Dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab

Dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab

Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah menulis kitab-kitab dalam bidang tauhid dan aqidah yang menunjukkan besarnya perhatian beliau dalam masalah ini. Diantara yang beliau tulis adalah risalah Tsalatsatul Ushul (tiga landasan pokok).

Di dalam Tsalatsatul Ushul beliau menjelaskan tentang kewajiban untuk berilmu, beramal, berdakwah, dan sabar. Beliau juga menjelaskan bahwa ilmu yang wajib dipelajari itu adalah mengenal Allah, mengenal nabi-Nya, dan mengenal agama Islam dengan dalil. Beliau juga membawakan dalilnya yaitu firman Allah dalam surat al-‘Ashr.

Beliau juga membawakan komentar Imam Syafi’i rahimahullah yang menunjukkan keagungan kandungan surat ini. Beliau juga menukil perkataan Imam Bukhari rahimahullah yang menjelaskan pentingnya ilmu sebelum berkata dan beramal.

Setelah itu beliau menjelaskan tentang kewajiban setiap muslim dan muslimah untuk tunduk kepada rasul dan barangsiapa yang taat kepadanya maka dia akan masuk surga. Beliau juga menjelaskan tentang kewajiban menujukan ibadah kepada Allah semata dan menjauhi syirik. Beliau juga menerangkan tentang wajibnya menjunjung tinggi kecintaan kepada Allah di atas kecintaan kepada segala sesuatu oleh sebab itu setiap muslim cinta dan bencinya mengikuti kehendak Allah.

Beliau juga menjelaskan tentang hakikat ajaran Nabi Ibrahim ‘alaihis salam yaitu beribadah kepada Allah dengan mengikhlaskan amal untuk-Nya dan menjauhi syirik. Ajaran itu adalah berisi perintah beribadah kepada Allah yang menjadi tujuan penciptaan jin dan manusia. Beliau juga menjelaskan bahwa hakikat ibadah adalah dengan bertauhid. Tauhid inilah perintah yang paling agung sedangkan syirik adalah perkara yang paling dilarang oleh Allah.

Setelah itu beliau menjelaskan tentang pokok yang pertama dari Tsalatsatul Ushul yaitu mengenal Allah. Yang dimaksud mengenal Allah bukan sekedar meyakini keesaan Allah dalam hal penciptaan dan pengaturan alam semesta. Akan tetapi lebih daripada itu mengenal Allah ialah dengan mengikhlaskan ibadah untuk Allah semata. Oleh sebab itu beliau pun menjelaskan berbagai macam ibadah dan dalil-dalilnya dari al-Qur’an dan as-Sunnah. Beliau pun menegaskan bahwa semua bentuk ibadah hanya boleh ditujukan kepada Allah. Barangsiapa menujukan ibadah kepada selain Allah maka dia terjerumus dalam syirik dan kekafiran.

Setelah memaparkan dalil-dalil ibadah beliau pun beralih menerangkan pokok yang kedua yaitu mengenal agama Islam dengan dalil. Beliau menjelaskan bahwa hakikat Islam adalah sikap pasrah kepada Allah dengan bertauhid, tunduk kepada-Nya dengan penuh ketaatan, dan berlepas diri dari syirik dan para pelakunya. Islam terdiri dari tiga tingkatan; islam, iman, dan ihsan.

Kemudian beliau menjelaskan rukun islam beserta dalilnya. Beliau juga menjelaskan makna dari kalimat laa ilaha illallah yaitu tiada yang berhak disembah selain Allah. Beliau juga membawakan dalil yang berisi tafsir dari kalimat tauhid. Beliau menjelaskan makna syahadat bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Maknanya adalah menaati apa yang beliau perintahkan, membenarkan apa yang beliau kabarkan, menjauhi apa yang beliau larang, dan tidak beribadah kepada Allah kecuali dengan ajaran yang beliau syari’atkan.

Beliau menjelaskan tentang cakupan iman dan rukun-rukun iman. Beliau juga membawakan dalil rukun iman dari ayat-ayat al-Qur’an. Setelah itu beliau menjelaskan hakikat ihsan beserta dalil-dalilnya dari ayat-ayat al-Qur’an. Beliau juga membawakan dalil mengenai islam, iman, dan ihsan dari hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Beliau masuk pada pokok yang ketiga yaitu mengenal Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Di dalamnya beliau menjelaskan tentang nasabnya secara ringkas, umurnya, masa sebelum diangkat sebagai nabi dan lama beliau berdakwah di Mekah lalu berpindah ke Madinah. Beliau juga menjelaskan misi dakwah nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu untuk memperingatkan umat dari bahaya syirik dan mengajak mereka kepada tauhid.

Selama sepuluh tahun Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdakwah kepada tauhid kemudian beliau diangkat ke langit dan diwajibkan sholat lima waktu. Setelah itu beliau menjalankan kewajiban sholat ini selama tiga tahun lalu berhijrah ke Madinah. Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah menjelaskan bahwa hijrah adalah wajib bagi kaum muslimin yaitu meninggalkan negeri syirik menuju negeri Islam. Kewajiban ini tetap berlaku hingga tegaknya hari kiamat. Beliau pun membawakan dalil wajibnya hijrah dari al-Qur’an dan as-Sunnah.

Setelah itu beliau menjelaskan dakwah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika di Madinah. Beliau menyampaikan syari’at-syari’at Islam selama sepuluh tahun lamanya dan setelah itu beliau pun wafat dalam keadaan telah menjalankan tugasnya dengan baik. Tidak ada kebaikan kecuali telah beliau tunjukkan kepada umat, dan tidak ada keburukan kecuali telah beliau peringatkan umat darinya. Kebaikan yang beliau tunjukkan itu adalah tauhid dan segala hal yang dicintai dan diridhai Allah. Adapun keburukan itu adalah syirik dan segala hal yang dibenci oleh Allah.

Beliau juga menjelaskan wajibnya taat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bagi semua bangsa jin dan manusia. Beliau juga menjelaskan tentang kesempurnaan agama Islam yang dibawa oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Setelah itu beliau membawakan dalil tentang kematian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan bahwasanya manusia akan dibangkitkan dari kuburnya. Setelah dibangkitkan maka mereka akan dihisab dan dibalas dengan amalnya.

Beliau juga menjelaskan wajibnya mengimani hari kebangkitan. Barangsiapa yang mengingkari atau mendustakan adanya hari kebangkitan maka dia kafir. Beliau pun membawakan dalilnya dari ayat al-Qur’an. Setelah itu beliau menjelaskan tugas para rasul yang memberikan kabar gembira dan peringatan kepada umat manusia. Dengan diutusnya para rasul itulah tegak hujjah Allah kepada umat manusia. Beliau pun menyebutkan rasul yang pertama dan yang terakhir.

Beliau pun menegaskan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah rasul yang terakhir dan penutup para nabi. Beliau pun membawakan dalil dari al-Qur’an bahwa rasul yang pertama adalah Nabi Nuh ‘alaihis salam. Beliau pun menegaskan bahwa setiap umat telah diutus kepada mereka rasul yang memerintahkan mereka untuk beribadah kepada Allah semata dan melarang mereka dari syirik kepada-Nya. Beliau pun menyebutkan dalilnya dari al-Qur’an.

Beliau menjelaskan wajibnya segenap hamba untuk beriman kepada Allah dan mengingkari segala sesembahan selain Allah atau thaghut. Kemudian beliau menukil perkataan Imam Ibnul Qayyim rahimahullah yang menyebutkan makna dan hakikat thaghut. Beliau pun menyebutkan dalil wajibnya mengingkari thaghut dari ayat al-Qur’an. Beliau pun menegaskan bahwa kufur kepada thaghut dan beriman kepada Allah ini merupakan kandungan dari laa ilaha illallah.

Pada akhir risalah Tsalatsatul Ushul ini beliau membawakan hadits yang menjelaskan bahwa pokok segala urusan adalah Islam yaitu tauhid, tiangnya adalah sholat, dan puncaknya adalah jihad di jalan Allah. Kemudian beliau menutup risalahnya dengan mengembalikan ilmu kepada Allah dan bersalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, keluarga dan para sahabatnya.

Dari gambaran sekilas tentang isi risalah Tsalatsatul Ushul ini kita bisa mengetahui betapa besar faidah dan manfaat dari dakwah yang disampaikan oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah. Hal itu tidak lain karena apa yang beliau sampaikan adalah kebenaran yang bersumber dari al-Qur’an dan as-Sunnah serta yang diajarkan oleh para ulama umat ini semacam Imam Syafi’i, Imam Bukhari, Imam Ibnul Qayyim dan yang lainnya. Beliau bukanlah penyeru madzhab kelima atau aliran Wahabi sebagaimana yang dituduhkan oleh sebagian orang. Beliau juga tidak membuat-buat ajaran baru, bahkan beliau mengajak kita untuk kembali kepada Islam yang murni yang dibawa oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sebagian orang menuduh bahwa kitab-kitab beliau mengajarkan tentang kekerasan dan bibit-bibit pemahaman terorisme. Maka ini adalah kedustaan dan propaganda dari musuh-musuh dakwah Islam. Silahkan anda membaca kitab-kitab beliau yang membahas masalah tauhid dan aqidah maka akan anda dapatkan di dalamnya ayat-ayat al-Qur’an, hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, perkataan para sahabat, tabi’in dan para ulama umat ini. Silahkan membaca Kitab Tauhid, al-Qawa’id al-Arba’, Ushulus Sittah, Fadhlul Islam, dan lain-lain.

Banyak ulama yang telah menjelaskan hakikat dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah ini yang penuh dengan keberkahan. Mereka menukil perkataan-perkataan dari Syaikh yang menunjukkan aqidah dan manhaj yang beliau tempuh dalam beragama. Mereka juga membuktikan bahwa tuduhan-tuduhan yang dilemparkan kepadanya adalah dusta belaka.

Bahkan Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah sendiri telah membantah tuduhan-tuduhan mereka yang dialamatkan kepada beliau semasa beliau hidup. Sebagaimana dalam risalah yang beliau tulis kepada penduduk Qasim. Kemudian risalah ini dijelaskan/disyarah oleh Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan hafizhahullah dan diterbitkan dengan judul ‘Syarh Aqidah al-Imam al-Mujaddid Muhammad ibn Abdul Wahhab’.

Prof. Dr. Nashir bin Abdul Karim al-‘Aql hafizhahullah telah menyusun sebuah kitab yang mengupas hakikat dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah ini dengan judul ‘Islamiyah Laa Wahhabiyah’ (Ajaran Islam, Bukan Wahabi). Kitab ini diterbitkan oleh Kementrian Urusan Islam, Wakaf, Dakwah dan Bimbingan Keagamaan Kerajaan Saudi Arabia.

Prof. Dr. Muhammad bin Abdullah as-Salman hafizhahullah telah menyusun sebuah kitab yang membahas dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah. Kitab ini berjudul ‘Da’watu Syaikh Muhammad ibn Abdil Wahhab wa Atsaruhu fil ‘Aalam al-Islami’ (Dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab dan Pengaruhnya dalam Dunia Islam).

Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu rahimahullah pun menyusun sebuah buku ringkas yang mengupas hakikat dakwah ini. Kitab itu berjudul ‘Da’watu Syaikh Muhammad ibn Abdil Wahhab, Bainal Mu’aaridhin wal Munshifin wal Mu’ayyidin’ (Dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab antara Kaum Yang Menentang, Yang Objektif, dan Yang Mendukung).

Syaikh Abdul Muhsin al-‘Abbad hafizhahullah telah membahas manhaj Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah dalam menulis karya-karyanya. Pembahasan ini telah diterbitkan dengan judul ‘Manhaj Syaikhil Islam Muhammad ibn Abdil Wahhab fit Ta’lif’. Kitab ini bisa dibaca dalam kumpulan karya Syaikh Abdul Muhsin (lihat Kutub wa Rasa’il Abdil Muhsin, 5/37-61)

Dr. Muhammad bin Sa’ad asy-Syuwai’ir hafizhahullah telah menulis sebuah buku yang mengoreksi kekeliruan seputar sejarah yang membahas tentang Wahhabiyah. Buku itu berjudul ‘Tas-hih Khatha’ Tarikhi Haulal Wahhabiyah’ (Koreksi Kesalahan Sejarah Seputar Wahhabiyah). Kitab ini diterbitkan oleh Universitas Islam Madinah Kerajaan Saudi Arabia.

Silahkan anda membaca kitab-kitab tersebut untuk mendapatkan tambahan faidah dan keterangan.

Penyusun : Redaksi al-mubarok.com

Tidak ada komentar: