Dari Netizen: ๐Œ๐ž๐ฆ๐š๐ค๐ฌ๐š๐ค๐š๐ง ๐“๐š๐ก๐ฅ๐ข๐ฅ๐š๐ง ๐Š๐ž๐ฆ๐š๐ญ๐ข๐š๐ง


Berlalu foto ini di timeline saya Shubuh ini, yang qodarullลh bertepatan dengan setahun (Masehi) kepergian my betterhalf dan matinya Queen Elizabeth II. Foto ini membawa kembali memory kepada kejadian sekitar 14-15 tahun lalu saat saya menemani mendiang Ibunda roแธฅimahฤllลh melayat anak dari sepupunya yang wafat yang rumahnya di suburb di Selatan Jakarta.
 
Saat itu warga di kampungnya itu memaksa untuk mengadakan tahlilan kematian 3 hari berturut-turut, 7 dan 10 hari (total 5x), yang mana setiap kali akan dihadiri 10 santri dan seorang ustฤdz, yang katanya mau mengkhotamkan al-Qur-ฤn tiap kali datang (masing-masing baca 3 juz secara simultan) untuk mengirim pahala bacaannya untuk si mayit.
 
Apa yang jadi masalah…?
 
Yang jadi masalah adalah kewajiban bagi tuan rumah menyediakan besek (berisi nasi dengan 2 lauk daging / telur & sayur) serta amplop Rp 20k untuk santri dan Rp 100k untuk ustฤdznya. Belum lagi harus sedia makanan untuk yang mungkin mau datang tahlilan.
 
Keluarga sepupu Ibunda roแธฅimahฤllลh berkeberatan, karena anaknya yang meninggal itu qodarullลh hanya bekerja sebagai driver di Taxi Burung Biru, jadi untuk keluar uang setidaknya Rp 5juta (5 x Rp1 juta) untuk memenuhi permintaan warga akan tahlilan itu ya sangat berat bagi mereka.
 
Negosiasi dengan alasan "kami Urang Minang, tidak ada tahlilan kematian" buntu, karena warga bersikeras "jangan rusak tradisi kami di sini".
 
Subแธฅฤnallลh…!
 
Sayang langsung emosi mendengar hal itu, bagaimana tidak? Mereka mau mengirim pahala, tapi mengharap uang dalam amplop!?!
 
❌ Bagaimana mau ada pahala yang mau dikirimkan jikalau niyatnya saja untuk mendapatkan makanan & uang dalam besek…???
 
Hanya sama mendiang Ibunda roแธฅimahฤllลh saya dilarang bicara. Akhirnya disepakati tetap ada acara tahlilan kematian, tetapi cuma 3 hari saja.
 
☠ Jelas itu adalah tradisi yang BURUK, ia sama sekali BUKAN bagian dari agama.
 
‼️ Karena di dalam agama kita jelas yang diperintahkan menyediakan makanan itu adalah para tetangganya, BUKAN keluarga yang sedang kematian…!
 
๐Ÿ“Œ Kata Baginda Nabฤซ ๏ทบ ketika disampaikan kabar tentang wafatnya Ja‘far ibn Abฤซ Thลlib ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุนู†ู‡:
 
ุงุตْู†َุนُูˆุง ู„ุขู„ِ ุฌَุนْูَุฑٍ ุทَุนَุงู…ًุง ูَุฅِู†َّู‡ُ ู‚َุฏْ ุฃَุชَุงู‡ُู…ْ ุฃَู…ْุฑٌ ุดَุบَู„َู‡ُู…ْ
 “Siapkanlah makanan untuk keluarganya Ja‘far, karena telah terjadi kepada mereka suatu kejadian yang merepotkan mereka.”_ [HR Abลซ Dฤwลซd no 3132; at-Tirmidzฤซ no 998; Ibnu Mฤjah no 1610; Ahmad no 1660].
 
Kalau di Padang, kami mayoritas adalah Muhammadiyah, maka sama sekali tak ada tahlilan kematian seperti di Jawa sini. Yang ada adalah para tetangganya yang datang membawakan makanan untuk penghuni rumah yang sedang bermushฤซbah itu selama 3 hari berturut-turut. Intinya, jangan sampai kompor di rumah keluarga yang sedang bermushฤซbah itu menyala untuk memasak. Bahkan, kalaupun tetangga datang untuk ta’ziyah & menghibur, maka mereka datang dengan membawa makanan & minuman sampai peralatan makan agar tak merepotkan tuan rumah…!
 
Begitulah ajaran Islฤm yang lurus…
 
๐Ÿšซ BUKAN yang malah menambah masalah & kerepotan terhadap keluarga yang tengah dilanda mushฤซbah sampai harus berutang bahkan mengemis untuk mengadakan tahlilan kematian seperti pada foto ini…

Sudah jatuh, tertimpa tangga, dilindas pula sama motor.
 
Semoga kejadian seperti ini semakin membuat kaum Muslimฤซn sadar untuk meninggalkan tradisi yang menyimpang dan kembali kepada ajaran Baginda Nabฤซ ๏ทบ sebagaimana yang di‘amalkan oleh para Salafush-Shลlih.

ู†ุณุฃู„ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุณู„ุงู…ุฉ ูˆุงู„ุนุงููŠุฉ ููŠ ุงู„ุฏู†ูŠุง ูˆุงู„ุฃุฎุฑุฉ

Arsyad Syahrial.

Tidak ada komentar: