Pepatah Arab : Beri Makan Anjing selama 3 hari

Nasehat dari pepatah Arab

Berilah makan seekor anjing selama 3 hari maka dia akan selalu ingat anda selama 3 tahun. Dan berilah manusia makan selama 3 tahun maka dia akan segera melupakan anda dalam 3 hari saja

Beri Makan Anjing selama 3 hari

Dari pepatah ini, kita dapat pelajaran berharga

1. Manusia itu punya sifat lupa yg lumrah namun sifat lupa bisa tercela dikarenakan tak tahu balas Budi kepada orang yg pernah berbuat baik kepadanya.

2. Ikhlaslah berbuat baik tanpa mengharapkan pujian makhluk.

3. Manusia yg telah berbuat kepada kita maka lebih berhak kita dahulukan untuk dibalas kebaikan nya diantaranya dengan cara mendoakan kebaikan untuknya.

4. Orang yang tidak pandai bersyukur kepada manusia maka pada hakikatnya dia tidak bersyukur kepada Allah.

5. Berilah pertolongan kepada  yang membutuhkan tanpa pandang status sosial dll

6. Berbuat baiklah kepada Makhluk Allah dengan tidak menjadikan tujuan utama mencari ridho makhluk. yakinlah, bahwa Allah arrahman sebaik-baik pemberi balasan.

7. Manusia saja yg telah berbuat baik kepada kita haruslah kita berterima kasih kepada nya apalagi kepada Allah arrazzoq yg telah banyak memberikan nikmat kepada kita sejak dari kandungan ibu hingga saat ini. Bentuk rasa syukur kita kepada Allah adalah diantara nya perbanyak zikir tahmid, tahlil, tasbih, berbagi rezeki kepada orang yg membutuhkan, mengerjakan kewajiban sebagai hamba Allah dan meninggalkan larangan-nya, menghidupkan Sunnah nabi dll.

Demikian. Kalau ada koreksi atau tambahan. wapri aja

Diterjemahkan dan dikembangkan oleh Atri Yuanda Elpariamany

Tidak ada komentar: