SEKILAS BIOGRAFI SYAIKH FAUZAN hafizhohulloh

Nama
Nama beliau adalah Shalih bin Fauzan bin Abdillah Al Fauzan yang berasal dari keluarga Alu Fauzan dari Syamasiyah, mereka adalah penduduk yang menepati lembah Ad Dawasir.

Jabatan
Anggota dewan istimewa di Al Lajnah Ad Daimah Lil Buhuts Wal Ifta dan Hai’ah Kibaril ‘Ulama, Saudi Arabia, sejak 15 Rajab 1412 H.

Masa Kecil Dan Pendidikan
Beliau dilahirkan pada tahun 1363 H lalu orang tua beliau meninggal pada saat beliau masih kecil. Beliau dibina oleh keluarganya dengan mempelajari Al Qur’an. Beliau juga belajar dasar-dasar qira’ah dan kitabah pada imam masjid di daerah tinggalnya, yaitu seorang Qari’ yang mutqin yang bernama Syaikh Hamud bin Sulaiman At Talaal. Terakhir Syaikh Hamud ini bertugas di pengadilan daerah Dhariyyah provinsi Qashim.

Kemudian Syaikh Fauzan masuk ke sekolah negeri yang baru dibuka di Syamasiyah pada tahun 1369 H. Kemudian beliau juga menyelesaikan pendidikan dasarnya di Madrasah Faishaliyah di daerah Buraidah pada tahun 1371 H. Beliau lalu ditetapkan sebagai pengajar di sekolah dasar setelah itu. Beliau kemudian masuk ke Ma’had Al ‘Ilmi di Buraidah ketika baru dibuka pada tahun 1373 H, hingga beliau lulus pada tahun 1377 H. Pada tahun itu, beliau melanjutkan kuliah di Fakultas Syari’ah (Universitas Imam Muhammad bin Su’ud) di Riyadh hingga lulus pada tahun 1381 H. Setelah itu beliau melanjutkan kuliah hingga meraih gelar Magister dalam bidang fiqih, lalu juga gelar Doktoral pada universitas tersebut juga pada bidang fiqih.

Aktifitas
Setelah lulus dari universitas, beliau menjadi pengajar di Ma’had Al ‘Ilmi Riyadh. Kemudian beliau pindah mengajar di Fakultas Syari’ah Universitas Imam Muhammad bin Su’ud. Setelah itu beliau berpindah lagi mengajar di tingkat magister Fakultas Ushuluddin. Beliau juga mengajar di Ma’had Ali Lil Qadha, hingga akhirnya diangkat menjadi mudiir di ma’had tersebut. Tapi beliau kembali mengajar lagi di Ma’had Ali Lil Qadha setelah masa kepengurusan beliau habis. Kemudian beliau menjadi anggota Al Lajnah Ad Daimah Lil Buhuts Wal Ifta, dan ini menjadi aktifitas utama beliau hingga sekarang.

Disela-sela tugasnya sebagai anggota Al Lajnah Ad Daimah, Syaikh Shalih Fauzan juga menjadi anggota Hai’ah Kibaril Ulama (Persatuan Ulama Besar) juga anggota dewan di Al Ma’jma Al Fiqhi (Asosiasi Ahli Fiqih) di Makkah Mukarramah. Beliau juga anggota Al Lajnah Al Isyraf ‘Alad Da’wah Fil Hajj (Komisi Urusan Da’wah Untuk Jama’ah Haji). Beliau juga mengajar di Universitas Al Amir Mat’ab bin Abdil Aziz Alu Su’ud di kota Malaz. Beliau juga mengasuh acara tanya-jawab di program Nuurul ‘Ala Ad Darb di radio.Sebagaimana beliau juga mengasuh berbagai rubrik di beberapa majalah terkait penelitian ilmiah dan fatwa. Bahkan sebagiannya sudah dicetak. Beliau juga membimbing penyusunan penelitian dan tesis untuk gelar magister maupun doktoral. Selain itu, banyak penuntut ilmu yang berada di bawah bimbingan beliau, yang senantiasa mengikuti majlis dan pengajian rutin beliau.

Masyaikh
Syaikh Shalih Fauzan menuntut ilmu pada banyak ulama besar ahli fiqih. Yang terkenal diantara mereka antara lain:

  1. Samahatus Syaikh Abdul Aziz bin Baaz
  2. Samahatus Syaikh Abdullah bin Humaid. Beliau (Syaikh Shalih Fauzan) dahulu rutin menghadiri pengajiannya di Buraidah.
  3. Fadhilatus Syaikh Muhammad Al Amin Asy Syinqithi
  4. Fadhilatus Syaikh Abdurrazaq ‘Afifiy
  5. Fadhilatus Syaikh Shalih bin Abdurrahman As Sukaiti
  6. Fadhilatus Syaikh Shalih bin Ibrahim Al Bulaihi
  7. Fadhilatus Syaikh Muhammad bin Subail
  8. Fadhilatus Syaikh Abdullah bin Shalih Al Khulaifi
  9. Fadhilatus Syaikh Ibrahim bin ‘Ubaid Al ‘Abdul Muhsin
  10. Fadhilatus Syaikh Hamud bin ‘Aqlan
  11. Asy Syaikh Al Ali’ An Nashir
Beliau juga belajar pada beberapa ulama Al Azhar Mesir pada bidang hadits, tafsir dan bahasa arab.

Karya Tulis
  • At Tahqiqat Al Mardhiyyah Fil Mabahits Al Fardhiyyah. Ini merupakan tesis beliau untuk gelar magister. (satu jilid)
  • Ahkam Al Ath’imah Fii Asy Syari’ah Al Islamiyyah. Ini merupakan tesis beliau untuk gelar doktoral. (satu jilid)
  • Al Irsyad Ila Shahihil I’tiqaad. (satu jilid)
  • Syarhul Aqidah Al Wasithiyyah. (satu jilid)
  • Al Bayaan Fima Akhta’ Fihi Ba’dhil Kitab. (satu jilid)
  • Majmu’ Muhadharaat Fil Aqidah Wad Da’wah. (dua jilid)
  • Al Khuthab Al Mimbariyyah Fil Munasabaat Al ‘Ashriyyah. (empat jilid)
  • Min ‘Alaam Mujaddiddin Fil Islaam.
  • Rasaail Fil Mawadhi’ Mukhtalifah
  • Majmu’ Fatawa Fil ‘Aqidah Wal Fiqhi. Yang diambil dari acara Nuurun ‘Ala Ad Darb dan dijilid menjadi empat jilid.
  • Naqdu Kitabil Halaal Wal Haraam Fil Islam.
  • Syarh Kitab At Tauhid
  • At Ta’qiib ‘Ala Ma Dzakarahu Al Khatib Fii Haqqi Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab.
  • Mulakhash Al Fiqhi. (dua jilid)
  • Ithaafu Ahlil Iman bi Duruusi Syahri Ramadhan
  • Adh Dhayaa’ Al Laami’ Minal Ahadiits Al Qudsiyyah Al Jawaami’
  • Bayaanu Maa Yaf’aluhu Al Haaj Wal Mu’tamir
  • Kitab At Tauhid. Ada dua jilid yang diperuntukan bagi madrasah tsanawiyah.
  • Fatawa Wal Maqaalat. Yang disebarluaskan oleh majalah Ad Da’wah. Atau yang dikenal dengan Kitab Ad Da’wah.
Beliau memiliki beberapa kitab dan karya tulis lagi. Sebagian sudah tercetak dan sebagian masih dalam proses pencetakan.

Website

Semoga beliau menjadi sosok yang senantiasa memberi manfaat kepada ummat dan semoga jasa-jasa beliau menjadi pemberat amal kebaikan beliau di akhirat kelak.


Penerjemah : Yulian Purnama
Artikel Muslim.Or.Id

Tidak ada komentar: