Kisah 'mas Tantri' berhaji dengan fasilitas VIP


Kisah 'mas Tantri' (suaminya mba Tantri šŸ˜) ketika haji sangat menarik. Membuka wawasan saya bahwa sekalipun berhaji dengan fasilitas VIP, bukan berarti segala-galanya nyaman. Kecuali kmu raja arab, jangan berekspektasi tinggi deh.

Eh. Raja arab sekalipun kalo musim haji ya gak bisa seenaknya lho. Konon peristiwa tragedi Mina 2015 terjadi karena salah satu jalur di Jamarot ditutup oleh petugas untuk akses anggota kerajaan yg hendak berhaji. Penutupan ini membuat jamaah yg selesai lempar jumroh bingung mencari jalan keluar. Akhirnya mereka balik ke jalan masuk. Kebayang kan terowongan yang harusnya satu arah tiba-tiba kedatangan arus balik. Alhasil banyak yang tewas terinjak-injak.

Oke balik lagi ke cerita haji mas Arda, suaminya mba Tantri.

Wukuf di Arafah dijalani dengan baik. Lalu mereka menuju Muzdalifah menggunakan bis. Skema murur (bisnya berhenti sejenak atau jalan pelan-pelan pas di Muzdalifah, jamaah gak turun untuk mabit) dipilih dg berbagai pertimbangan. Setelahnya, bis bergerak menuju tenda Mina.

Mereka tiba di Mina jam 1 dini hari. Namun bisnya gak bisa berhenti tepat di depan tenda krn sdh dilakukan penutupan jalan untuk persiapan lempar jumroh aqobah. Meski 'tinggal nyebrang juga udah nyampe', toh nyatanya mereka kudu muter karena akses yg tinggal nyebrang itu ditutup.

Jalan jauuuh banget. Akhirnya jam 4 subuh baru nyampe tenda. Tiga jam gaes jalan ke tempat yang harusnya 10 menit juga nyampe šŸ˜± Itupun ternyata pas nyampe tenda, tendanya kosong. Rupanya rekan-rekan lain belum pada nyampe. Padahal turun dari bis nya barengan lho ini. Ada yang nyasar, ada yang bolak-balik istirahat karena capek, dan gak tau juga knp ada yang baru nyampe di tenda jam 11 siang...

Mereka menempati tenda di maktab 111. Ini tenda VIP. Jarak dari maktab ke jamarot (untuk lempar jumroh) cuma 600 meter. Enak ya. Iya. Berangkatnya deket. Tapi pas pulangnya kudu muter, gak ada jalan langsung ke tenda.

Nah, pas mau balik ke tenda inilah mas Arda mules. Muleees banget gak bisa ditahan. Badan rasanya udah gak karuan. Jarak tenda mereka masih jauh. Akhirnya mas Arda nekat masuk maktab terdekat, entah maktab negara mana, maktab siapa, pokoknya gimana caranya nyari toilet.

Ketemu toilet, tapi gak bisa langsung buang hajat. Antri gaes. Satu WC diantri 8 orang.

Mas Arda mencoba nego dengan yg lagi antri. "Maaf apa boleh saya duluan? Udah gak tahan. Minta waktu 2 meniiiit aja."

"Enak aja. Saya juga sakit perut, Mas," tolak si Bapak.

"Oh. Yaudah kalo tdk diijinkan," katanya, pasrah.

Tiba-tiba dia dipanggil dan didorong ke WC sebelah. Trus si mas-nya ngomong gini: "Pake antrian saya aja nih. Sy gak buru-buru."

Seneng? Pastinya. Tapi mas Arda tdk lantas nyamber tawaran tersebut. Dia ijin lagi sama orang-orang yg ada di belakang antrian si mas, boleh gak kalo dia duluan. Alhamdulillah satu line pada ngijinin. Baru deh dia cus masuk WC.

Bagi saya, kisah tersebut bener-bener mind blowing. Kenapa? Karena saya pikir kalo udah haji dengan fasilitas VIP tuh ya nyaman, lokasi deket, gak pake antri toilet. Ternyata...

Pada akhirnya ya balik lagi: bukan harta yang menjamin kelancaran ibadah kita, tapi tanaman-tanaman kebaikan dan kepasrahan pada ridho-Nya.

Tabur banyak-banyak tanaman kebaikan, supaya kelak saat haji bisa kita tuai.
Tetap mengusahakan yang terbaik semampu kita, sekaligus bersiap menerima apapun yg Allah suguhkan ke kita.

Bismillah.
Yang tahun depan mau haji, persiapkan fisiknya. Latihan jalan kaki.
Persiapkan juga mulutnya. Latihan ngomong yang baik-baik, latihan baca doa banyak-banyak.
Persiapkan hatinya. Latihan sabar dan maafin orang.
Ada baiknya juga belajar percakapan bahasa arab dikit-dikit.

Yang berangkat pake haji reguler, alhamdulillah.
Yg berangkat pake haji plus, alhamdulillah.
Yg berangkat pake haji furoda/mujamalah, alhamdulillah.
Semua disyukuri. Maka barang siapa bersyukur, Allah akan menambah nikmatnya.

Pic nyomot di instagram.

Tidak ada komentar: