IBX5A47BA52847EF Syeikh Sholeh Fauzan: Syirik terbagi menjadi 2 jenis

Syeikh Sholeh Fauzan: Syirik terbagi menjadi 2 jenis

Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan hafidzahullah menyebutkan tentang jenis-jenis kesyirikan dalam kitab beliau yang berjudul Kitabut Tauhid pada halaman 11-14, dan berikut ini adalah ringkasannya.

Syirik terbagi menjadi dua jenis: syirik besar dan syirik kecil.

Syirik besar bisa mengeluarkan pelakunya dari Islam dan menjadikannya kekal di dalam neraka bila belum bertaubat hingga meninggalnya. Makna syirik ini yaitu memalingkan ibadah kepada selain Allah, seperti berdoa kepada selain Allah, mendekatkan diri kepada Allah dengan cara menyembelih atau bernadzar kepada selain Allah, baik kepada jin, kuburan, maupun setan.

Syirik terbagi menjadi 2 jenis

Demikian juga takut kepada orang mati, jin atau setan disertai keyakinan bahwa mereka bisa memberikan manfaat dan bahaya atau sakit. Juga berharap kepada selain Allah pada sesuatu yang tidak mampu melaksanakannya kecuali Allah, seperti memenuhi hajat dan menghilangkan kesulitan, sebagaimana yang biasa dilakukan saat ini di sekitar kuburan para wali atau orang-orang shalih.

✅ Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَيَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ مَا لَا يَضُرُّهُمْ وَلَا يَنْفَعُهُمْ وَيَقُولُونَ هَؤُلَاءِ شُفَعَاؤُنَا عِنْدَ اللَّهِ
“Dan mereka menyembah selain daripada Allah apa yang tidak dapat mendatangkan kemudharatan kepada mereka dan tidak (pula) kemanfaatan, dan mereka berkata: "Mereka itu adalah pemberi syafa'at kepada kami di sisi Allah.” (QS. Yunus [10]: 18)

 Kemudian jenis kedua adalah syirik kecil yang tidak mengeluarkan pelakunya dari Islam, namun ia megurangi tauhid dan merupakan perantara menuju syirik besar. Syirik ini terbagi menjadi dua macam: yang nampak dan yang tersembunyi.

✏ Abu Ibrohim Ari bin Salimin
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu laptop core i7
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki

-->