Serba-serbi Umroh dengan Transit Visa by Saudia


Sejak ada Transit Visa kalo naik Naik Saudia Airlines dan Flynas, banyak yang menggunakan kesempatan ini untuk Umroh meski cuma 4 hari ๐Ÿ˜Š

Dua pekan lalu, penerbangan dari Jordan-Jakarta saya transit 4 hari di Jeddah. Alhamdulillah bisa Umroh, bisa menikmati ibadah baik di Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi ๐Ÿ˜Š

Berikut beberapa pertanyaan serta jawabannya yang sering ditanyakan ke saya terkait umroh dengan free transit visa dari Saudia Airlines ๐Ÿ˜Š:

1. Apakah kita bisa dapat transit visa PP atau hanya 1 kali saja?

Penerbangan Pulang Pergi hanya bisa satu kali apply Free Transit Visa yang akan didapat otomatis ketika kita membeli penerbangan via Web Saudia https://www.saudia.com Jadi tidak bisa mendapatkan Free Transit Visa ketika pergi dan pulang, kecuali membelinya one way, kemudian membeli tiket lagi untuk pulang ketika Free Transit Visa pertama Sudah dipakai, tapi ini resikonya tidak diizinkan masuk Saudi karena tidak punya tiket kembali ke Indonesia. Jadi lebih baik beli langsung PP.
2. Dimana saja kita bisa transit?

Sesuai dengan pilihan kota mana kita mau transit: Jeddah, Madinah, Atau Riyadh. Sesuaikan dengan kebutuhan. Kalo untuk umroh, saya sarankan ambil transit di Makkah atau Madinah.

3. Selama transit, apakah kita bisa ke kota lain selain kota transit?

Bisa. Misal transit di Madinah, tentu kita diperbolehkan ke Makkah, Jeddah atau kota-kota lain. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan dan pastikan masa stay tidak lebih dari 4 hari.

4. Apakah akan dapat hotel gratis ketika transit?

Untuk yang pilih umroh dengan memanfaatkan transit visa dari saudia, kita juga dapat free hotel 1 malam di kota yang kita pilih untuk transit.

Contoh; Penerbangan Jordan-Jakarta saya pilih transit di jedah, tinggal buka https://holidaysbysaudia.com/en-US/ lalu masukkan kode booking dan nama terakhir kita, akan muncul pilihan hotel di jedah yang bisa kita pilih dan gratis 1 malam. 
5. Berapa lama kita bisa stay di Arab Saudi dengan menggunakan Transit Visa?

Transit Visa hanya bisa digunakan selama 4 hari saja. Perlu diingat bahwa masa berlaku Visa adalah pukul 00.00 saat hari kedatangan.  Misalnya: Kita mendarat di Jeddah pukul 12.35 PM tanggal 12 Agustus, itu artinya visa kita sudah mulai terhitung sejak pukul 00.00 tanggal 12 Agustus. Jadi masa berlaku visa transit sudah dimulai sejak hari itu.

Perlu diperhatikan, pastikan sudah melewati imigrasi sebelum masa berlaku visa habis. 

6. Apakah bisa mendapatkan Transit Visa jika membeli tiketnya tidak melalui website Saudia?

Tidak. Transit Visa hanya bisa didapat ketika pembelian dilakukan melalui https://www.saudia.com. Pastikan memilih Umroh ketika membeli tiket dan mengisi form EVisa yang tersedia saat melakukan pembelian tiket. Tiket dan Evisa akan dikirim bersamaan via email ketika pembayaran sudah dilakukan. Jadi pastikan email yang dicantumkan valid.

Sekian ๐Ÿ˜Š
Jika ada yang mau dikoreksi atau ditambahkan silahkan, ya ๐Ÿ˜Š

#jejakrayyan #umroh #umrohmandiri #transitvisasaudia

Tidak ada komentar: