-->

8 khasiat daun jeruk nipis dicampur madu, salah satunya meningkatkan imun tubuh

DAUN jeruk nipis biasanya digunakan sebagai penambah aroma dalam beberapa masakan. Namun tahukah Anda, daun jeruk nipis yang mungil ini ternyata juga mengandung berbagai manfaat sehat? Kandungan dalam daun jeruk nipis ternyata tidak kalah dibandingkan dengan buahnya. 

Seperti vitamin C, minyak esensial, rosmarinik, apigenin, luteolin, flavonoid, kaempferol, quercetin dan masih banyak lagi senyawa aktif lainnya. 

Caranya sangat mudah, siapkan 11-13 lembar daun jeruk nipis. Rebus daun jeruk nipis dengan 500 ml air hingga mendidih.

Setelah mendidih, dinginkan ramuan dan campur dengan madu secukupnya. Air rebusan daun jeruk nipis campur madu siap dihidangkan. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari selama tiga hari berturut-turut, setelah itu hentikan selama tiga hari.

Kemudian bisa dikonsumsi lagi secara kondisional sesuai kebutuhan.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co. 

1. Untuk menjaga daya tahan tubuh
Sistem imun bisa dijaga dengan mengonsumsi daun jeruk nipis campur madu secara rutin. Sehingga tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Pasalnya, konsumsi daun jeruk nipis bisa meningkatkan imun tubuh. 

2. Menyembuhkan flu Jika mengalami influenza yang parah, daun jeruk nipis ini juga bisa dikonsumsi untuk mengalahkan virus penyebab flu.

Daun ini bisa menyerang influenza dengan cara memproduksi plasma darah putih sebagai kekebalan tubuh alami. Sehingga tidak hanya flu yang bisa disembuhkan, tetapi baik digunakan sebagai solusi batuk. 

3. Anti-bakteri
Anti-bakteri menjadi salah satu fungsi penting dari daun jeruk nipis yang bisa mempercepat proses penyembuhan penyakit akibat bakteri. 

Air rebusan daun ini bisa dikonsumsi atau makan langsung daun jeruk nipis yang bisa memberikan manfat anti-bakteri untuk meningkatkan imun tubuh. 

4. Memiliki fungsi antibiotik Fungsi antibiotik berguna untuk mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh. Ketika sakit dan sistem kekebalan tubuh sedang menurun, maka sebaiknya jangan terburu buru mengonsumsi obat antibiotik.

Akan lebih baik jika mengonsumsi air rebusan daun jeruk nipis yang bisa melindungi tubuh dari bakteri atau virus. 

5. Anti-peradangan Sakit tenggorokan atau demam menjadi beberapa jenis penyakit lain yang bisa diatasi dengan air rebusan daun jeruk nipis

Daun ini bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan peradangan yang bekerja secara efektif di dalam tubuh. 

Anda bisa menambahkan dengan madu dan diminum selagi hangat secara teratur 1 hingga 2 kali sehari selama sedang sakit. 

6. Merevitalisasi tubuh Daun jeruk nipis juga memiliki kandungan hebat yang berbeda dari daun biasa. Daun ini berguna untuk mencegah berbagai virus masuk ke dalam tubuh penyebab penyakit.

Minum air rebusan daun jeruk nipis ini sangat penting untuk merevitalisasi sel tubuh. Sekaligus menghasilkan sel yang lebih sehat untuk meningkatkan metabolisme tubuh. 

7. Menyembuhkan seriawan Salah satu nutrisi tertinggi yang ada dalam daun jeruk nipis adalah manfaat vitamin C yang sangat ampuh digunakan untuk menyembuhkan seriawan.

Penyakit seriawan sendiri bisa terjadi karena tubuh kekurangan vitamin C dan juga air.

8. Mengurangi stres Daun jeruk nipis mengandung sumber antioksidan yakni minyak atsiri yang bisa menurunkan tingkat stres. Air rebusan daun jeruk nipis ini bisa merangsang otak agar bisa menghasilkan hormon, sehingga membuat kondisi seseorang bisa lebih baik untuk mengurangi stres.(genpi/jpnn)
Baca Juga
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    Tidak ada komentar: