-->

Satu Golongan Dari Bani Israil Yang Diubah Menjadi Tikus

Diubah Menjadi Tikus

Rasulullah ﷺ bersabda,

فُقِدَتْ أُمَّةٌ مِنْ بَنِى إِسْرائِيْلَ لَا يُدْرَى مَافَعَلَتْ، وَإِنِّى لَأَرَاهَا إِلَّا الْفَأْرَ، أَلَا تَرَوْنَهَا إِذَا وُضِعَ لَهَا أَلْبَانُ الْإِبِلِ لَمْ تَشْرَبْ، وَإِذَا وُضِعَ لَهَا أَلْبَانُ الشَّاةِ شُرِبَتْ.
Telah dihilangkan satu golongan dari Bani Israil yang tidak diketahui apa yang mereka kerjakan, dan sesungguhnya aku tidak menyangkanya selain tikus, tidakkah kalian lihat, apabila diletakkan untuk mereka susu unta maka mereka tidak meminumnya dan apabila diletakkan untuk mereka susu kambing maka mereka meminumnya. (HR. Muslim no. 5315)

Penjelasan:

Ada satu umat Bani Israil yang hilang tanpa diketahui apa yang terjadi, Nabi ﷺ menyangkanya mereka di ubah wujudnya menjadi tikus, sebagai tandanya jika didekatkan susu unta kepada mereka maka mereka tidak mau meminumnya karena bagi mereka susu unta dan daging unta diharamkan, dan apabila diletakkan untuk mereka susu kambing maka mereka akan meminumnya karena susu kambing dan dagingnya dihalalkan bagi mereka. 

Dengan dalil ini jelas bahwa yang di ubah hanya wujudnya saja, dari manusia menjadi tikus tetapi tentang apa yang diharamkan bagi mereka maka tidak berubah. Hadits ini dikatakan Nabi ﷺ sebelum turunnya wahyu tentang perubahan bentuk ("kutukan"), setelah turunnya wahyu bahwa umat-umat yang di ubah wujudnya tidak mempunyai keturunan maka jadi jelaslah bahwa tikus-tikus yang ada sekarang bukanlah keturunan Bani Israil yang di ubah bentuknya menjadi tikus. Dan diharamkannya tikus bukan karena terkait hal tersebut, tetapi semata-mata karena Nabi jijik dan tikus termasuk hewan fasiq.

Editor: Akhukum Fillah Nurhadi
Sumber: Imam Suyuthi. 2016. Jami’us Shaghir fi Ahadits al-Basyir an-Nadzir. Kairo: Darul Hadits. hlm.405. hadits nomor 05894
__________________________________
Mau dapat tambahan ilmu agama? Gabung Yuk:
▪WhatsApp: https://chat.whatsapp.com/0AiufQZjXZ22EFcADNieEj
▪Telegram: https://t.me/infoislammengaji
Baca Juga
    ______________________________
    support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
    ______________________________
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    Tidak ada komentar: