tidak bisa bayar hutang tolong bebaskan dia


 وعن أَبي هريرة رضي الله عنه أنَّ رسولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: كَانَ رَجُلٌ يُدَايِنُ النَّاسَ، وَكَانَ يَقُولُ لِفَتَاهُ: إِذَا أَتَيْتَ مُعْسِرًا فَتَجَاوَزْ عَنْهُ، لَعَلَّ اللهَ أنْ يَتَجَاوَزَ عَنَّا، فَلَقِيَ اللهَ فَتَجَاوَزَ عَنْهُ. متفقٌ عَلَيْهِ. 
Dari Abi Huraeroh RA. Sesungguhnya Rosululloh Shollallohu bersabda: Pernah ada seorang laki-laki yang suka meminjamkan kepada orang-orang dan ia berkata kepada anak mudanya: Jika kamu ketemu dengan orang yang sudah tidak bisa bayar hutang tolong bebaskan dia, semoga Alloh membebaskan kami maka setelah dia ketemu dengan Alloh maka Alloh membebaskan dia. HR Muttafaq a'laih. 
Riyadussholihin hadis ke 1370.

Penjelasan:

1. Masya Alloh.. begitu dahsyat pahala membebaskan hutang sebab ada orang yang seharusnya dimasukkan ke dalam neraka tapi Alloh ampuni seluruh dosa-dosanya sehingga dia atau mereka dimasukkan ke dalam surga ini akibat mereka suka membebas-bebaskan hutang terutama bagi mereka yang kesulitan atau sudah tidak mampu lagi untuk membayar hutang. 

2. Sejatinya orang itu punya warung toko atau semacamnya atau orang itu terbilang punya rizki atau melimpah maka banyaklah orang yang menghutang barang atau meminjam uang dan dia sudah menyiapkan para penagih akan tetapi dia selalu menitipkan pesan:

A. Jika yang berhutang itu siap bayar maka ambillah. 
B. Jika yang berhutang itu minta diulur waktu maka ikutilah. 
C. Jika yang berhutang itu minta dibebaskan hutangnya maka bebaskanlah.

وﷲاعلم بالصواب
Hamba Allah

Tidak ada komentar: