IBX5A47BA52847EF Pelaku Syirik yang jahil masih dianggap muslimkah ?

Pelaku Syirik yang jahil masih dianggap muslimkah ?

Pertanyaan: 

Benarkah kata sebagian ustadz bahwa syaikh Ibnul Utsaimin berpendapat kalau pelaku syirik yang jahil akan kesyirikannya maka masih dianggap muslim dan ditoleransi atas kejahilannya ?

Jawab : 

Setelah kita mengetahui banyak ulama mengutip ijma' bahwa pelaku syirik adalah musyrik dan tidak ditoleransi atas kejahilannya, maka kita bisa katakan bahwa tidak benar kalau syaikh Ibnul Utsaimin berpendapat demikian, bahkan dibeberapa kesempatan beliau menegaskan kalau pelaku syirik adalah musyrik dan yang menganggapnya masih muslim hanyalah orang yang jahil akan azas Islam. 

Pelaku Syirik yang jahil masih dianggap muslimkah ?

Lebih lengkap sudah ada kajian khusus seputar pendapat beliau yang sebenarnya dalam masalah ini yang ditulis oleh murid - murid beliau diantaranya Dr. Aiman Suud Al Angqari dan Dr. Abdullah Abdurrahman Al Jarbu' yang juga pernah menjabat ketua jurusan Akidah Universitas Islam Madinah, membuktikan bahwa beliau yakni syaikh Ibnul Utsaimin tidak menyelisihi ijma' atau kesepakatan ulama dalam perkara penting ini. 

Atas dasar itu maka isu - isu yang dilontarkan sebagian ustadz yang masih nganggap pelaku syirik sebagai saudara bahwa syaikh Ibnul Utsimin berpendapat seperti dipertanyaan diatas, hanyalah dusta atas nama syaikh dan sekedar mencari dalih untuk membenarkan bid'ah mereka, lebih buruk lagi berkonsekwensi menuduh syaikh Ibnul Utsaimin menyelisihi ijma', mereka ini layak masuk kategori orang yang divonis oleh syaikh sebagai orang jahil akan azas Islam. Wallahul musta'an.

join telegram Fawaid Aqidah Tauhid

Semoga bermanfaat..
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki