-->

Tips membersihkan sisa nasi di rice cooker agar nasi tidak cepat basi

Langsung membersihkan sisa-sisa nasi yang masih menempel di dinding dan permukaan panci rice cooker adalah pekerjaan yang cukup sulit dilakukan.

Untuk menyingkirkan sisa nasi yang menempel, kebanyakan orang biasanya merendam panci rice cooker dengan air terlebih dahulu agar nasi tidak lagi lengket, kemudian baru dibersihkan. 

Namun, dikutip dari kanal YouTube Ade Irma Oktaviani, Sabtu (22/5/2021), cara demikian justru membuat lapisan dasar panci rice cooker menjadi lebih cepat rusak.

Akibatnya, nasi yang dimasak menjadi cepat kuning, basi, hingga membuat nasi berair. Pada akhirnya, panci rice cooker tidak bisa digunakan lagi dan harus diganti dengan yang baru. 

Untuk tidak merusak lapisan dasarnya, ada cara tepat membersihkan sisa-sisa nasi yang menempel di permukaan panci rice cooker.

Bahan yang perlu disediakan adalah tisu kompor. Tisu kompor memiliki tekstur seperti tisu basah. Hanya saja, tisu kompor tidak basah. Jika bingung mencarinya, tisu kompor bisa dibeli di berbagai toko online.

Berikut ini cara membersihkan sisa nasi di panci rice cooker. 

1. Biarkan panci rice cooker yang berisi sisa nasi tetap berada di dalam rice cooker dan biarkan rice cooker menyala dalam posisi tombol menghangatkan (warm), tapi biarkan tutup rice cooker terbuka.

2. Beberapa menit kemudian, nasi yang lengket dan menempel di panci rice cooker menjadi kering sehingga lebih mudah disingkirkan. 

Baca juga: Tips Membersihkan Rice Cooker agar Kembali Kinclong dan Higienis

3. Buang sisa nasi yang mengering atau mengeras menggunakan centong nasi plastik.

4. Setelah itu, lap permukaan panci rice cooker dengan tisu kompor. Serat dari tisu kompor mampu mengangkat kotoran yang tersisa di panci rice cooker. Lap panci rice cooker sampai benar-benar bersih.

Baca juga: Jangan Mencuci Beras Langsung di Panci Rice Cooker, Kenapa?

5. Kemudian cuci panci seperti biasa. Setelah itu, kamu bisa menggunakannya kembali untuk memasak nasi.

Baca Juga
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    Tidak ada komentar: