3 Amalan yang dianggap sunnah di bulan Rojab

Beberapa hari ini kami dapat pertanyaan dari beberapa ikhwan seputar rojab , dan disini kami menjawab secara umum agar bisa diketahui oleh kita semua.

Dibawah ini beberapa amalan di bulan rojab yang sering dilakukan sebagian kaum muslimin, padahal tidak ada dalil yang shoihih tentang amalan ini.

1. Berdoa saat memasuki bulan rojab.

كان النبي اذا دخل رجب قال : اللهم باركلنا في رجب و شعبان وبلغنا رمضان
" Adalah nabi jika masuk bulan rajab maka beliau berdoa : "Allohumma baariklanaa fii rojabin wa sya'baana wa ballaghnaa romadhoona" ( Ya Alloh ,berkahilah untuk kami di bulan rojab dan sya'ban dan sampaikanlah kami di bulan romadhon

Ket : Hadits ini dinyatakan DHO'IF oleh Imam Nawawi.

2. Melakukan puasa rojab

ان شهر رجب شهر عظيم من صام فيه يوما كتب الله به صوم الف سنة
"Sesungguhnya bulan rojab adalah bulan yang agung maka barang siapa yang puasa sehari didalamnya , Allah akan menetpakan seperti puasa 1000 tahun" 

Ket: Hadits ini adalah Maudhu' menurut keterangan ibnu hajar.

Termasuk Hadits maudhu/palsu yang lainnya adalah :

ان في الجنة نهرا يقال له رجب ٲشد بياض من للبن ، وٲحل من العسل ، من صام يوما من رجب سقاه الله من ذلك تلنهر
"Sesungguhnya di dalam syurga itu ada sungai yang diberi nama rojab, diamana ( airnya ) lebih putih dari susu , rasanya lebih manis dari madu . Barang siapa yang berpuasa sehari di bulan rajab tersebut , maka Allah akan memberikan minum dari sungai itu "

Hadit ini menurut ulama adalah hadits palsu atau maudhu.

ان في لجنة نهرا يقال له رجب ماءه الرحيق، من شرب منه شربة لم يظمٲ بعدها ابدا ٲعده الله لصوام رجب
"Sesungguhnya di dalam syurga ada sebuah sungai yang diberi nama rojab , dimana airnya ar rohiq ( sejenis minuman yang lezat rasanya melebihi madu ) , barang siapa yang meminumnya seteguk saja , maka ia tidak akan merasakan haus selamanya. Sungai itu Allah sediakan untuk orang yang sering berpuasa di bulan rojab"

Hadits in juga dinyatakan palsu oleh para ulama.

3. Melakukan sholat rojab

من صلى بعد المغرب ٲول ليلة من رجب عشرين ركعة جاز على الصراط بلا حساب
"Barang siapa yang ia sholat sesudah maghrib pada malam pertama bulan rojan sebanyak 20 roka'at , maka ia akan melewati shiroth tanpa hisab "

Hadits ini juga dinyatakan maudhu / palsu oleh para ulama

Dan masih banyak lagi keutamaan dan perintah untuk melakukan amalan di bulan rojab, yang semua dalilnya tidak ada yang shohih.

Semua riwayat nya dho'if dan maudhu.

Wallohu a'lam

Hamba Allah

Tidak ada komentar: