Ramadhan adalah bulan untuk memperbanyak doa

Ramadhan adalah bulan untuk memperbanyak doa

Allah azza wa jalla berfirman,

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيْبٌ أُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِي وَلْيُؤْمِنُوْا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwa Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (Qs. Al-Baqarah : 186)

Ayat yang mulia ini, Allah sebutkan di tengah ayat-ayat tentang puasa. Di dalamnya terdapat isyarat bahwa Ramadhan adalah bulan untuk memperbanyak doa. Niscaya, Allah mengijabah doa-doa yang dipanjatkan oleh orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadhan dan membebaskan diri mereka dari Neraka.

عَنْ أَبِي سَعِيْدٍ اَلْخُدْرِيِّ –رَضِيَ اللهُ عَنْهُ- قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ لِلَّهِ عُتَقَاءَ فِي كُلِّ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ-يَعْنِي : فِي رَمَضَانَ- لِكُلِّ عَبْدٍ مِنْهُمْ دَعْوَةٌ مُسْتَجَابَةٌ
Dari Abu Sa'id al-Khudriy -semoga Allah meridhainya-, ia berkata, Rasulullah -shallallahu 'alaihi wasallam- bersabda, "Sesungguhnya Allah mempunyai hamba-hamba yang dibebaskan pada setiap siang dan malam -yakni, di bulan Ramadhan- setiap hamba dari mereka mempunyai doa yang mustajab. (HR. Ahmad, dan dishahihkan oleh Syaikh al-Albaniy)

--------------------
alsofwa.com | alsofwah.or.id
Konsultasi Islam & Keluarga (021-78836327)
W.A Dakwah Al-Sofwa +62 81 3336333 82

Tidak ada komentar: