Nasehat kepada Hamba Dunia yang selalu menyalahkan penguasa

Seorang khawarij mendatangi Imam Hasan al Basri. Sang khawarij bertanya : "Apa pendapatmu tentang mereka yg menentang penguasa?"

Al Basri menjawab: "Mereka adalah kaum yg mengejar kemegahan duniawi".

Orang itu menimpali: "Apa yg membuatmu berpendapat seperti itu? padahal kami meninggalkan keluarga dan anak-anak kami, menghunuskan senjata demi memerangi kezaliman".

Al Basri menjawab: "Katakan pendapatmu tentang penguasa, apakah ia menghalangimu sholat, melarangmu membayar zakat dan menunaikan haji?".

Orang itu menjawab:"Tidak".

Al Basri berkata: "Yang kulihat sesungguhnya adalah penguasa itu menghalangimu memperoleh kesenangan duniawi, dan engkau memeranginya agar kau dapat meraihnya"

(Kitab Al Basa'ir wal Dhaka'ir )

harga BBM mahal

Ini saya peroleh dari sebuah WAG dan saya tidak bisa menahan tertawa membaca jawaban Al Basri ini.

What a genius...! :D

Repost Satria Dharma.
====

Dan hari ini kita melihatnya nyata didepan mata. Banyak orang menentang, membenci dan selalu menyalahkan Penguasa , disebutnya dzalim hanya dengan alasan duniawi harga BBM mahal, Dollar Naik, Listrik mahal dsb...
Info Penting:
dengan klik share, anda telah membantu admin terus semangat update artikel dan jika Terdapat kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki.

No comments: