Islam Menganjurkan Kita dan anak tetap sehat

Islam Menganjurkan Kita dan anak tetap sehat

Semua orang pasti ingin sehat. Buktinya, ketika mereka sakit segera berobat. Islam menganjurkan kita dan anak kita agar tetap sehat dan bila sakit hendaknya berobat, karena badan yang sehat adalah penunjang keberhasilan ibadah serta urusan dunianya.

Anak pun juga demikian, perlu dijaga kesehatan badannya. Apalagi masih kecil, sering sakit, karena badan dan pikirannya masih lemah, sehingga perlu bantuan orang tua bagaimana agar anak tetap sehat.

Menjaga kesehatan lebih utama daripada minum obat. Pada umumnya penyakit muncul karena ada yang menyebabkannya. Karena itulah Islam menganjurkan kita agar senantiasa menjaga kesehatan, sehingga kita selalu menjadi seorang yang sehat dan kuat. Karena dengan itulah kita dapat melaksanakan ibadah. Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

الْمُؤْمِنُ الْقَوِيُّ خَيْرٌ وَأَحَبُّ إِلَى اللهِ مِنْ الْمُؤْمِنِ الضَّعِيفِ وَفِي كُلٍّ خَيْرٌ
“Orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada orang mukmin yang lemah. Masing-masing memang terdapat kebaikan.” (HR. Muslim: 1849)

Bagaimana agar badan anak tetap sehat? Berdoalah kepada Allah Azza wajalla. Karena tidak kita ragukan bahwa hanya Allah yang membuat sehat dan sakit badan kita dan anak kita. Maka dari itu kita memohon kepada Allah setiap pagi dan petang agar badan kita dan anak kita tetap sehat. Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam menganjurkan kita supaya berdoa:

اَللَّهُمَّ عَافِنِيْ فِيْ بَدَنِيْ، اَللَّهُمَّ عَافِنِيْ فِيْ سَمْعِيْ، اَللَّهُمَّ عَافِنِيْ فِيْ بَصَرِيْ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ.
“Ya Allah, selamatkan tubuhku (dari penyakit dan yang tidak aku inginkan). Ya Allah, selamatkan pendengaranku (dari penyakit dan maksiat atau sesuatu yang tidak aku inginkan). Ya Allah, selamatkan penglihatanku, tiada Rabb (yang berhak disembah) kecuali Engkau.” (HR. Abu Dawud: 2/754, dihasankan oleh al-Albani)

Segera berobat bila anak sakit dan dicari sebabnya. Apakah karena anak tidak tahan kipas angin, atau karena makanan yang tidak cocok sehingga alergi atau muntah dan berak atau yang lainnya. Ibu dan bapak in syaa Allah bisa mengkaji peristiwa ini dengan memantau anak-anak setiap hari. Jika demikian keadaannya, hendaknya penyebab tersebut dijauhi agar anak tetap sehat. Jika anak terlanjur sakit, hendaknya orang tua segera mencari obat. Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

تَدَاوَوْا عِبَادَ اللهِ فَإِنَّ اللهَ سُبْحَانَهُ لَمْ يَضَعْ دَاءً إِلاَّ وَضَعَ مَعَهُ شِفَاءً إِلاَّ الْهَرَمَ 
“Wahai hamba Allah, berobatlah! Sesungguhnya Allah Ta’ala tidaklah menjadikan penyakit melainkan menjadikan pula obatnya, kecuali penyakit tua.” (HR. Ibnu Majah: 2/1137, dishahihkan oleh al-Albani)

Olah raga agar badan sehat, menjaga kebersihan jasmani seperti; membiasakan anak menggosok gigi, memotong kuku, menyukur rambut, mandi yang teratur, serta menjauhi hal-hal yang mengakibatkan badan anak tidak sehat, adalah kiat-kiat yang harus dilakukan orang tua sehingga ibadah menjadi semangat.

Begitulah indahnya agama Islam yang selalu mengajak kita hidup bersih dan sehat.

Semoga keterangan singkat ini bisa membantu orang tua saat menjaga kesehatan badan dan pikiran anak kita. Dengan terjaganya kesehatan mereka, semoga mereka semua menjadi anak yang shalih dan shalihah dan bersemangat dalam ketaatan. Wallahu a'lam...

Semoga bermanfaat.

Ustadz Aunur Rofiq bin Ghufron, Lc
artikel maribaraja.com
______________________________
support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
______________________________
Info Penting:
yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, koment aja di kotak komentar yang tersedia di bawah teman-teman. syukron atas perhatiannya

No comments: