IBX5A47BA52847EF saya sudah berhijab syar'i tapi ibu saya tidak suka, bagaimana sikap saya?

saya sudah berhijab syar'i tapi ibu saya tidak suka, bagaimana sikap saya?

PERTANYAAN:

Saya seorang muslimah, alhamdulillah, saya melakukan setiap yang diridhai Allah dan konsisten mengenakan hijab syar’i sesuai kemampuan saya. Tapi ibu saya-semoga Allah memaafkannya- tidak menghendaki saya mengenakan hijab dan menyuruh saya mengenakan jilbab yang biasa dan menyuruh saya nonton film atau bioskop dan video.. beliau juga mengatakan, “jika kamu bersenang-senang, kamu akan segera tua dan beruban.”
saya sudah berhijab syar'i tapi ibu saya tidak suka

JAWABAN :

Hendaknya anda bersikap lembut terhadap ibu anda, berbuat baik kepadanya dan berbicara dengan yang lebih baik kepadanya dan berbicara dengan yang lebih baik, karena hak seorang ibu sangat agung, namun demikian anda tidak boleh mematuhinya pada selain yang ma’ruf, karena hal ini berdasarkan hadits yang artinya “sesungguhnya ketaatan itu pada makruf”[1] “tidak boleh menaati makhluk dengan bermaksiat terhadap Allah[2] “.

Begitu pula sikap terhadap ayah, suami dan sebagainya, tidak boleh mematuhi mereka dalam kemaksiatan kepada Allah , demikian berdasarkan hadits-hadits tadi. Kendati demikian, seorang istri atau anak, tetap menempuh cara yang baik dalam mengatasi problema-problema tersebut, yaitu dengan menjelaskan dalil-dalil syar’inya, keharusan menaati Allah dan rasulNYA. Tidak ada salahnya meyaksikan acara televisi atau video yang tidak mengandung kemungkaran, mendengarkan seminar-seminar ilmiah dan kajian-kajian yang bermanfaat, dengan tetap waspada sehingga tidak menyaksikan acara-acara yang menampilkan kemungkaran, juga tidak boleh menonton dibioskop serta kebatilan-kebatilan lainnya.

Sumber: Majmu’ Fatawa wa Maqalat Mutawwi’ah, juz 5, hal. 358, syaikh bin baz.

footnote
[1] HR.Bukhari dan muslim
[2] HR,Ahmad no.1098

ditulis oleh ahmadireza mahasiswa STAI Assunnah tanjung morawa sumut
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki