-->

Pilih Mana: Kuliah online di IOU, MEDIU, atau Minnesota?

Pilih Mana: Kuliah online di IOU, MEDIU, atau Minnesota?

Saat pandemi covid-19 sekarang, belajar online kini jadi trend baru pendidikan di seluruh dunia.
Lembaga pendidikan mulai tingkat dasar hingga tinggi memanfaatkan teknologi internet dalam menjalankan aktifitas belajar mengajarnya.

Model belajar seperti ini sudah diterapkan oleh beberapa kampus dunia. Bahkan perguruan tinggi Islam di berbagai negara telah membuka perkuliahan dengan sistem online sejak beberapa belas tahun silam. Dosen dan mahasiswa tanpa perlu tatap muka langsung di tempat yang sama.
Kali ini kita akan sedikit mengulas 3 kampus Islam: IOU, MEDIU, dan Islamic University of Minnesota.

Sangat menarik, 3 kampus ini berdiri di tahun yang sama, yaitu tahun 2007.

IOU didirikan oleh Dr. Bilal Philips di Gambia, Afrika Barat. MEDIU didirikan oleh Prof. Dr. Khalifah At Tamimi di Malaysia. Islamic University of Minnesota didirikan oleh Prof. Dr. Walid Idris Al Minisi.

Pertama: IOU

IOU adalah singkatan dari International Open University. Didirikan tahun 2007 dan launching program S1 tahun 2010.

Awal berdirinya, kampus ini bernama Islamic Online University, dengan membuka jurusan Islamic Studies sebagai prodi andalannya.

Kampus ini didirikan untuk menjangkau masyarakat internasional. Karena itu, bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris. Sejak 2017, telah dibuka perkuliahan menggunakan bahasa Indonesia untuk jurusan Islamic studies jenjang S1.

Saat ini jenjang pendidikan yang dibuka di perguruan tinggi ini adalah S1 dan S2.

Kurikulum kampus ini mengadopsi 3 kampus Islam ternama, yaitu Universitas Islam Madinah Arab Saudi, Universitas Al Azhar Mesir, dan Universitas Omdurman Sudan.

Biaya kuliah di tempat ini sangat terjangkau. Untuk S1, biaya persemester mulai Rp. 1.485.000 hingga Rp. 3.435.000.

Kedua: MEDIU

MEDIU adalah singkatan dari Al Madinah International University. Bertempat di Kuala Lumpur, Malaysia. Didirikan oleh guru besar ilmu akidah Universitas Islam Madinah; Prof. Dr. Khalifah At Tamimi.

Awal didirikannya, kampus ini hanya membuka kelas online. Kini telah tersedia kelas offline disana.
Jurusan yang dibuka mulai Islamic science, bahasa Arab, pendidikan, teknik, dan bisnis administrasi.
Bahasa pengantar kampus ini untuk jurusan keislaman menggunakan bahasa Arab.

Jenjang yang dibuka mulai S1, S2, hingga S3.

Biaya kuliah di MEDIU untuk S1 sekitar 21 ribu ringgit Malaysia atau sekitar setara Rp 71 juta sampai selesai. Dibayar bertahap setiap semester.

Ketiga: Islamic University of Minnesota

Kampus ini terletak di wilayah Minnesota, Amerika Serikat. Pendirinya adalah Prof. Dr. Walid Idris Al Minisi.

Jurusan yang dibuka sangat banyak, mulai pendidikan, bahasa Arab, tafsir, fikih, hadits, hukum, psikologi, dan lain-lain.

Tersedia mulai jenjang S1, S2, hingga S3. Perkuliahan menggunakan bahasa pengantar bahasa Arab.
Biaya kuliah di kampus ini tergolong murah. Untuk S1 sampai selesai 500 USD. S2 1000 USD (non tesis), S3 2000 USD.

Legalitas Ijazahnya Bagaimana?

Kampus-kampus ini berizin, resmi, dan legal di negaranya masing-masing. Untuk alumni asal Indonesia, jika ingin menggunakan ijazahnya untuk kepentingan administrasi, bisa disetarakan ke Dikti Kemendikbud atau ke Diktis Kemenag.

Sampai saat ini, IOU dan MEDIU telah mendapatkan pengakuan oleh pemerintah Republik Indonesia. Sedangkan Minnesota belum ada alumninya yang menyetarakan ijazahnya ke Kemendikbud atau Kemenag.

Semua kampus luar negeri yang terakreditasi di negaranya, insya Allah bisa diurus penyetaraannya di Indonesia.

Mengenal Alumni Kampus

MEDIU termasuk paling banyak alumninya di Indonesia. Diantaranya adalah: Ust. Ammi Nur Baits (Alumni S1 fiqih dan ushul fiqih/Yufid), Ust. Khairul Umam (Alumni S1 dakwah dan ushuluddin/pendiri BISA), Ust. Afifi Abdul Wadud (Alumni S1 fiqih dan Ushul fiqih/Da'i Jogja), Ust. Dr. Yusran Anshar (Alumni S2 dan S3 hadits/STIBA Makassar).

Untuk IOU, alumni saat ini belum terlalu banyak. Diantaranya: Ust. Rizki Gumilar Abu Kunaiza (Alumni S2 Islamic Studies/Pendiri Nadwa Abu Kunaiza).

Adapun alumni Islamic University of Minnesota di Indonesia baru satu orang yaitu Ust. Ahmad Shobari, MA (Alumni S2 fiqih dan ushul fiqih/Direktur Pesantren Tinggi Al I'tishom Karawang).
Kampus-kampus diatas jadi pilihan alternatif teman-teman. Karena tidak mungkin semua dapat kuliah di Timur Tengah langsung.

Nama-nama perguruan tinggi diatas memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Insya Allah nanti akan diceritakan sedikit ulasannya pada status berikutnya.
____
Jika ada teman yang mau daftar ke IOU, silahkan bisa japri ke wa saya Budi Marta Saudin wa.me/6285294192081
Baca Juga
    ______________________________
    support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
    ______________________________
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    Tidak ada komentar: