Akhi Muslim muslimah, TUTUP LAH MAKANAN DAN MINUMAN MU

Shahih Fiqih: TIBA-2 SAKIT TANPA SEBAB

🔴 Saudaraku pernahkah engkau temui berita ttg keracunan masal? Pdhl malam hari makanan baru dimasak segar dan bersih dgn porsi besar untuk dihidangkan pada acara pagi harinya..

🔴 Pernahkah pula engkau mendengar seorang yg sehat dan bugar yg sangat jarang sekali sakit, tiba-2 mendadak sakit parah? Dan itu diketahui tatkala setelah cek lab medis, bahkan terkadang ada yg tdk terdeteksi secara medis..
makanan ditutup

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam telah sampaikan suatu hadits pada kita..

فَإِنَّ فِي السَّنَةِ لَيْلَة يَنـْزِلُ فِيْهَا وَبَاءٌ لاَ يَمُرُّ بِإِناَءٍ لَيْسَ عَلَيْهِ غِطَاءٌ أَوْ سِقَاءٍ لَيْسَ عَلَيْهِ وِكَاءٌ إِلاَّ نَزَلَ فَيْهِ مِنْ ذَلِكَ الْوَبَاءِ .
“Sesungguhnya dlm 1 tahun terdapat 1 malam yg turun pada malam itu wabah penyakit. Tidaklah wabah itu melewati bejana yg tdk ditutup atau wadah air yg tidak diikat, melainkan wabah itu akan turun padanya." (HR. Bukhari, 3/1195, 3106)

🔴 Bisa jadi itulah diantara sebabnya yaitu lupa/enggan menutup gelas minuman ataupun makanan kita di suatu malam (dimana bertepatan dgn turunnya wabah) tsb.. Oleh karenanya Nabi Shalallahu alaihi wasallam bersabda :

وَأَوْكُوا الْأَسْقِيَةَ وَخَمِّرُوا الطَّعَامَ وَالشَّرَابَ
“Tutuplah pintu-2 serta tutuplah bejana serta wadah-2 makan dan minum kalian." (HR. Bukhori 5624)

وَأَوْكُوا الْأَسْقِيَةَ وَخَمِّرُوا الطَّعَامَ وَالشَّرَابَ وَلَوْ أَنْ تَعْرُضُوا عَلَيْهِ بِعُودٍ
“Tutuplah bejana serta tempat makan dan minum, walaupun hanya engkau taruh sepotong kayu di atasnya." (HR. Ahmad 14597)

👤 Imam An-Nawawi rahimahullah berkata : "Perintah Nabi Shallallahu alaihi wasallam untuk menutup bejana ini bertujuan untuk memperoleh keselamatan dari gangguan setan. Allah Ta'ala menjadikan hal itu sebagai sebab terhindarnya seorang hamba dari gangguannya, krn setan tdk bisa membuka bejana, jika sebab yg disebutkan tadi (dgn menyebut nama Allah) dilakukan." (Syarah Shahih Muslim, 13/185)

Tutuplah makan dan minummu.. jika tak engkau jumpai satu tutup pun untuk menutup, maka tutuplah dengan ranting/pen/pensil dan sebutlah nama Allah saat menutupnya..

Semoga Allah menjaga kita dalam kebaikan dan kesehatan..

Insyaa Allah....bermanfaat

Tidak ada komentar: