Saudi Angkat Rektor Baru UIM Alumni Kampus Inggris


Selamat atas dilantiknya rektor baru Universitas Islam Madinah: Dr. Saleh bin Ali Al Uqla. 

Beliau menamatkan pendidikan S1 jurusan akuntansi di Universitas King Abdul Aziz Jeddah. Sedangkan jenjang S2 dan S3 nya diselesaikan di Universitas Durham, Inggris, pada bidang Akuntansi. 

Kenapa memilih rektor alumni barat? 

Sejak sekitar 10 tahunan belakangan, banyak perguruan tinggi di Saudi yang dipegang oleh alumni barat. Hal ini pernah mendapatkan kritik oleh Syaikhul Muhaddits Abdul Muhsin Al Abbad Al Badr, saat penunjukkan rektor UIM beberapa tahun silam.

Untuk kampus-kampus lain, terutama yang menjagokan bidang riset, dipilih pimpinan alumni kampus luar yang bergengsi. 

Teringat saat rektor pertama King Abdullah University of Science and Technology (KAUST) mengangkat Prof. Choon Fong shih, yang saat itu beliau baru saja selesai menjadi rektor National University of Singapore (NUS). Dan setelah Prof. Choon selesai tugas, digantikan oleh Prof. Jean Lou Chameau (eks rektor California Institute of Technology - Caltech). 

Dekade terakhir ini, Saudi banyak mensekolahkan warganya ke Amerika dan Eropa, yang setelah pulang, mereka mengabdi di kampus-kampus dalam negeri Saudi. 

Dampak positif dari kembalinya anak-anak yang mendapat beasiswa ke barat ini, menjadikan manajemen kampus semakin rapi, tertib, juga meningkatkan kualitas riset dan mutu pendidikan.

Tidak ada komentar: