11 nasehat ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawaz kepada para penuntut ilmu

-NASEHAT FADHILATUL USTADZ YAZID BIN ABDUL QADIR JAWAS -hafizhahullah- KEPADA PARA PENUNTUT ILMU SYAR'I-

Bismillah was sholaatu was Salaamu ‘ala Rosulillah Amma ba’du, 

Dalam waktu yg sempit dan WA yg singkat ini Ana Nasehatkan kepada para penuntut ilmu:

Wajib bagi antum untuk ingat seumur hidup:

(1)- Bertakwalah kepada Allah Azza wa Jalla dimana saja antum berada jangan berbuat dosa dan Maksiat.

(2)- Ingat Bahwa ilmu Syar’i adalah takut kepada Allah ‘Azza wa Jalla. 

(3)- Menuntut ilmu adalah Jalan Menuju Sorga. 

(4)- Antum belajar ilmu Syar’i supaya antum memahami Agama Islam dengan benar dan mengamalkannya dengan ikhlas, jujur dan ittiba’ supaya bisa masuk Sorga. 

(5)- Ilmu ini Mulia dan Besar jangan rendahkan ilmu ini dengan mencari harta dunia, maka yg tujuannya utk dunia pasti dia akan rendah dan hina dan tidak bermanfaat sama sekali ilmu nya, rugi dunia dan Akhirat. 

(6)- Ingat , jangan sekali-kali mengharap dan meminta-minta sesuatu dari manusia, yang berharap pada manusia pasti akan kecewa dan hina, adapun orang yang berharap kepada Allah Al ‘Aziz, Al Kariim, pasti tidak akan kecewa dan dia akan Mulia. 

(7)- Jaga Adab antum kepada kedua orang tua dan guru yg mengajarkan ilmu2 yg bermanfaat, jangan lupa mendo’akan mereka, dan berusaha untuk berbuat baik kepada mereka, datang ke kajian guru-guru antum. Kata Imam Ibnul Qoyyim Rahimahullah: “Adab yang baik merupakan tanda kebahagiaan seseorang dan kurang Adabnya (kurang ajarnya) sebagai tanda kecelakaan seseorang” (Antum cek di kitab Madarijus salikin). 

(8)- Wajib antum bertobat kepada Allah setiap hari setiap waktu dari semua perbuatan dosa dan maksiat, bertobatlah kepada Allah ‘Azza wa Jalla. Karena Tobat kewajiban seumur hidup. Jauhkan perbuatan dosa dan Maksiat, karena dosa dan maksiat akan merusak hati, akal, kehormatan dan Agama.

(9)- Perbanyak Istighfar dan berdzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta’aala, karena orang yang banyak berdzikir hatinya akan tenang.

(10)- Antum Wajib belajar terus, belajar dan baca kitab-kitab para Ulama salaf, meskipun antum sudah lulus dari pondok, tetap wajib belajar, belajar dan belajar, wajib baca kitab-kitab dan buku-buku yang bermanfaat. 

(11)- Bergaullah dengan manusia dengan Akhlak yg Mulia.

Makkah al-Mukarromah, Jum'at 16 Dzul Hijjah 1443 H/15 Juli 2022 M. 

Dari Yazid bin Abdul Qodir Jawas
Repost dari ustadz syahroni tembilahan riau

Tidak ada komentar: