Anjuran Bantu yang susah Bayar Hutang atau bebaskan


 وعن أَبي قتادة رضي الله عنه قَالَ: سَمِعْتُ رسولَ الله صلى الله عليه وسلم يقول: مَنْ سَرَّهُ أنْ يُنَجِّيَهُ اللهُ مِنْ كُرَبِ يَوْمِ القِيَامَةِ، فَلْيُنَفِّسْ عَنْ مُعْسِرٍ أَوْ يَضَعْ عَنْهُ. رواه مسلم. 
Dari Abi Qotadah radhiallahu anhu ia berkata: Aku telah mendengar Rosululloh Shollallohu a'laihiwassalam bersabda: Barangsiapa yang ingin dijauhkan oleh Alloh dari bingung dihari kiamat maka hendaknya ia memberi kelonggaran kepada yang susah bayar hutang atau membebaskannya. HR Muslim. Riyadussholihin hadis ke 1369

Penjelasan:
1. Berikan kelonggaran waktu kepada orang-orang yang belum membayar hutang, membebaskan hutang orang yang sudah tidak mampu membayar hutang itu lebih mulia lagi, yang belum mampupun kita bebaskan bahkan akan lebih mulia dan terhormat lagi jika kita ikhlas membebaskan hutang orang yang susah ditagih susah bayar hutang padahal dia itu mampu untuk bayar dan melunasi. 

2. Orang yang suka menangani membebaskan kesulitan kesusahan kebingungan orang lain tanpa pamrih apapun kecuali karna Alloh maka kelak diakhirat akan Alloh bebaskan dari segala kesulitan dan kesusahannya dan perlu diingat bahwa kesusahan akhirat itu sangat dahsyat diantaranya dihisab dengan hisaban yang panjang dan lama. 

Tidak ada komentar: