SELAMAT JALAN USTADZ YAZID ABDUL QADIR JAWAZ RAHIMAKALLAH


Aku baru mengenal ustaz Yazid -rahimahullah- di tahun 1998, ketika ikut Daurah Tauhid Nasional di salah satu ponpes di Parung derah Bogor yang diadakan oleh Yayasan Al-Sofwa.

Kala itu aku sebagai peserta daurah dan yang menjadi pemeterinya adalah Ustadz Ainur Rafiq Ghufron, Ust Yazid Abdul Qadir Jawas, Ust Abdul Hakim bin Amir Abdat dan beberapa ustadz lainnya-semoga Allah merahmati yang telah wafat dari mereka dan menjaga yamg masih hidup-.

Itulah awal perjumpaanku dengan beliau. Setelah pindah ke Batam di tahun 2002, beliau kerap berdakwah ke Batam bergantian dengan ustd Abdul Hakim , setengah tahun sekali. 

Boleh dikatakan  tersebarnya dakwah di pulau Batam- setelah Allah- adalah sebab dakwah mereka berdua.

Ustadzuna Yazid orangnya tegas dalam menyampaikan materi, selalu menggugah jiwa para penimba ilmu. Tidak ada kesan-mencla-mencle- selalu mengatakan kebenaran apa adanya, hanif, lurus, mujahid sejati dalam memerangi berbagai penyakit syubhat dan syahwat. 

Kajian beliau selalu mengajak kepada tauhid, meninggalkan bid’ah, tegas terhadap ahli bid’ah, meski dengan sebab itu beliau banyak dimusuhi orang-orang yang tak sejalan dengan manhaj salaf.

Beliaulah -rahimahullah- cerminan salafi sejati di negeri ini-nahsibuhu kazalik wallahu hasibuhu wala nuzakki ‘allahi ahadan- dan dari beliau dan senior lainnya menelurkan murid-murid yang tersebar di seluruh Nusantara.

Banyak Doktor-Doktor lulusan Madinah hasil didikan beliau, dan banyak orang mendapat hidayah di tangan beliau.

Siapa yang ingin tahu lurus dan ketegasan beliau silahkan baca buku tulisan beliau yang berjudul “ Mulia dengan Manhaj Salaf”.

Tulisan ini terlalau lemah dan tidak akan mampu menjelaskan  dengan rinci segala keutamaan beliau, bahkan kata-kata yang kurangkai tak sanggup mengekspresikan sepak terjang beliau dalam dakwah. 

Kini beliau telah berpulang ke pada Allah,  esok Jumat, selepas Jumat kabarnya akan dimakamkan. Tetapi ilmu yang beliau tinggalkan dan kenangan hidup yang beliau jalani takkan dapat kami lupakan, akan hidup sepanjang zaman, meski jasad beliau terkubur berkalang tanah.

Alim ulama mati dan semua kita pun akan mati, namun ilmu mereka kekal abadi, nama mereka harum semerbak melintas zaman demi zaman. 

Selamat jalan Ustadz kami, kau telah berjumpa dengan Rabbmu, semoga Allah mengangkat derajatmu, menghapuskan dosa-dosamu, melapangkan alam kuburmu. Inna lillahi wa inna ilahi rajiun. Semoga Allah mengumpulkan dirimu dan kita murid-muridmu kelak di hari akhirat bersama rombongan para Nabi, Shiddiqin.Syuhada dan Sholihin.

Batam, 05 Muharram 1446/ 11 Juli 2024

Abu Fairuz Ahmad Ridwan My.

Tidak ada komentar: