Agar Memperoleh Ampunan Dan Pembebasan Dari Api Neraka Di Hari Arafah

Ibnu Rajab rahimahullah mengatakan, “Setiap orang yang sangat ingin memperoleh pembebasan dari api neraka dan ampunan dosa di hari Arafah, hendaknya memelihara sebab-sebab yang jika dilakukan besar harapannya dia akan memperoleh kedua hal tersebut. Di antara sebab-sebab tersebut itu adalah:

1. Berpuasa di hari Arafah. Dalam Shahih Muslim disebutkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ 
“Puasa hari Arafah saya berharap kepada Allah dapat menghapuskan (dosa) tahun sebelum dan tahun sesudahnya.” [HR. Muslim].

Puasa Arafah hukumnya sunnah (dianjurkan) bagi kaum muslimin yang tidak berhaji. Sedangkan jama’ah haji tidak perlu berpuasa Arafah agar kuat melakukan aktivitas ibadah do’a di padang Arafah.

Pembebasan Dari Api Neraka Di Hari Arafah

2. Menjaga anggota tubuh dari perbuatan haram di hari tersebut. Dalam Musnad Ahmad disebutkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ هَذَا يَوْمٌ مَنْ مَلَكَ فِيهِ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ وَلِسَانَهُ غُفِرَ لَهُ "
“Pada hari ini (hari Arafah) barangsiapa mampu mengendalikan pendengaran, penglihatan, dan lisannya, niscaya ia akan diampuni Allah.” [HR. Ahmad].

3. Memperbanyak ucapan syahadat tauhid (laa ilaha illallah) dengan ikhlas dan jujur. Syahadat tersebut adalah pokok dan pondasi agama Islam yang telah disempurnakan Allah ta’ala pada hari Arafah.

Dalam Musnad Ahmad, dari Abdullah bin Umar, beliau mengatakan, “Do’a yang sering diucapkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada hari Arafah adalah,

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمَلَكُ وَلَهُ الْحَمْدُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ 
"Tiada yang berhak diibadahi kecuali Allah semata, tiada serikat bagi­-Nya, untuk-Nyal-lah segala kekuasaan dan pujian, di tangan-Nyalah segala kebaikan, serta Dia Maha Mampu atas segala sesuatu". [HR. Ahmad].

Dan hendaklah tidak melakukan kemaksiatan dan dosa yang dapat menghalangi ampunan dan pembebasan dari api neraka." [Lathaif al-Ma'arif hlm. 283].

حتى تنال المغفرة والعتق من النار في يوم عرفة 

قال ابن رجب: من طمع في العتق من النار ومغفرة ذنوبه في يوم عرفة فليحافظ على الأسباب التى يرجى بها العتق والمغفرة،فمنها:

صيام ذلك اليوم، ففي صحيح مسلم أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: (صيام يوم عرفة أحتسب على الله أن يكفر السنة التي قبله والتي بعده)، [وهو سنة لغير الحاج، أما الحاج فلا يصوم ليتقوى على الدعاء]

ومنها: حفظ جوراحه عن المحرمات في ذاك اليوم، ففي مسند الإمام أحمد أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: (يوم عرفة هذا يوم من ملك فيه سمعه وبصره ولسانه غفر له)

ومنها: الإكثار من شهادة التوحيد بإخلاص وصدق، فإنها أصل دين الإسلام الذي أكمله الله تعالى في ذلك اليوم وأساسه

وفي المسند عن عبد الله بن عمر قال: كان أكثر دعاء النبي صلى الله عليه وسلم يوم عرفة: (لا إله إلا الله وحده لا شريك له له الملك وله الحمد بيده الخير وهو على كل شيء قدير)

وليحذر من الذنوب التي تمنع المغفرة فيه والعتق. (لطائف المعارف ص283) 

Tidak ada komentar: