-->

Bus Jamaah Haji Iran, kenapa Saudi Putus Hubungan Diplomatik ?

bus jamaah haji iran

Bus di depan adalah armada yang mengangkut jamaah haji asal Iran. Sama seperti Indonesia, mereka menyediakan angkutan dari/ke hotel menuju Masjidil Haram. Hanyasaja jumlah armadanya sedikit.

Lokasi hotel tempat jamaah haji Iran ini di daerah Misfalah, dekat dengan zona jamaah haji Indonesia asal Jawa Barat (JKS).

Iran-Saudi saat ini tidak memiliki hubungan diplomatik. Entah, mereka ini masuk melalui negara mana.

Jamaah haji asal Iran dikenal tidak ramah, mungkin karena faktor ideologi yang berbeda dengan mayoritas jamaah haji yang ada.

Tragedi Mina tahun 2015 yang menyebabkan korban jiwa ribuan jamaah haji, diduga disebabkan oleh mereka. Menabrak dan mendorong jamaah haji dengan melawan arah.

Tim investigasi Saudi sendiri sudah berhasil mengungkap penyebab kejadian tersebut, tapi hasilnya tidak di share ke publik.

Usai kejadian itu, ditambah ambisi Iran ingin menguasai dan mensyiahkan Timur Tengah, Saudi memutus hubungan diplomatik dengan Iran. Puncaknya saat Kedutaan Saudi di Teheran di bakar dan dirusak oleh demonstran Syiah.

Iran yang beragama Syiah, mensuplai senjata dan logistik ke pemberontak Syiah Houthi Yaman, untuk menggulingkan pemerintah.

Saudi paham, jika Houthi dibiarkan, akan membahayakan Saudi sebagai negara tetangga dekatnya. Maka diberlakukan operasi "Ashifatul Hazm" yang berlangsung hingga sekarang.

Hingga kini, rudal-rudal Houthi masih terus ditembakkan menuju wilayah Saudi. Terakhir bulan lalu bandara Abha diserang.

Semoga rangkaian perjalanan ibadah haji pada tahun ini berjalan dengan lancar. Amin

Baca Juga
    ______________________________
    support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
    ______________________________
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    Tidak ada komentar: