-->

QONAAH ADALAH KUNCI BAHAGIA

Bismillah..

Apa Qonaah? Qanaah, ridha dengan pemberian Allah, menerima terhadap bagian yang diberikan Allah Subhanahu wata'ala.

Bagaimana agar kita bisa qanaah? Nabi bersabda dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim:

   انْظُرُوا إِلَى مَنْ أَسْفَلَ مِنْكُمْ، وَلَا تَنْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقَكُمْ، فَهُوَ أَجْدَرُ أَنْ لَا تَزْدَرُوا نِعْمَةَ اللهِ عَلَيْكُمْ   
"Lihatlah orang yang ada di bawah kalian, jangan melihat seseorang yang ada di atas kalian, hal tersebut agar kalian tidak meremehkan nikmat Allah kepada kalian." (HR. Muslim).  

Yang namanya hidup, pasti tidak lurus-lurus saja ya. Ada saja liku-liku yang harus seorang manusia lalui. 

Hidup tidak selalu berjalan dengan apa yang kita mau dan ujian yang di lalui setiap orang itu pun berbeda-beda. Cara pandang kita terhadap cobaan yang diberikan Allah juga kadang berbeda. 

Tapi adakala kita merasa lelah dan kadang mengeluh soal beratnya hidup, itu manusiawi kok. Tapi, mengeluh jangan dijadikan kebiasaan.

Saat kita mulai merasa hidup ini sangat berat, mari kita menengok kehidupan di bawah kita. Jika kita masih punya hal-hal ini, seharusnya kita tidak lagi mengeluh bahwa hidup kita yang paling berat. 

Jadi, tetap semangat dan bersyukur ya. Semoga Allah Azza wajalla selalu memberikan kemudahan untuk kita semua.. Aamiin..

Barakallah..
Baca Juga
    Info Penting:
    langganan artikel | menerima tulisan, informasi dan berita untuk di posting | menerima kritik dan saran, WhatsApp ke +62 0895-0283-8327

    Tidak ada komentar: