserap dalam usus manusia ketika dalam keadaan kosong. Sehingga waktu tersebut dapat digunakan sementara untuk menjalankan sholat maghrib.

– Melarang memakan kurma bagi orang yang baru sembuh dari sakit, HR. Abu Dawud no.3856.

– Boleh memakan kurma meskipun sakit mata, HR. Ibnu Majah no.3343.

– Memerintahkan jangan membuang kurma yang di dalamnya terdapat ulat, namun membersihkannya, HR. Abu Dawud no.3832.

6. Kurma sangat baik untuk menjadi bekal, bahkan pada waktu perang. HR. Muslim no.1910.


7. Kurma untuk mentahnik bayi, HR. Al Bukhari no. 5467,3909,5469,5470 dan Muslim no. 2145,2146

Tahnik adalah mengunyah sesuatu kemudian meletakkannya di langit-langit mulut si bayi. Imam Nawawy rahimahullah dalam kitab syarah Muslim menjelaskan bahwa:

– Anjuran mentahnik bayi yang baru dilahirkan adalah sunnah, berdasarkan ijama’.
– Hendaknya yang mentahnik adalah orang yang shalih, baik laki-laki maupun perempuan.
– Lebih utama mentahnik dengan kurma
– Memberikan kesempatan kepada orang yang shalih untuk memberi nama.

8. Disunahkan memakan kurma sebelum berangkat untuk Idul Fitri dalam jumlah ganjil, HR Bukhari no.953 dan Ibnu Majah no. 1354.

9. Sebagian dari Kurma dapat dijadikan arak, dimana ia telah diharamkan dalam Islam, HR Bukhari no.2431 dan HR. Muslim no. 1071.

Pada dua tulisan yang lalu,kita telah mengetahui apa itu kurma dan penjelasannya di dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah. Untuk melengkapi pengetahuan kita tentang kurma, kali ini kita lihat manfaat kurma dari tinjauan medis modern :

1. Tamr (kurma kering) berfungsi untuk menguatkan sel-sel usus dan membantu melancarkan saluran kencing(dengan cara merebusnya), karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus dan menguatkan rahim tatkala melahirkan.

Penelitian terbaru menyatakan bahwa kurma basah (ruthab) mempunyai pengaruh mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolenya (kontraksi jantung ketika dipompa ke pembuluh nadi)1.

2. Kurma basah (ruthab) juga mencegah terjadinya pendarahan pada wanita saat melahirkan dan mempercepat pengembalian posisi rahim seperti semula. Hal ini disebabkan adanya hormone oxytocine.2
Khasiat Kurma

3. Dapat menenangkan sel-sel syaraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok.

4. Buah kurma dapat mencegah stroke, karena mengandung unsur kalium yang tinggi yang dibutuhkan untuk mengatur denyut nadi jantung, mengaktifkan kontraksi otot dan membantu mengatur tekanan darah.3

Para peneliti membuat postulat hanya dengan makan satu jenis ekstra kalium (minimal 400 mg/hari) dapat menurunkan resiko terkena stroke sampai 40%. Itu artinya sama dengan makan tamr sekitar 65 gram saja atau setara dengan lima butir kurma!4

5. Kurma juga mengandung salisilat yang dikenal sebagai bahan baku aspirin, obat pengurang rasa sakit dan demam, dan dapat mempengaruhi prostate gland (kelompok asam lemak hidroksida yang merangsang kontraksi otot, menurunkan tekanan darah).5

6. Buah kurma mengandung banyak zat garam mineral yang menetralisasi asam, seperti kalsium dan potassium. Ia meninggalkan sisa yang mampu menetralisasi asam setelah dikunyah dan dicerna yang timbul akibat mengonsumsi protein seperti ikan dan telur.

7. Buah kurma mengandung vitamin A yang baik dimana ia dapat memelihara kelembaban dan kejelian mata, menguatkan penglihatan, pertumbuhan tulang, metabolism lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit dan menenangkan sel-sel syaraf.

Komposisi dan Kandungan Gizi Kurma

Kandungan karbohidratnya berkisar sekitar 60% pada ruthab(kurma basah) – dan 70% pada tamr (kurma kering), 20% protein,3% lemak dan sisanya merupakan zat garam mineral dan besi.. Kebanyakan varietas kurma mengandung gula glukosa (jenis gula dalam darah) dan fruktosa (jenis gula yang terdapat dalam sebagian besar buah-buahan).

Dalam setiap 100 gr kurma kering terkandung vitamin A 90 IU, tiamin 93 mg, riboflavin 114 mg, niasin 2 mg dan kalium 667 mg. Zat-zat gizi itu berfungsi membantu melepaskan energy, menjaga kulit dan syaraf agar tetap sehat serta penting untuk fungsi jantung.

Tabel selengkapnya nilai nutrisi buah kurma kering (dalam 100 gr) dari makalah fruits of warm climates oleh Morton J, hal 5-11, 1987 di www.hort.purdue.edu :

UnsurKadarUnsurKadarKalsium52 mgProtein2,35 gmsLemak0,43 gmsKarbohidrat75 gFiber/serat2,4 gVitamin A90 UIThiamin (Vitamin B1)93 mgRiboflavine (Vitamin B2)144 mgAsam Nikotinat2,2 mgKalium (potassium)667 mgMagnesium50 mgBesi1,2 mgCopper/tembaga2,4 mgBiotin4,4 mikrogZinc1,2 mgAsam folic5,4 mikrog Sulfur14,7 mgAsam Askorbat6,1 mgSodium13 mgNiasin2 mgKhlorida271 mgKobalt1,9 mgGlukosa38,5 gmsFruktosa35,5 gmsFosfor63 mgUnsur gula lain3,4 gmsEnergi323 kal

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.

Notes :
1. Perkataan Dr. Muhammad Kamal Abdul Aziz dalam kitabnya al-Ath’imah al-Qur’aniyyah.
2. Shahih at-Thibb an-Nabawy fii Dhau-il Ma’arif ath-Thabiyyah wal ‘Ilmiyyah al-Hadistah oleh Syaih Salim bin ‘Ied al Hielaly (hal.399), maktabah al-Furqan, 1424 H.
3. Makalah kesehatan dari Pusat Kesehatan Universitas Utara Malaysia, www.medic.uum.ed
4. Dr. Louis Tobian,Jr., pakar penyakit darah tinggi dari Minnesota University,AS.
5. Nurfi Afriansyah,staf penyelidik KIE Gizi Puslitbang gizi, Bogor.

POSTED BY RUMAH KURMA
Baca selengkapnya »
Solusi cepat jika tidak bisa kencing tiba-tiba

Solusi cepat jika tidak bisa kencing tiba-tiba

Pengalaman medis dr. Ibrahim:

Apa yang harus dilakukan, jika Anda tidak bisa mengeluarkan air kencing secara tiba-tiba.?

Baru-baru ini saya bertemu dengan seorang dokter allopathy yang terkenal karena artikel medis. Dia berusia 70-an ... adalah spesialis THT. Sungguh mengherankan untuk mendengarkan salah satu pengalamannya yang dia bagi.
Solusi cepat jika tidak bisa kencing tiba-tiba

Pagi hari itu, ketika dia terbangun, dia punya masalah. Dia memiliki dorongan untuk buang air kecil, tapi entah kenapa dia tidak bisa melakukannya. Pada usia ini, beberapa orang menghadapi masalah seperti itu beberapa kali dan jika mereka mencoba dua atau tiga kali mereka mungkin berhasil. Ia mencoba beberapa lama tapi kondisinya sama. Upaya terus-menerusnya tidak menghasilkan apapun. Lalu dia sadar, ada beberapa masalah. Meskipun dia seorang dokter, tapi dia tidak terkecuali dengan masalah fisik seperti dia, juga terbuat dari daging dan darah yang sama seperti semua orang.

Sekarang perut bagian bawahnya menjadi berat dan dia tidak bisa duduk atau berdiri dan menderita karena hal tersebut.

Segera dia memanggil seorang ahli urologi yang dikenal, di telepon dan menjelaskan situasinya.

Urologist menjawab "Saya sekarang berada di rumah sakit di pinggiran kota dan saya akan datang ke klinik di daerah Anda dalam waktu satu setengah jam lagi. Maukah kamu bertahan menunggu saya? Dia menjawab" Saya akan mencoba ". Pada saat itu dia menerima sebuah panggilan masuk yang kebetulan berasal dari dokter allopathy lain dari kotanya.

Dengan susah payah dokter THT menjelaskan situasinya kepada dokter teman masa kecilnya. Temannya berkata dgn enteng "oh, kandung kemih Anda sudah penuh dan Anda tidak bisa buang air kecil. Jangan khawatir, lakukan seperti yang saya sarankan, Anda akan bisa buang air kecil ". Dan dia mulai memberi instruksi. "Berdiri dan melompat dengan kuat ... sambil melompat mengangkat kedua tangan Anda seolah-olah Anda memetik buah mangga. Lakukan seperti ini 15 sampai 20 kali ".

Apa, saat kandung kemih penuh, dia ingin aku melompat? Meski sedikit skeptis dokter THT mulai mencobanya. Apa yang terjadi setelah dalam 5 sampai 6 kali jumping urine, mulai terasa kepingin buang air kecil dan...akhirnya keluarlah air seninya dgn banyak. Dokter THT merasa sangat gembira dan merasa bersyukur.... karena saran dari dokter teman masa kecilnya, bisa menyelesaikannya dengan solusi yg sederhana. 

Yang jika tidak, mengharuskan masuk ke rumah sakit, di mana mereka memasukkan kateter di dalam kandung kemih, suntikan, anti-biotics dll sehingga menghasilkan tagihan jumlahnya cukup besar, di samping itu juga akan ada tekanan fisik dan mental untuknya. Silahkan berbagi, untuk kepentingan orang lain....
👍👍👍

SEMOGA BERMANFAAT
artikel Copas
Baca selengkapnya »
 Faktor yang Bisa Meningkatkan Resiko Kanker Serviks

Faktor yang Bisa Meningkatkan Resiko Kanker Serviks

Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko menderita kanker serviks antara lain:


1. Aktivitas seksual terlalu dini: Melakukan hubungan seksual pada umur terlalu dini akan meningkatkan risiko terinfeksi HPV (Human papillomavirus).
2 burung biru

2. Berganti-ganti pasangan seksual: Memiliki banyak pasangan seksual akan meningkatkan risiko terinfeksi HPV.

3. Merokok: Wanita yang merokok berisiko dua kali lipat. Ini mungkin disebabkan oleh bahan kimia berbahaya dari tembakau yang muncul di leher rahim.

4. Sistem kekebalan tubuh yang lemah: Kondisi ini mungkin dikarenakan mengonsumsi obat tertentu seperti imunosupresan. Obat ini digunakan agar tubuh tidak menolak donor organ dari orang lain atau karena menderita HIV/AIDS.

5. Melahirkan anak: Makin banyak anak yang dilahirkan seorang wanita, maka risiko mengidap kanker serviks semakin tinggi. Wanita yang punya tiga anak, tiga kali lebih berisiko terkena kanker serviks daripada wanita yang tidak punya anak sama sekali. Diperkirakan bahwa perubahan hormon saat sedang hamil membuat leher rahim lebih rentan terserang HPV.

6. Minum pil kontrasepsi atau KB lebih dari lima tahun: Mengonsumsi pil KB cukup lama akan meningkatkan risiko dua kali lipat mengalami kanker serviks. Meski hal ini masih belum jelas alasannya.

baca juga

artikel alodokter.com
Baca selengkapnya »
Tips sehat menjalani ibadah puasa dibulan ramadhan

Tips sehat menjalani ibadah puasa dibulan ramadhan

Ketua RS Kerajaan Malaysia Dr. Adib Rizvi, pakar sakit pingang memohon agar semua Muslim menahan diri dari minum soft drink, terutama yg dingin dlm bulan Ramadan akan datang ini. Kata beliau setelah berpuasa sepanjang hari, ginjal akan kekeringan, dan akan berhenti dengan meminum air dingin ini. Semua minuman soft drink seperti 100plus, Coke (coca colla, Pepsi, Fanta, Miranda, 7up, Sprite, dll hendaklah dielakkan sepenuhnya. Lebih baik minum jus buah-buahan segar.
aneka sup sayur

Sebelum bulan ramadhan tiba, tolong sebarkan info ini kepada semua Muslim yang Anda kenal, agar kita sehat untuk beribadah.

PAPDI(Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam)

Dari dr. Edy Rizal Wahyudi, SpPD, KGer, FINASIM dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, memberikan tips lancar jalani puasa secara umum untuk seorang berusia lanjut dan juga semua kalangan.

Mudah2an bisa bermanfaat.

● Saat sahur usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi. Pasalnya, dua asupan tsb membuat metabolisme berjalan cepat. Sehingga cepat mendatangkan rasa haus meski tak terdehidrasi.

● Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi. Contohnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah.

● Saat berbuka puasa dianjurkan untuk mengonsumsi kurma karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Dengan kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan dipenuhi.

● Mengonsumsi pisang saat berbuka sangat baik bagi tubuh Anda, sebab pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat.

● Batasi makanan yang digoreng saat berbuka, karena dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Hal ini karena seorang yang sudah di usia lanjut cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak, seperti penyakit jantung, cc koroner dan hipertensi.

● Batasi makanan yang lebih cepat dicerna, seperti gula. Hal ini bisa cepat mendatangkan rasa haus ditengah Anda menjalani puasa nantinya.

● Konsumsi air atau jus buah antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh untuk Anda lancar beraktivitas esok harinya.

● Hindari terlalu banyak makanan es, karena memudahkan Anda kenyang. Dimana asupan makanan gizi yang lengkap akan menurun karena tak bisa masuk dalam tubuh.

Selamat menjalankan ibadah shaum dan ibadah lainnya di bulan Ramadhan. Semoga diberi kelancaran, kesehatan dan khusyu' serta ikhlas menjalaninya...

MARHABAN YAA RAMADHAN
Baca selengkapnya »
Berikut fakta mengagum kan dari darah kita....

Berikut fakta mengagum kan dari darah kita....

1). Apabila Gelas diisi air putih, ditetesi darah segar (manusia), maka air berubah menjadi merah karena darah tercampur rata tanpa diaduk.

● Kesimpulan: Air putih itu sangat baik untuk tubuh/darah kita.

2). Gelas diisi air garam, ditetesi darah segar, diaduk. Tetap tidak tercampur dengan baik/rata, terlihat darah menggumpal kecil-kecil dan kental.

● Kesimpulan:  Terlalu banyak makan garam, darah jadi kental, menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah, jantung harus bekerja lebih keras memompanya. Bisa berakibat darah tinggi dan stroke.

3). Gelas diisi minyak, ditetesi darah. Tidak mau bercampur dan menggumpal besar.

● Kesimpulan: Terlalu banyak makan makanan berminyak tidak baik, kolesterol menyumbat pembuluh darah yang mengalir ke jantung, menyebabkan penyakit jantung yang amat riskan kematian karena bisa tiba-tiba anfal dan tidak tertolong.

4). Gelas diisi alkohol, ditetesi darah. Langsung bercampur, tapi lama-lama darah berubah warna menjadi coklat, berarti darah menjadi rusak.

Pembuluh darah kita setelah sekian lama mengalirkan darah, kemungkinan akan terjadi pengerakan pd dindingnya, apalagi dgn gaya makan yg tidak sehat. Kerak yg terbentuk pd dinding pembuluh darah bisa membentuk 5 kemungkinan jenis plak.

Yaitu:

🔹Plak kolestrol,
🔹Plak asam urat,
🔹Plak gula darah,
🔹Plak trigliserida,
🔹Plak racun._

Jika seseorang pd suatu saat mengalami kadar asam urat tinggi pada darahnya, kemudian sembuh dgn obat-2an dokter & hasil test lab kadar asam urat darah sdh normal lalu dinyatakan sehat.

Tetapi tidak demikian dgn saluran pembuluh darahnya karena mungkin sdh ada plak asam urat yg menempel.
setetes darah
Plak ini bisa terlihat dgn scan, tapi tdk tercermin dari pemeriksaan darah.

Demikian juga dgn plak-plak yg lainnya mungkin sudah ada terbentuk didinding pembuluh darah.

Jika suatu saat plak2 ini copot lalu mengalir ke arteri jantung dpt terjadi penyumbatan, akibatnya adalah serangan jantung, Jika plak yg copot tsb mengalir ke arah otak dan menyumbat maka terjadilah stroke.

 Jika plak2 tsb terbentuk di arteri jantung yg jadi menyempit shg otot jantung kekurangan sirkulasi darah dan O2, biasanya ini akibat plak kolestrol, maka terjadidiatas penyakit jantung koroner.

Maka utk sehat perlu dijaga kelancaran aliran darah, pembuluh darah yg bersih bebas plak.

🍴 Cara alami utk menyehatkan pembuluh darah dapat dgn konsumsi makanan sehat alami secara rutin tiap hari 🍍🍇🍉🍌🍋🍊 dan menghindari makan tdk sehat seperti goreng2an, lemak tinggi, dll. 

Utk: 🎍 Plak kolestrol bisa dilunturkan, paling ampuh dgn air jahe.

🍍 Plak Asam urat dilunturkan paling ampuh dengan wortel segar 1 batang/hari (air kelapa tua, pepaya, nenas sbg alternatif).

🍉 Plak Gula darah dengan bengkoang segar, (pepaya, semangka sbg alternatif).

🍈 Plak Trigliserida dengan air kelapa tua, (air kencur, semangka sbg alternatif).

🌾 Plak racun dengan air akar alang alang, dan kentang kukus (bukan rebus).

Syaratnya makan makanan sehat secara segar bersama ampasnya.

🔹 Utk Kentang dikukus bersama kulit, makan 1 butir perhari, kulit dikupas saat makan.

🔹Utk air jahe/kencur dibuat dgn cara jahe/kencur ukuran sejempol dikupas bersihkan, digeprek.

Rebus 1 gelas air sampai mendidih, lalu cemplungkan jahe/kencur sambil api, tunggu sampai 30 detik lalu matikan. Jangan terlalu lama merebusnya agar enzymnya yg berkhasiat tetap ada.

🔹Utk Membuat Air akar alang2,: 1 batang alang2 ukuran minimum 20 cm digeprek, direbus dgn air 1 gelas seperti cara merebus jahe/kencur tetapi waktunya hanya 15 detik saja agar enzymnya yg berkhasiat tidak hilang.

Silahkan share, semoga bermanfaat.

republish from whatsapp group
Baca selengkapnya »
khasiat Air Rendaman Kurma dan tips membuatnya

khasiat Air Rendaman Kurma dan tips membuatnya

Infuse water: Ternyata Rasul minum infuse water..

Minumlah Air Rendaman Kurma, Inilah yang Akan Terjadi Pada Tubuh Anda

Air nabeez adalah air rendaman (infused water) kurma / kismis (raisins). Kurma atau kismis di rendam dalam air masak semalaman (dalam wadah yang bertutup) dan diminum keesokkan paginya.

Air nabeez ini merupakan kegemaran Rosululloh. Nabi merendam beberapa butir kurma atau kismis (salah satunya) di dalam air matang dalam wadah bertutup selama 12 jam. Airnya diminum & buah kurma yang sudah lembut ditelan sekali telan.
khasiat Air Rendaman Kurma

Ada beberapa hadis yang menyebutkan tentang cara membuat air nabeez ini, salah satunya riwayat dari Imam Muslim sebagai berikut :

Dari Aisyah dia berkata, “Kami biasa membuat perasan untuk Rosululloh di dalam air minum yang bertali di atasnya, kami membuat rendaman di pagi hari dan meminumnya di sore hari, atau membuat rendaman di sore hari lalu meminumnya di pagi hari.” (H.R. Muslim)

Berbicara mengenai infused water. Orang barat baru sekarang faham dan baru mempopulerkan khasiat infuse water ini. Tetapi Nabi Muhammad SAW. telah lama melakukan hal ini.

Dari segi kesehatan tubuh, buah kurma telah terbukti sebagai :

1. Pemberi & pemulih tenaga (inilah sebab mengapa kita disunahkan untuk memakan buah kurma pada saat berbuka puasa).

2. Tinggi kandungan fiber ~ menghilangkan kolestrol jahat yang terkumpul di dalam tubuh. Sangat bagus dalam menghilangkan sembelit (atau meredakan & memulihkan diri dari sembelit).

3. Pemberi zat besi yang sangat bagus.

4. Kaya akan pottassium ~ penting dalam menjaga jantung & menstabilkan tekanan darah.

Khasiat air nabeez
Air nabeez adalah minuman beralkali, yang mampu menolong membuang kelebihan asam pada perut dan memulihkan sistem pencernaan tubuh. Juga membantu badan untuk menyingkirkan toksin yang berbahaya didalam tubuh, dalam kata lain berguna sebagai detox.

Disebabkan air nabeez tinggi akan kadar fiber, ia mampu membantu proses pencernaan yang baik & meningkatkan / menajamkan fikiran agar kita tidak mudah lupa.

Cara membuat air nabeez :

Rendamlah beberapa butir kurma (sebagusnya dalam bilangan ganjil) ke dalam air masak didalam segelas air. Alangkah baiknya dibuat pada waktu sore menjelang malam, dan pastikan gelas rendaman kurma tersebut tertutup rapat. Keesokkan paginya (+ 8-12 jam setelah perendaman), air rendaman baru boleh diminum & buah kurma hasil rendaman yang telah lembut ikut dimakan.

Kurma yang baik digunakan untuk membuat air nabeez adalah kurma ajwa. Tapi kalo tidak ada kurma ajwa bisa menggunakan buah kurma yang lainnya.

Kalau ingin membuat air nabeez dengan menggunakan buah kismis pun bisa.

 Caranya ambil segenggam kismis, kemudian direndam dalam segelas air. Dan dibiarkan semalaman seperti membuat air rendaman kurma.

Kalau ingin meminum air nabeez di waktu pagi hari, siapkan rendaman kurma / kismis pada sore menjelang malam. Dan kalo ingin meminum air nabeez di waktu malam, buatlah rendaman kurma / kismis di waktu pagi hari (+ 8 sampe 12 jam perendaman).

Sebaiknya,
Hanya menggunakan satu macam buah saja Kurma atau Kismis - Jangan dicampur.

Air nabeez bila tersimpan di dalam lemari es bisa bertahan 1 hingga 2 hari.Tetapi dilarang meminum air rendaman kurma / kismis yang sudah memasuki lebih dari 3 hari, karena akan terjadi proses fermentasi, yang menjadikan, air rendaman kismis / kurma tersebut menjadi arak, dan dan hukumnya haram untuk diminum.

Silahkan bagikan tips sehat ala nabi ini agar dibaca oleh saudara kita yg lain......😊

Mudah-mudahan bermanfaat. Aamiin.

republish from whatsapp group
Baca selengkapnya »
Manfaat Hujan-hujanan, Wanita Sulit Hamil dan Yang Sedang Stress Wajib Baca

Manfaat Hujan-hujanan, Wanita Sulit Hamil dan Yang Sedang Stress Wajib Baca

Tahukan Anda manfaat dan keberkahan air hujan? Pernahkah anda hujan-hujanan? Sudahkah selama ini memanfaatkan air hujan sebagai air minum yang sangat berkhasiat? Bacalah ini dan praktekkanlah!! Insya Allah bermanfaat!!

Cobalah tampung air hujan, diamkan sebentar kemudian masukan ke dalam plastik bening. Setelah itu masukan ke dalam freezer kulkas. Beberapa jam setelah beku, lihatlah !! Ada banyak kristal-kristal indah di dalamnya. Mengapa? Ini menandakan air hujan adalah air yang sehat kaya oksigen.
anak main hujan

Ternyata main hujan-hujanan sangat bermanfaat untuk kesehatan dan meminum air hujan menyempurnakannya. Air hujan juga ternyata bisa dijadikan sebagai bahan terapi untuk menghilangkan stress dan meningkatkan kesuburan kandungan, dan ini sudah banyak dipraktekkan oleh banyak wanita yang mendambakan kehamilan. Bagaimana caranya? Sebelumnya kita ketahui dahulu manfaat lain yang bisa diambil dari air hujan, diantaranya:

1. Menyehatkan dan membuat rambut bersinar

Dilansir dari Water Rhapsody, orang-orang Barat zaman dahulu percaya bahwa mencuci rambut dengan air hujan dapat membuat rambut jauh lebih sehat dan bersinar dan sains mampu menjelaskan ini. Dikutip dari Rainwater Connection, air yang turun dari langit ini memiliki kadar kenetralan PH yang hampir sempurna, bebas garam, dan bebas mineral yang buruk bagi rambut. Kalau difilter dengan rapi, air hujan menjadi materi paling netral yang dapat Anda gunakan untuk mencuci rambut.

2. Air hujan mengandung H2O2 ( Hidrogen Peroksida )

Air hujan juga mengandung H2O2 ( Hidrogen Peroksida ). H2O2 dapat dijadikan holistic healing atau “terapi pengobatan”. Ternyata sampai sekarang produk H2O2 yang ada di Indonesia masih impor. Padahal di dalam air hujan ada kandungan H2O2 ini ( bersifat anorganik )

3. Air Hujan mengandung unsur Nitrogen

Nitrogen merupakan faktor utama dalam penciptaan protein penting untuk penciptaan materi genetik dalam tubuh manusia. Nitrogen diperlukan untuk semua bentuk kehidupan.
Meminum air hujan memungkinkan tubuh untuk memanfaatkan nitrogen, mendorong sintesis protein dan penciptaan senyawa dan asam amino yang mempengaruhi pertumbuhan, hormon, fungsi otak dan sistem kekebalan tubuh.

4. Menghilangkan bau amis.

Kalau kita habis makan ikan atau daging, terkadang bau amis pada telapak tangan sulit untuk hilang walaupun kita cuci tangan pakai sabun. Nah salah satu manfaat air hujan adalah dapat menghilangkan bau amis. Coba dan buktikan cuci tangan pakai air hujan, pasti bau amis pada jari tangan kita akan hilang meskipun tanpa menggunakan sabun

5. Menghilangkan toksin ( racun ) pada tubuh.

Larutkan garam pada air hujan segar, lalu rendamlah telapak kaki kita selama ± 15 menit. Lakukan secara rutin setiap kali turun hujan. Usahakan air hujan murni yang digunakan.

Ternyata aktifitas hujan-hujanan bisa juga untuk terapi stress baik bagi wanita maupun pria. Pola dasarnya adalah pengejutan system syaraf yang terletak dibawah jaringan kulit. Kalau kita hujan-hujanan selama 10 menit saja, maka ribuan butir air hujan akan memukul kita.

Pukulan air hujan tersebut dapat mengejutkan ribuan system syaraf yang tersebar di seluruh tubuh. Berdiri atau duduklah di alam terbuka sambil terus merasakan butiran-butiran air hujan menyentuh kulit, berdoalah untuk ketenangan bathin. Rasakan kesegaran jiwa maupun raga setelah hujan-hujanan, lebih fress dan menenangkan.

Air Hujan Untuk Kesuburan Kandungan

Anda mendambakan keturunan dan ingin mencobanya? Silakan ikuti langkah-langkah berikut:

Tunggulah hujan berlangsung minimal 10 menit lamanya (Jangan lakukan di hujan pertama setelah kemarau), Lalu berdiri hujan-hujanan di alam terbuka menghadap kiblat dan air hujan yang turun langsung mengenai tubuh hingga benar-benar membasahi seluruh tubuh.

(sangat dianjurkan untuk tetap menutup aurat) Sementara anda hujan-hujanan, taruhlah wadah untuk menampung air hujan murni, air hujan murni adalah air hujan yang turun langsung dari langit tanpa perantara genting maupun talang.

Minumlah air hujan yang berhasil ditampung dengan terlebih dahulu berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar diberikan keturunan. Minumlah air hujan secukupnya, tidak terlalu sedikit dan jangan berlebihan.

Lakukan teknik ini sampai hujan berhenti atau anda sudah merasa kedinginan.

Dalam pemanfaatan sehari-hari, dapat juga di pindahkan air hujan tersebut ke dalam tempat air, botol atau gelas. Agar menjadi lebih bersih dan lebih berkhasiat bisa endapkan selama 24 jam. Setelah 24 jam, ambil setengah bagian air paling atas dan sisa airnya dibuang. Boleh langsung digunakan untuk mandi dan minum tanpa direbus atau bisa direbus sampai mendidih (seperti memasak air minum). Cobalah minum secara rutin sampai sekitar 20 liter dan rasakan manfaatnya untuk tubuh anda.

Mengapa air hujan bermanfaat dan baik kesehatan? Karena manusia adalah makhluk yang organik, kita tercipta dari tanah kemudian tanah itu akan subur dengan hujan. Jadi sekali lagi ditegaskan, dianjurkan kepada kaum wanita yang sulit memiliki keturunan untuk mandi hujan dan minum air hujan.

Selain itu, saat hujan kita sebaiknya memperbanyak berdoa, termasuk berdoa meminta keturunan karena disaat hujan turun adalah waktu yang mustajab untuk berdoa. Mumpung masih musim hujan ayo hujan-hujanan.

Silakan bagikan ke teman, semoga bermanfaat.

artikel republish from whatsapp group
Baca selengkapnya »
5 faktor penyebab perut buncit pria

5 faktor penyebab perut buncit pria

Penyebab perut buncit pria beragam, bisa dari hormon sampai gaya hidup. Pria yang memiliki perut buncit tidak hanya merusak penampilan mereka, namun juga membuat kita rentan mengalami gangguan kesehatan yang fatal.

Perut buncit disebabkan oleh banyaknya lemak visceral menumpuk di ruang antara organ Anda, seperti lambung, hati, dan usus. Jika dibiarkan terus-menerus, lemak visc seral ini akan menyebakan berbagai faktor risiko penyakit metabolisme seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, bahkan kanker.
anak gendut

Seseorang pria disebut memiliki perut buncit jika lingkar perutnya lebih dari 95 cm, sementara pada wanita lebih dari 80 cm. Simak penjelasan faktor penyebab perut buncit pria, berikut ini.

1. Hormon dan usia

Tubuh pria dan wanita memiliki tempat penyimpanan lemak utama yang berbeda. Pada pria, jaringan adiposa – jaringan yang menampung lemak, terakumulasi di bagian perut dan pinggang. Sedangkan wanita lebih banyak terkumpul di pinggul dan paha. Seiring bertambahnya usia, pria lebih rentan memiliki perut buncit pada usia lebih dari 40 tahun. Pasalnya berkurangnya hormon testosteron menyebakan kalori yang berlebih di tubuh menumpuk menjadi lemak visceral.

Selain itu, bertambahnya usia juga akan membuat seseorang kehilangan massa otot, terutama jika kurang berolahraga dan lebih banyak duduk. Berkurangnya massa otot akan menurunkan metabolisme tubuh dalam mengolah kalori. Hal ini membuat kemampuan sel lemak di beberapa organ tubuh akan mengalami penurunan fungsi dalam menyimpan lemak. Itu sebabnya jika pria kelebihan lemak, lemak akan langsung terkumpul ke bagian perut. Itulah yang menjadi penyebab perut buncit pada pria.

2. Stres

Stres juga menjadi penyebab perut buncit pria. Faktor stres besar pengaruhnya terhadap kenaikan berat badan sehingga menyebabkan penumpukkan lemak di perut. Pada banyak orang, saat mengalami stres, nafsu makan akan meningkat terutama makan makanan manis dan tinggi lemak sehingga menyebabkan penumpukan lemak berlebih di perut. Selain itu, hormon kortisol – hormon stres, akan meningkatkan jumlah lemak dalam tubuh dan melebarkan ukuran sel lemak. Nah tingginya kadar hormon kortisol dalam tubuh sering dikaitkan dengan meningkatnya lemak perut.

3. Malas berolahraga

Malas olahraga adalah masalah utama yang menjadi penyebab perut buncit pria. Jika Anda jarang beraktivitas dan berolahraga, se hari-hari hanya makan-tidur-menonton TV saja, maka jangan kaget kalau bentuk perut Anda membesar. Pasalnya, lemak dari makanan yang Anda makan tidak akan terbakar tanpa melakukan aktivitas dan menyebabkan lemak tertimbun di satu bagian saja, yaitu perut.

Lemak visceral sangat responsif terhadap diet dan teknik olahraga. L akukan olahraga dengan in tensitas sedang, seperti jalan cepat, aerobik, zumba, jogging, dan lain sebagainya yang memungkinkan Anda aktif bergerak . Latihan kekuatatan otot juga penting, fungsinya untuk mengencangkan kembali massa otot yang mengendur karena efek penuaan.

Selain itu, olahraga juga akan membantu Anda menstabilkan gula darah, tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol. Jika dilakukan hal tersebut akan e fektif untuk mencegah kenaikan berat badan, terlebih jika diimbangi dengan memperhatikan asupan makanan yang sehat dan rendah lemak.

4. Kurang tidur

Memiliki waktu tidur yang cukup adalah salah satu hal penting yang dapat mempengaruhi kesehatan. Banyak penelitian yang menemukan bahwa kurang tidur mampu meningkatkan risiko kenaikan berat badan, yang mana berpengaruh pada penumpukan lemak visceral. Jika Anda tidur kurang dari enam jam setiap malam, maka akan memperbesar peluang untuk menumpuk lemak perut sebagai salah satu penyebab perut buncit pria.

5. Konsumsi alkohol

Seperti kelebihan berat badan pada umumnya, obesitas sentral alias buncit, sering kali dipicu oleh konsumsi alkohol sehingga banyak yang menyebut perut buncit dengan beer belly atau perut bir. Saat mengonsumsi alkohol, aktivitas neuron otak mengalami peningkatan yang berhubungan berhubungan dengan rasa lapar. Hal ini inilah yang membuat para pemabuk berat cenderung memiliki perut yang buncit dan kelebihan berat badan.

Selain itu, konsumsi alkohol akan meningkatkan asupan glukosa yang tidak dibutuhkan oleh tubuh sehingga akan menumpuk lemak di dalam perut.

artikel https://hellosehat.com/
Baca selengkapnya »
Kesalahan Hijamah Oleh dr. Abu Hana El-Firdan

Kesalahan Hijamah Oleh dr. Abu Hana El-Firdan

Kesalahan dalam hijamah bisa disebabkan karena minimnya pengetahuan tentang anatomi fisiologis tubuh, keterbatasan ilmu tentang penyakit serta cara kerja dan mekanisme hijamah. Hijamah sendiri merupakan salahsatu tindakan medis (bedah minor) oleh karenanya maka proses hijamah haruslah mengedepankan standarisasi medis.
Kesalahan Hijamah

Contoh kesalahan hijamah antara lain :

1⃣ Persiapan pasien yang kurang. 
Sebelum dilakukan hijamah seorang penghijamah harus memeriksa kondisi umum dan penyakit yang diderita pasien. Pemeriksaan tekanan darah (tensi) merupakan pemeriksaan minimal yang wajib dilakukan. Kesalahan pada poin ini bisa membahayakan pasien terutama jika kondisinya sedang drop.

Mengabaikan masalah riwayat penyakit yang diderita pasien seperti pada penderita diabetes, hepatitis, AIDS, dll bisa menyebabkan risiko tertularnya penyakit pada pasien dan penghijamah.

2⃣ Melakukan hijamah di area terbuka diluar ruangan atau terlalu dingin. 
Dikhawatirkan luka sayatan hijamah dapat terkena debu/kotoran yang berterbangan. Selain itu juga tidak disarankan melakukan hijamah di tempat dengan sirkulasi udara yang kurang/pengap. Jangan menyalakan kipas angin/blower tepat diatas pasien yang sedang dihijamah.

3⃣ Mengabaikan sterilitas.
Banyak penghijamah hanya mengandalkan proses sterilisasi kop dan alat hijamah pada detergen, pemutih, rebusan air atau alkohol. Tidak dimilikinya alat sterilisator standar menyebabkan resiko tinggi terkena infeksi kuman selama hijamah.

4⃣ Peralatan ala kadarnya.
Dalam praktek hijamah, banyak di antara para ahli hijamah hanya menggunakan alat-alat sekedarnya tanpa memperhatikan faktor kebersihan alat dan lingkungan, sterilisasi dan higenisnya, seperti penggunaan tisu untuk membersihkan darah, apalagi tisu gulung untuk toilet. Akibatnya muncul tanggapan negatif terhadap terapan hijamah secara umum. Setiap pasien dengan riwayat sakit hepatitis, narkoba, dan HIV-AIDS (ODA) harus memiliki peralatan bekam sendiri yang dipisahkan dengan pasien yang lain.

5⃣ Menggunakan silet atau jarum.
Kedua alat tersebut samasekali bukan merupakan peralatan medis standar yang dirancang untuk melakukan tindakan medis hijamah. Luka yang dihasilkan sangat berpotensi infeksi dan terkontaminasi bahan-bahan yang terkandung pada permukaan logam silet dan jarum.

6⃣ Kesalahan dalam menentukan titik hijamah.
Selain tidak efektif, keterbatasan pengetahuan mengenai lokasi titik hijamah yang tepat akan mempengaruhi hasil hijamah secara signifikan. Beberapa penghijamah pemula sering hanya melakukan hijamah terbatas pada titik hijamah itu-itu saja, padahal titik hijamah telah banyak berkembang.

7⃣ Mitos “semakin banyak titik hijamah maka semakin cepat sembuh”.
Terlalu banyak titik pada saat hijamah tidaklah berarti menjadikan hijamah semakin efektif namun yang benar adalah pemilihan titik yang tepat adalah kunci tercapainya tujuan hijamah.

8⃣ Terlalu lama menghijamah pada satu titik.
Penyedotan kop yang melebihi 20 menit bisa menimbulkan efek samping keluarnya bulla (kantong cairan bening seperti cacar). Hal ini bisa menyebabkan keluhan perih dan beresiko infeksi.

9⃣ Melakukan penyayatan luka yang terlalu dalam.
Hal ini selain memperlambat penyembuhan luka juga menimbulkan resiko mengenai pembuluh darah besar sehingga bisa timbul perdarahan.

1⃣0⃣ Harus puasa dulu sebelum hijamah.
Pada pasien tertentu dimana kondisi tubuhnya sedang drop maka puasa bisa membahayakan pasien. Sebaiknya makanlah 2 jam sebelum hijamah, dalam tempo waktu tersebut diharapkan proses pencernaan makanan sebagian besar telah selesai dan bisa memperkecil resiko “pingsan” akibat hijamah.

Demikian pembahasan materi hijamah untuk edisi kali ini semoga bermanfaat, InsyaAllah akan berlanjut pada edisi berikutnya. Jika ada masalah yang belum jelas dan akan ditanyakan maka anda dapat menghubungi redaksi.

Baarokallaahu fiikum.

Sumber: Diterbitkan Majalah Asy-Syifa edisi 2.
Baca selengkapnya »
Kapan Anak Bisa Dilepas Sikat Gigi Sendiri?

Kapan Anak Bisa Dilepas Sikat Gigi Sendiri?

JAKARTA -- Kebiasaan menyikat gigi perlu diajarkan pada anak sejak dini agar terhindar dari ancaman karies. Dalam hal ini, orangtua harus selalu memberikan pendampingan hingga anak mencapai usia di mana ia bisa dilepas untuk menyikat gigi sendiri.

"Orangtua harus membantu anak sikat gigi hingga usia delapan tahun," kata dokter spesialis kedokteran gigi Felicia Melati dalam diskusi kesehatan bersama Bamed Dental Care di Tamnak Thai.

Bantuan dan pendampingan orangtua diperlukan hingga anak berusia delapan tahun karena menyikat gigi membutuhkan gerakan motorik halus. Sedangkan kemampuan motorik halus anak baru optimal di usia sekitar delapan tahun.
Kapan Anak Bisa Dilepas Sikat Gigi Sendiri?

Pada usia balita, proses menyikat gigi anak harus dibantu oleh orangtua. Akan tetapi, dalam usia ini, anak juga boleh diajarkan untuk belajar menyikat giginya sendiri. Setelah anak selesai menyikat gigi, orangtua juga harus menyikat kembali gigi anak, khususnya di bagian yang sulit dijangkau oleh anak.

Akan tetapi memasuki usia enam tahun, orangtua dapat mulai mengurangi perannya dalam menyikat gigi anak. Anak sudah bisa menyikat gigi sendiri. Akan tetapi karena kemampuan motorik halus anak belum optimal, orangtua tetap harus mengawasi dan mendampingi anak selama proses menyikat gigi hingga anak berusia delapan tahun. Pengawasan diperlukan agar tidak ada area gigi yang terlewat dari proses penyikatan.

"Yang sering kali orang tua lupa dan cukup sulit anak bersihkan ialah bagian dalam gigi," tambah Felicia.

Beberapa teknik menyikat gigi yang sebaiknya diajarkan kepada anak ialah gerakan roll, horizontal dan circular. Waktu yang disarankan untuk menyikat gigi ialah pagi setelah makan dan malam sebelum tidur. Menyikat gigi di siang hari setelah makan siang juga boleh dilakukan sebagai tambahan.

"(Pasta gigi anak yang digunakan) Sedikit saja, selapis tipis di atas permukaan sikat gigi. Tidak perlu banyak-banyak," jelas Felicia.

artikel republika
Baca selengkapnya »
Bahaya dan Efek Samping Hidroquinon Bagi Kesehatan Kulit

Bahaya dan Efek Samping Hidroquinon Bagi Kesehatan Kulit

Mungkin bahan kimia yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita khususnya kaum wanita yang sering menggunakan cream pemutih. Hidroquinon saat ini memang sering digunakan oleh produsen produk kecantikan sebagai saah satu bahan campuran pada cream pemutih karena mampu mengelupas sel kulit mati dan menghambat pembentuan melanin yang dapat membuat kulit tampak lebih gelap.

Pada dasarnya hidroquinon adalah senyawa kimia yang disebut juga alpa-hidroquinon, hydrokunol, quinol atau benzoquinol yang berbentuk bubuk berwarna putih atau kristal putih seperti jarum.
stop bahan kimia berbahaya
Berbeda dengan merkuri yang memang dilarang pemakaiannya pada kosmetik, sebenarnya hidroquinon adalah obat yang digunakan untuk mengatasi hiperpigmentasi pada kulit yakni penggelapan kulit setelah terjadi peradangan seperti bekas jerawat, bekas luka maupun noda gelap akibat paparan sinar matahari.

Tetapi jika melebihi batas normal pemakaian dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, selain itu dalam jangka panjang dapat menjadi pemicu keracunan pada kulit. Bukannya menjadi cantik dengan kulit putih berseri, kulit anda malah akan jadi rusak dan berimbas pada kesehatan tubuh pada akhirnya.

Bahaya dan Efek Samping Hidroquinon Bagi Kesehatan Kulit

Nah berikut kami akan berbagi informasi penting mengenai apa saja bahaya yang dapat disebabkan oleh kosmetik yang mengandung hidroquinon jika anda gunakan secara jangka panjang. Simak ulasannya ya.

1. Menyebabkan Iritasi Kulit

Hidroquinon dapat menyebabkan iritasi pada kulit seperti kulit menjadi kemerahan, kering, rasa gatal, bengkak, rasa perih seperti terrbakar dan munculnya komedo pada beberapa kasus terutama pada kulit sensitif.

2. Menyebabkan Ochronosis

Hidroquinon dapat menyebabkan Ochronosis yakni salah satu penyakit kulit yang menyebabkan kerusakan pada sel kulit dimana akan terjadi warna gelap kebiruan dan berbintil seperti pasir atau telur ikan.

Kasus ini memang jarang terjadi tetapi sebaiknya hindari pemakain hidroquinon dalam jangka waktu panjang untuk menghindari resiko terjadinya Ochronosis. Dan penting anda ketahui penyakit ini belum ada pengobatan yang efektif untuk mengatasinya.

3. Tidak Aman Bagi Ibu Hamil

Hidroquinon jangan digunakan bagi ibu hamil karena tidak aman. Selain hidroquinon, terdapat beberapa bahan kosmetik lainnya yang tidak aman untuk kesehatan janin anda terutama pada trimester pertama. Penting bsgi ibu hamil untuk selalu mengkonsultasikan pada dokter kosmetik apa saja yang aman digunakan demi kesehatan ibu dan janin.

4. Dapat Menyebabkan Kanker

Hidroquinon dapat menyebabkan kanker jika didigunakan dalam jangka panjang. Terdapat penelitian yang dilakukan pada tikus dan diperoleh hasil bahwa hidroquinon menyebabkan resiko terjadinya kanker kulit karena memicu penurunan pigmen melanin yang berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar UV.

Selain itu Hidroquinon adalah bahan kimia yang diidentifikasikan sebagai clastogen dan berpotensi sebagai mutagen. Perlu ketahui Clastegen tipe A adalah racun yang mempengaruhi kromosom dan menyebabkan mutasi gen yang merusak DNA sebagai penyebab berbagai jenis kanker.

5. Menyebabkan Kulit Sensitif Cahaya

Hidroquinon bersifat photosensitive dimana kondisi ini dapat menyebabkan kulit akan lebih sensitif terhadap cahaya terutama paparan sinar matahari. Jika anda menggunakan krim yang mengandung hidroquinon maka gunakan pula tabir surya. Sebaiknya hindari pemakaian krim yang mengandung hidroquinon di siang hari karena akan membuat wajah anda kemerahan dan rasa seperti terbakar.

artikel: doktercantik.com
Baca selengkapnya »
5 Manfaat Konsumsi Kismis Secara Rutin Untuk Kesehatan

5 Manfaat Konsumsi Kismis Secara Rutin Untuk Kesehatan

Dikutip dari laman boldsky.com, kismis ternyata memiliki banyak manfaat buat kesehatan. Terlebih lagi, ketika kismis ini dikonsumsi secara rutin. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.

1.Menjadikan Kulit Awet Muda


Manfaat pertama dari kismis adalah menjadikan kulit awet muda, cantik dan lembut. Nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam kismis bisa menangkal radikal bebas dan menurunkan risiko penuaan dini. Kabar gembiranya, konsumsi kismis secara rutin dengan porsi yang tepat juga bisa bantu anda memiliki kulit yang kencang dan sehat.
5 Manfaat Konsumsi Kismis

2.Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Gigi

Buat anda yang ingin memiliki gigi sehat dan kuat, usahakan untuk konsumsi kismis secara rutin. Kandungan nutrisi serta zat besi di dalam besi dipercaya sangat baik buat kesehatan gigi. Kismis juga bermanfaat mencegah plak, memutihkan gigi dan menyehatkan gusi.

3.Melancarkan Sirkulasi Darah

Konsumsi kismis secara rutin baik dalam melancarkan sistem peredaran darah di tubuh. Selain itu, kismis juga baik buat melancarkan sistem pencernaan.

4.Menyehatkan Jantung

Kandungan mineral dan berbagai vitamin di dalam kismis dipercaya membantu menyehatkan dan mengoptimalkan kerja jantung. Konsumsi kismis secara rutin bisa menurunkan risiko jantung, gangguan hati serta menurunkan risiko diabetes.

5.Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Antioksidan, vitamin V dan beberapa vitamin lain pada kismis sangat baik dalam menjaga maupun meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh meningkat, tentu hal ini akan bantu anda terhindar dari berbagai risiko penyakit ringan hingga berat dan berbahaya.

Selain manfaat di atas, manfaat lain dari kismis adalah untuk menormalkan kadar keasaman pada lambung, baik buat kesehatan mata, baik buat kesehatan bibir, membunuh bakteri dan kuman di mulut, gusi dan gigi serta menyehatkan juga menguatkan tulang.

(Vemale)
Baca selengkapnya »
sayangi tubuh anda, inilah tips Pola hidup sehat anti Kanker

sayangi tubuh anda, inilah tips Pola hidup sehat anti Kanker

Silahkan dibaca dengan bijak, yg saya lihat adalah bahwa kesehatan itu perlu dijaga dengan pola makan yang benar.....oleh karena umumnya orang tdk semua tahu ttg apa yg dimakan ada baiknya info-info ttg apa yg baik dimakan perlu dibijaki:

1 . Setiap orang memiliki sel kanker dalam tubuh

Sel-sel kanker ini tidak tampak dalam pemeriksaan standar hingga sel-sel tersebut berkembang biak menjadi bermilyar milyar. Ketika dokter mengatakan kepada pasien kanker bahwa tidak ada lagi sel kanker di tubuh mereka setelah perawatan , itu hanya berarti bahwa tes yang dilakukan tidak mampu mendeteksi sel kanker karena mereka belum mencapai ukuran yang bisa terdeteksi.

2 . Kanker sel terjadi antara 6 sampai lebih dari 10 kali di dalam hidup seseorang.

3 . Ketika sistem kekebalan tubuh seseorang tinggi, sel-sel kanker akan rusak dan dicegah dari pembiakan dan pembentukan tumor .

4 . Ketika seseorang menderita kanker ini menunjukkan bahwa orang tersebut mengalami beberapa kekurangan nutrisi. Ini dapat terjadi karena faktor genetik, lingkungan , makanan dan gaya hidup.

5 . Untuk menanggulangi beragam gangguan nutrisi, mengubah diet dan termasuk suplemen akan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

6 . Kemoterapi meracuni sel kanker yang bertumbuh cepat, juga menghancurkan sel-sel sehat yang tumbuh dengan cepat di sumsum tulang , saluran pencernaan dll , dan dapat menyebabkan kerusakan organ seperti hati , ginjal, jantung , paru-paru dll.

7 . Radiasi ketika menghancurkan sel kanker, juga membakar dan merusak sel sehat , jaringan dan organ.

8 . Perawatan awal dengan kemoterapi dan radiasi akan sering mengurangi ukuran tumor. Namun penggunaan berkepanjangan dari kemoterapi dan radiasi tidak menghasilkan kehancuran tumor lagi.

9 . Ketika tubuh telah banyak terdapat racun yang terbakar akibat kemoterapi dan radiasi, sistem kekebalan tubuh akan terancam atau hancur , karena itulah seseorang akan mengalami berbagai macam infeksi dan komplikasi.

10 . Kemoterapi dan radiasi dapat menyebabkan sel kanker bermutasi dan menjadi tahan dan sulit untuk dihancurkan. Operasi juga dapat menyebabkan sel kanker menyebar ke area lain.

11 . Cara efektif untuk melawan kanker adalah dengan MELAPARKAN sel-sel kanker dengan cara tidak memberikan makanan yg dibutuhkan dengan berkali-kali.

Makanan sel kanker yaitu :

a . Gula adalah makanan sel kanker. Dengan mengurangi gula, berarti juga mengurangi suplai makanan penting bagi sel kanker. 

Catatan : Pengganti gula seperti NutraSweet , Equal , Spoonful , dll dibuat dengan aspartam dan itu juga berbahaya. 

Pengganti yang lebih natural yaitu madu Manuka atau tetes, tapi dalam jumlah yang sedikit . Garam meja yang berwarna putih dalam pembuatannya memiliki tambahan kimia . Alternatif yang lebih baik adalah aminos Bragg atau garam laut.

b . Susu membuat tubuh memproduksi mucus, terutama di saluran gastro - usus. Kanker makan pada lendir . Dengan mengurangi susu dan menggantikan dengan susu kedelai tawar sel kanker akan kelaparan.

c . Sel-sel kanker berkembang dengan baik di lingkungan yang tinggi asam. Diet berbasis daging sangat tinggi kadar asamnya dan yang terbaik adalah dengan makan ikan , sedikit ayam daripada sapi . Daging juga mengandung antibiotik ternak yang menumbuhkan hormon dan parasit yang berbahaya, terutama bagi penderita kanker.

d . Diet yang 80 % berbasis sayuran segar dan jus , gandum pekat , kacang-kacangan dan sedikit buah akan membantu menjadikan tubuh dalam lingkungan alkalin . Sekitar 20 % bisa diperoleh dari makanan matang termasuk kacang. 
sayur menyehatkan

Sayur segar menyediakan enzim hidup yang mudah diserap dan mencapai ke tingkat sel dalam waktu 15 menit untuk memelihara dan meningkatkan pertumbuhan sel sehat .Untuk memperoleh enzim hidup untuk membangun sel sehat, cobalah minum jus sayur segar (semua sayuran , termasuk kecambah ) dan makanlah sejumlah sayuran mentah 2 atau 3 kali sehari . Enzim rusak pada temperature 104 derajat F ( 40 derajat C ).

e . Hindari kopi , teh dan coklat , karena mengandung kafein yang tinggi. Teh hijau adalah alternatif yang lebih baik dan memiliki sifat melawan kanker . Air - terbaik untuk minum air murni , atau disaring , untuk menghindari racun dan logam berat dalam air ledeng . Hindari air suling yang asam.

12 . Protein dari daging sulit untuk dicerna dan membutuhkan banyak enzim pencernaan. Daging yang tidak tercerna akan tersisa dalam usus akan membusuk dan menyebabkan penumpukan yang lebih beracun.

13 . Dinding sel kanker memiliki penutup protein yang tangguh. Dengan menghindari makanan mengandung daging dapat membebaskan enzim untuk menyerang dinding protein sel kanker dan membiarkan pembunuh sel dalam tubuh untuk menghancurkan sel-sel kanker.

14 . Beberapa suplemen menaikan system kekebalan tubuh ( IP6 , Flor - ssence , Essiac , anti - oksidan , vitamin , mineral , EFAs dll) sehingga memungkinkan sel-sel tubuh sehat untuk menghancurkan sel-sel kanker . Suplemen lain seperti Vitamin E diketahui menyebabkan apoptosis , atau kematian sel terprogram , yaitu metode natural dari tubuh untuk membuang rusak, sel-sel yang tidak diinginkan , atau tidak dibutuhkan.

15 . Kanker adalah penyakit yang melibatkan pikiran, tubuh, dan jiwa. 

Jiwa yang proaktif dan positif akan membantu penderita kanker untuk sembuh .Kemarahan , tak kenal ampun dan kepahitan menjadikan tubuh dalam lingkungan stres dan asam . Belajarlah untuk memiliki jiwa penuh kasih dan pemaaf . Belajarlah untuk bersantai dan menikmati hidup.

16 . Sel-sel kanker tidak dapat berkembang dalam lingkungan beroksigen. Berolahraga setiap hari , dan bernapas dengan dalam membantu mendapatkan oksigen lebih banyak turun ke tingkat sel . Terapi oksigen adalah cara lain untuk menghancurkan sel-sel kanker.

source: forum ligagame
Baca selengkapnya »
info kesehatan: PENTING BUAT YG SUKA BEGADANG di malam hari

info kesehatan: PENTING BUAT YG SUKA BEGADANG di malam hari

JANGAN LUPA SHARE KALO SUDAH BACA.

Para dokter melakukan penemuan terbaru, penyebab utama kerusakan hati adalah tidur terlalu malam & bangun terlalu siang.

Jangan tidur lewat dari jam 22.00 malam, karena malam hari Pk. 23.00 s/d dini hari Pk. 01.00 adalah Proses Detox di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.

Pk. 01.00 s/d 03.00 Proses Detox di bagian Empedu dalam kondisi tidur.

Pk. 03.00 s/d 05.00 Proses Detox bagian Paru-paru. Nah...ini pas waktu bangun untuk tahajud dan tarik napas dalam2 menghirup udara pagi.
PENTING BUAT YG SUKA BEGADANG

Pk. 05.00 s/d 07.00 Proses Detox bagian Usus Besar, sebaiknya Buang Air Besar...

Pk. 07.00 s/d 09.00 Proses Penyerapan Gizi bagi Usus Halus, jadi harus makan pagi.

Begadang & bangun terlalu siang mengacaukan Metabolisme tubuh

Selain itu dari tengah malam s/d Pk. 04 dini hari adalah waktu bagi Sumsum Tulang Belakang utk memproduksi darah.

Forward ke orang-orang yg kamu sayangi.

PENTING BUAT YG SUKA BEGADANG...

Menurut Dennis G West, pengarang buku Kesehatan Best Seller, hal2 yg harus di perhatikan :

✔Jawablah telepon menggunakan telinga sebelah kiri

✔Jangan minum Obat dengan Air Dingin

✔Jangan makan makanan berat setelah jam 18.00 malam

✔Minum lebih banyak Air Putih di pagi hari, malam lebih sedikit

✔Jam tidur yg Paling Baik jam 22.00 malam sampai jam 03.00 pagi

✔Jangan terlalu cepat berbaring setelah minum obat

✔Ketika Battery HP tinggal satu jangan angkat telp krn Radiasi meningkat hingga 100 kali.

Share ini ke orang-orang terdekat Anda,

Kebaikan hati tidak pernah merugikan kita.

Semoga bermanfaat..!!!```
luar biasa. Anda layak dapat bintang

republish from whatsapp group
Baca selengkapnya »
-->