-->

Referensi Kitab-Kitab Aqidah untuk penuntut ilmu pemula

Referensi Kitab-Kitab Aqidah

Mohon nasehatnya Ustadz kitab-kitab aqidah apa saja yang perlu dipelajari oleh para penuntut ilmu khususnya bagi pemula?

Jawab: Kitab-kitab aqidah yang dinasehatkan oleh para Ulama untuk dipelajari para penuntut ilmu antara lain sebagai berikut:

(1). Kitab "Tsalatsatul Ushul" karya Syaikhul Islam Muhammad bin Abdil Wahhab. Kitab ini berisi tentang penjelasan tauhid, tiga hal yang wajib diketahui oleh setiap muslim, dan prinsip al-wala' wal baro'. Kitab ini disyarh (diberi penjelasan) oleh para Ulama di antaranya Syaikh bin Baz, Syaikh Muhammad Aman Al-Jami, Syaikh Zaid Al-Madkholi.

(2). Kitab "Kasyfus Syubuhat" karya Syaikhul Islam Muhammad bin Abdil Wahhab. Kitab ini berisi tentang penetapan tauhid, penjelasan lawannya tauhid yaitu syirik, serta membantah syubuhat (kerancuan-kerancuan) yang dilontarkan ahlul batil dari kalangan penyembah kubur. Kitab ini disyarh oleh Syaikh bin Baz, Syaikh Muhammad bin Sholih Al-'Utsaimin, Syaikh Sholih Al-Fawzan dan para Ulama yang lainnya.

(3). Kitab "Al-Qowa'idul Arba'" karya Syaikhul Islam Muhammad bin Abdil Wahhab. Kitab ini berisi tentang empat kaidah penting dalam memahami esensi tauhid dan syirik, serta penjelasan kemusyrikan yang dilakukan oleh orang-orang di zaman ini yang jauh lebih parah. Kitab ini disyarh oleh Syaikh bin Baz, Syaikh Sholih Al-Fawzan, Syaikh Abdurrozzaq Al-Badr (audio).

(4). Kitab "Fat-hul Majid" karya Syaikh Abdurrohman bin Hasan Alu Syaikh. Kitab ini berisi penjelasan atas "Kitab Tauhid" karya Syaikhul Islam Muhammad bin Abdil Wahhab dengan penjelasan yang sangat luas dan argumentatif. Kitab ini diberi ta'liq (komentar) oleh Syaikh Muhammad Hamid Al-Faqi.

(5). Kitab "Al-'Aqidah Al-Wasithiyyah" karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah. Kitab ini ditulis atas permintaan seorang Qodhi (hakim) dari kota Wasith di Iraq. Kitab ini mengulas definisi Ahlussunnah wal Jamaah, tauhid al-asma' was shifat, Al-Qur'an kalamullah bukan makhluk, iman, qodho dan qodar, kedudukan para Shohabat, syafaat, kiamat dan segala sesuatu yang berkaitan dengan aqidah Ahlussunnah. Kitab ini banyak disyarh oleh para Ulama.

(6). Kitab "Al-Aqidah Ath-Thohawiyyah" karya Abu Ja'far Ath-Thohawi. Kitab ini merangkum pokok-pokok aqidah Ahlussunnah wal Jamaah. Syarhnya yang populer ditulis oleh Al-Imam Ibnu Abil 'Izz Al-Hanafi dan sudah ditahdzib, ditakhrij, dita'liq oleh Syaikh Abdul Akhir Hammad Al-Ghunaimi.

(7). Kitab "Aqidatussalafi Ash-habil Hadits" karya Al-Imam Ash-Shobuni Asy-Syafii. Kitab ini juga merangkum pokok-pokok aqidah Ahlussunnah wal Jamaah, disyarh oleh Syaikh Robi' bin Hadi Al-Madkholi.

(8). Kitab "Syarhussunnah" karya Al-Imam Al-Muzani (murid Al-Imam Asy-Syafii) disyarh oleh Syaikh Abdul Aziz Ar-Rojihi. Juga "Syarhussunnah" karya Al-Imam Al-Barbahari disyarh oleh Syaikh Ahmad An-Najmi dan Syaikh Sholih Al-Fawzan.

(9). Kitab "Syarh Ushul I'tiqod Ahlissunnah" karya Al-Imam Al-Lalaka'i yang ditahqiq oleh Syaikh Ahmad bin Sa'd Al-Ghomidi.

(10). Kitab "Ushulussunnah" karya Al-Imam Ahmad yang disyarh oleh Syaikh Robi' bin Hadi Al-Madkholi.

Insyaallah melalui kitab-kitab tersebut para tholabatul ilmi akan mengenal lebih dekat aqidah Nabi shollallahu 'alaihi wasallam dan para shohabat secara pasti dan meyakinkan, mampu membedakan al-haq dari al-batil, menguatkan manhaj dan keimanan utamanya di masa fitnah seperti sekarang. Karena kedudukan aqidah laksana pondasi bagi sebuah bangunan.

Artikel Manhajul Haq | https://t.me/MuliaDenganSunnah
Baca Juga
    ______________________________
    support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
    ______________________________
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    Tidak ada komentar: