Biografi Ustadz Dr. Dasman Yahya Ma’aly, Lc.MA, ulama ahli hadist asli riau

Mengenal Sosok ahli Hadits Asli Riau, Indonesia

Ustadz Dr. Dasman Yahya Ma’aly, Lc.MA ( Dasman Ma'ali )

Di Indonesia beliaulah Doktor pertama tamat timur tengah yang sejak S1 nya jurusan hadits, sedangkan di Asia tenggara beliau yang kedua

Beliau seorang Putra Asli Riau dari Kab. Kampar yang hidupnya Sederhana, Penuh ketawadhu'an, dan penuh Nuansa Sunnah Nabi. 

Beliau tidak terlalu terkenal, tetapi kokoh menyebarkan Sunnah Rasul dikeluarganya, masyarakat & anak didiknya. 

Paling sayang kepada anak anak. Dikantongnya selalu diisi dengan hadiah buat anak anak.

Sulit mncari sosok sprti beliau sa'at ini...yg mau brhenti dtengah jalan hanya utk sekedar menyapa dan menyalami mahasiswanya satu2..tak jarang bhkan sambil memberikan sesuatu..

Kegiatan sekarang yaitu sebagai Da'i, Beliau juga menjadi Syeikh (guru besar) di Ma'had Al-Jami'ah dan Dosen Fakultas Ushuluddin UIN-Suska serta Ketua/Direktur di Markaz Islamic Center Kampar. 

Ketakjuban muncul disaat beliau membaca kan sanad sanad hadis....  
Dibarengi penjelasan terhadap sanad tersebut...  
(lautan ilmu pada zaman ini)

Biografi Singkat guru kita
Beliau Dr.Dasman Yahya Ma’aly, Lc.MA lahir pada tanggal 11 Januari 1971 di Desa Muara Jalai Kampar Provinsi Riau. 

Riwayat Pendidikan beliau : 
Setelah Tamat dari SD 066 Muara Jalai Kampar pada tahun 1984 beliau melanjutkan ke Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Bangkinang Kampar selama 7 tahun, 

setelahnya beliau melanjutkan ke LIPIA Jakarta selama 2 tahun program I’dad & Takmily, kemudian Allah berikan karunia untuk melanjutkan ke Universitas Islam Madinah pada tahun 1993. 

Allah berikan keutamaan Sejak S1 sampai S3 beliau mengambil jurusan hadits. Lulus S3 tahun 2008.

Disertasi doktoral beliau. Tahqiq terhadap kitab Ath-Thuyuriyat. Karya Abu Tohir As-Silafy Al- Ashbahany (576 H). Dicetak dalam 4 jilid. Maktabah adhwaus salaf -Riyadh-

Kitab ini disusun oleh Abu Tohir as-Silafy yang disadur dari karangan2 guru beliau syekh Abu Husain alMubarak as Shairofy At-Tuyuriy Al Hanbaly (500 H). Adapun judul kitab itu merujuk pada nama guru beliau.

Kandungan kitab berisikan kumpulan riwayat hadist2 Rasulullah Sallahu alaihi wa sallam. Keistimewaannya adalah, riwayat2 didalamnya memilki sanad yang Aly.
selain itu terdapat atsar, hikayat perjalanan para ulama muhadditsin yang penuh dengan fawaid Dan lathaif.

Di Indonesia beliaulah Doktor pertama tamat timur tengah yang sejak S1 nya jurusan hadits, sedangkan di Asia tenggara beliau yang kedua. 

Beliau sudah menempuh pendidikan dengan penuh ke istiqamahannya, selama 15 belas tahun, dan beliau sudah Berhaji Sebanyak 14 kali, 

Selama di Madinah selain belajar dibangku perkuliahan dengan banyak masyaikh beliau juga aktif bermulazamah di majlis para masyaikh lainnya diantara : 

1. Syaikh ‘Abdul Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr Hafizhahullah, Sunan An-Nasaa’i sejak pertengahan juz pertama sampai tamat. Yang paling fokus beliau di majlis Syaikh ‘Abdul Muhsin selama 3,5 tahun. 

2. Syaikh ‘Athiyyah Salim Rahimahullah (Ahli Hadits Madinah, guru para guru besar UIM sekarang), diantara kitab yang beliau pelajari darinya kitab ‘Umdatul Ahkam, Subulus Salam, Al-Muwaththa’ dan berbagai kitab lainnya. Di Majlis Syaikh ‘Athiyyah Salim ini beliau sangat lama sekali. 

3. Syaikh Muhammad bin Muhammad bin Mukhtar Asy-Sinqithiy, Pakar fiqih di Madinah dan Anggota Haiah Kibaril Ulama. 

Diantara kitab yang beliau pelajari dari syaikh ini, ‘Umdatul Ahkam dan Bulughul Maram. Beliau sangat mengutamakan mejelis syaikh ini dikarenakan syaikh ini pakar fikih dan banyak memberikan faidah-faidah dari hadits yang disampaikan sehingga beliau mendapatkan faidah yang luas. 

Beliau pernah mengatakan bak murid-murid Imam Asy-Syafi’i yang sering meninggalkan majlis syaikh lain ketika kehadiran Imam As-Syafi’i. Ya, barangkali beliau menginginkan untuk dapat banyak mengambil ilmu hadits dan fikih. 

4. Syaikh Prof.Muhammad Al-Waili, Wakil Rektor I UIM, diantara yang beliau pelajari Kitab Bidayatul Mujtahid. 

5. Syaikh Prof. Khalifah At-Tamimi, belajar kitab ‘Aqidah Al-Wasitiyyah dan Fatawa Al-Hamawiyyah 

6. Dan beliau juga mendapatkan faidah ilmiyyah dengan Syaikh Ibnu ‘Utsaimin ketika syaikh datang ke Madinah. 

7. Dan beliau telah banyak sekali mengambil faidah dari para masyaikh lainnya yang belum kami sempurnakan nukilannya di sini. 

Dalam Riwayat beliau meriwayatkan diantaranya :

1. Syaikh Dhiyaaur Rahman Al-A'zhamiy (Dekan Fakultas Hadits UIM yang lalu) 
2. Syaikh Muhammad Bu Khubzah seluruh periwayatan kitab syaikh Al-Albani Rahimahullah. Dan Ahli riwayat lainnya

Alhamdulillah beliau sampai sekarang sangat aktif dan tegar dalam mendakwahkan Tauhid dan Sunnah di berbagai daerah khususnya di Provinsi Riau. 

Walhamdulillah beliau memiliki rekaman Kajian yang sangat banyak, diantaranya rekaman Kajian Shahih Bukhari, 
Shahih Muslim, 
Al-Muwaththa’ 
bahkan Ar-risalah Imam Asy-Syafi’i dan rekaman-rekaman kajian kitab lainnya yang sangat banyak. 

Mohon do’akan kami agar bisa mengedit dan mempublikasikannya.. Untuk sementara bisa antum lihat dan unduh di Yutube yang dipublikasikan diantaranya oleh Islamic Centre Bangkinang yang beliau sendiri Imam Besarnya di sana. 

Demikianlah dulu biografi singkat beliau yang dapat kami salinkan, sebagaimana yang beliau ceritakan kepada kami ba’da ‘Isya malam Jum’at, 25 Dzulhijjah 1436 hijriyyah kemaren dan juga sedikit kami tambahkan dari cerita-cerita beliau di rekaman kajian dan yang lainnya. 

Dan In Sya Allah kedepannya kami akan sempurnakan lagi guna memetik faidah ‘ilmiyyah dan ‘amaliyyah dari beliau. Karena memang banyak lagi yang menarik (In Sya Allah) untuk kita nukilkan dari perjalanan dan pengalaman-pengalaman beliau semasa di Saudi dan setelah kepulangan beliau ke Indonesia. Semoga Allah memelihara beliau. 

Admin Buya Dasman Yahya Ma'aly
Abu Fairuz Ad Daylami

Update terkini dari admin: ustadz Dasman sudah tidak menjadi ketua islamic center Bangkinang lagi. Info dari ustadz Habibie

Tidak ada komentar: