IBX5A47BA52847EF Para pengasih akan dikasihi oleh Maha Pengasih

Para pengasih akan dikasihi oleh Maha Pengasih

الرَاحِمُونَ يَرْحَمهُمْ الرَحْمَن اِرْحَمُوا مَنْ فِي الأَرْض يَرْحَمُكُم مَنْ فِي السَّمَاءِ
“Para pengasih akan dikasihi oleh Maha Pengasih. (Maka,) kasihanilah orang-orang yang ada di bumi, maka kalian akan dikasihani oleh yang ada di langit.” (HR. Thobroni)

Para pengasih akan dikasihi oleh Maha Pengasih

Kandungan hadits

1. Orang yang memiliki rasa kasih sayang pada siapa saja yang ada di muka bumi, baik itu manusia atau hewan, dia akan disayang Allah, tuhan semesta alam. Oleh karena itu, pupuklah kasih sayangmu terhadap orang-orang yang ada di bumi. Maka malaikat akan menjaga dengan izin Allah Subhanahu wata'ala dan mendoakan.

2. Ketika malaikat menyayangi seseorang maka dia akan berdoa, memintakan rahmat dan ampunan kepada Allah subhanahu wa ta'ala untuk orang yang memiliki rasa kasih sayang.

3. Orang yang memiliki kasih sayang terhadap orang lain, pasti dia juga disayangi orang lain. Bukan hanya malaikat di langit, orang-orang yang ada di bumi pun juga akan menyayanig dia.

4. Sikapmu terhadap orang lain, menentukan sikap orang lain terhadapmu, oleh karena itu, koreksilah sikap kita pada orang lain, bukan sikap orang lain pada kita. Cermati, kenapa orang lain bersikap seperti ini pada kita? Apa mungkin karena sikap kita?

Firman Allah Subhanahu wata'ala yang berkaitan dengan tema hadits tersebut adalah

إن الله يقول يوم القيامة: أين المتحابون بجلالي اليوم أظلهم في ظلي يوم لا ظل إلا ظلي.
“Sesungguhnya Allah akan bertanya nanti pada hari Kiamat : “Dimanakah orang-orang yang saling mencintai karena keagungan-Ku? Pada hari ini Aku akan menaungi mereka di bawah naungan-Ku yang tiada yang tiada naungan kecuali naungan-Ku.” HR Ahmad V/229
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki

-->