IBX5A47BA52847EF Tahun 2019, Ganti Kwalitas Rakyat

Tahun 2019, Ganti Kwalitas Rakyat

Ikut sedikit nimbrung kalimat yg lagi viral di kaos, gelas dan lainnya "Tahun 2019, Ganti Presiden".

Sessttt.... Emangnya, kalau ganti presiden, sudah pasti lebih baik dari yang yang sekarang? Bagaimana sekiranya kalau ganti presiden tapi tambah lebih parah?

Saudaraku, semua rakyat pasti bermimpi dan berharap memiliki sosok pemimpin yang sukses, amanah, adil dan peduli terhadap agama dan negara.

Namun, bagaimanakah langkah untuk menggapainya?! Kapankah kita akan meraih dan mendapatkannya?! Jawabannya dapat kita temukan dalam Al-Qur’an sebagai berikut:

وَكَذَلِكَ نُوَلِّي بَعْضَ الظَّالِمِينَ بَعْضًا بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ
Dan demikianlah Kami jadikan sebahagian orang-orang yang zalim itu menjadi teman bagi sebahagian yang lain disebabkan apa yang mereka usahakan. (QS. Al-An’am: 129).
Tahun 2019, Ganti Kwalitas Rakyat

Dalam ayat yang mulia ini terdapat faedah bahwa “apabila hamba banyak melakukan kedzaliman dan dosa-dosa, Allah akan menjadikan bagi mereka para pemimpin dzalim yang mengajak kepada kejelekan. Sebaliknya, apabila mereka baik, shalih dan istiqomah dalam ketaatan, niscaya Allah akan mengangkat bagi mereka para pemimpin yang adil dan baik”. (Tafsir As Sa'di)

Tegasnya, metode mendapatkan pemimpin ideal kembali pada diri kita, karena pemimpin kita adalah potret keadaan kita, bukan dengan sibuk mencaci pemerintah, kudeta dan sebagainya, melainkan dengan bertaubat kepada Allah, memperbaiki aqidah, mendidik dan menanamkan Islam yang shahih pada diri kita serta keluarga masing-masing sebagai realisasi dari firman Allah:

إِنَّ اللهَ لاَيُغَيِّرُ مَابِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَابِأَنفُسِهِمْ
Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. (QS. Ar-Ra’ad: 11).

Hal ini seperti yang disinyalir oleh seorang tokoh aktivis dakwah modern dalam ucapannya:

أَقِيْمُوْا دَوْلَةَ الإِسْلاَمِ فِيْ قُلُوْبِكُمْ تَقُمْ لَكُمْ عَلَى أَرْضِكُمْ
Tegakkanlah daulah Islam di hati kalian, niscaya akan terwujud daulah Islam di atas bumi kalian.

Jadi, kalau ingin pemimpin idaman, ya mari kita berbenah sejak sekarang memperbaiki aqidah kita, ibadah kita dan akhlak kita, niscaya Allah akan kirimkan pemimpin kepada kita yg sesuai harapan kita insya Allah.

Namun jika kwalitas kita masih kayak tahun kemarin bahkan lebih parah, maka jangan terlalu banyak berharap deh kita akan punya pemimpin yg lebih baik, bisa2 mungkin malah lebih parah.

Ya Allah perbaikilah keadaan kami dan anugerahkan pemimpin yg baik kepada kami.

Ust. Abu Ubaidah Yusuf As Sidawi

republish from whatsapp group
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki

-->