IBX5A47BA52847EF Keutamaan 10 Hari Awal Bulan Dzulhijjah

Keutamaan 10 Hari Awal Bulan Dzulhijjah

Alhamdulillah segala puji hanya milik Allah semata yang telah mengutamakan 1 hari di atas hari hari yang lain.

Allah telah memilih 10 hari awal dzulhijjah hari yang paling mulia disetiap tahunnya dan insyaallah sebentar lagi kita akan memasuki 10 hari awal bulan Dzulhijjah ditahun 1439 H

- Rasulullah telah menyebutkan keutamaan dan keagungannya, Rasulullah bersabda:

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ يَعْنِي أَيَّامَ الْعَشْرِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ إِلَّا رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ
"Tidak ada hari, amal shalih padanya yang lebih Allah cintai daripada sepuluh hari (Dzul Hijjah)." Mereka berkata; wahai Rasulullah, tidak pula berjihad di jalan Allah? Beliau berkata: "Tidak pula berjihad di jalan Allah, kecuali seorang laki-laki yang keluar dengan jiwa dan hartanya kemudian tidak kembali membawa sesuatupun." (HR. Abu Dawud dll)

Wahai saudaraku, karena keagungannya Allah pun bersumpah di dalam kitab sucinya:

(وَلَيَالٍ عَشْرٍ)
Dan demi malam yang sepuluh. [Surat Al-Fajr 2]

- al Hafidz Ibnu Katsir menjelaskan bahwa maksud "Demi malam yang sepuluh" adalah: 10 hari awal bulan dzulhijjah.

- Mayoritas ulama menafsirkan ayat diatas dengan 10 hari awak bulan dzulhijjah, karena di dalamnya terdapat hari arafah dan idul adha hari yang paling dicintai Allah.

● Keagungannya ditambah di dalamnya terkumpul amalan rukun islam islam yang sangat agung, Ibadah tahunan seluruh kaum muslimin yaitu: Haji ke baitullah al haram.

- Ia merupakan Ibadah terbesar umat Nabi Muhammad, akan bertemu di dalamnya berbagai bangsa, berbagai suku di atas almamater yang satu: yaitu Al Islam.

Keutamaan 10 Hari Awal Bulan Dzulhijjah

- Semuanya memakai pakaian yang sama, tidak akan terbedakan antara yang kaya dan yang miskin, sehingga semuanya tunduk kepada Allah yang maha Agung.

● Wahai saudaraku, maka sepatutnya seorang muslim setelah mengetahui keagungannya untuk bersegera menuju dan memperbanyak amal shalih di 10 hari awal bulan dzulhijjah, yang mana Allah lebihkan dari pada hari hari yang lain.

● Amalan wajib (seperti shalat 5 waktu) di 10 hari awal dzulhijjah lebih mulia dan lebih berlipat pahalanya ketimbang amalan wajib yang dilakukan diselainnya.

- Begitu juga amalan sunnah yang dilakukan di dalamnya akan dilipat gandakan melebihi hari hari biasanya.

● Bahkan 10 hari awal bulan dzulhijjah lebih mulia ketimbang bulan ramadhan, hanya saja sedikit sekali yang mengetahuinya.

● Maka mari kita bersemangat beribadah di dalamnya seperti: shalat, puasa, membaca al Quran, bersedekah, berbakti kepada kedua orang tua, menjenguk orang sakit, melayat jenazah dll.

● Janganlah kita bermalas malasan dengan memperbanyak tidur, memegang hp, menonton tv dan kegiatan yang kurang bermanfaat, karena belum tentu kita dipertemukan kembali ditahun depan.

● Semoga Allah menjadikan kita termasuk hamba hambaNya yang mengetahui pentingnya waktu. Amin...
Oleh: Aris Saifuddin Ar Rifqany (Mahasiswa UIM KSA)
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki

-->