Mengapa Mereka Yang Istiqomah Suka Poligami ?

Berkata Imam Al-Qurthubi رحمه الله تعالى :

Dikatakan: ❝ Sesungguhnya setiap orang yang lebih bertakwa maka syahwatnya akan lebih kuat;  karena orang yang tidak bertakwa hanyalah akan mencari hiburan dengan memandang dan menyentuh (yang haram), tidakkah engkau lihat apa yang telah diriwayatkan:

"Kedua mata berbuat zina, dan kedua tangan berbuat zina".

Maka apabila dalam memandang dan menyentuh ada bentuk dari memenuhi syahwatnya maka akan menjadi jarang (lemah) berjima', sedangkan orang yang bertakwa; dia tidak akan memandang dan tidak akan menyentuh (yang haram) sehingga syahwatnya menjadi terkumpul pada dirinya dan menyebabkan (kekuatan) jima' nya menjadi lebih banyak.

Mereka Suka Poligami

▪️ Dan berkata Abu Bakar Al-Warroq:

"Setiap syahwat akan mengeraskan hati kecuali jima' karena hal itu akan membersihkan hati, oleh karenanya para Nabi mereka melakukan hal itu (baca=nikah)". ❞

Tafsir Al-Qurthubi (5/253).
——————————————————
لماذا أهل الاستقامة يحبون تعداد الزواج!!!؟؟؟

قال الإمام القرطبي رحمه الله: يقال: إن كل من كان أتقى فشهوته أشد ؛ لأن الذي لا يكون تقيا فإنما يتفرج بالنظر والمس ، ألا ترى ما روي في الخبر : "العينان تزنيان واليد ان تزنيان" .
فإذا كان في النظر والمس نوع من قضاء الشهوة قل الجماع ، والمتقي لا ينظر ولا يمس فتكون الشهوة مجتمعة في نفسه فيكون أكثر جماعا .
وقال أبو بكر الوراق : كل شهوة تقسي القلب إلا الجماع فإنه يصفي القلب ، ولهذا كان الأنبياء يفعلون ذلك ) .
[ تفسير القرطبي (٢٥٣/٥) ]

Tidak ada komentar: