Inilah 17 ringkasan tentang Zainab binti jahsy istri nabi


Zainab Binti Jahsy radhiyallahu :anha

1. Lahir kurang lebih 32 tahun sebelum hijrah, artinya ketika beliau lahir umur nabi 21 tahun. 

2. Zawjat an-Nabi, istri Rasulullah. 

3. Ummul mukminin, ibunda kaum beriman. 

4. Sepupu nabi, putri dari bibi nabi yang bernama Umaimah binti Abdul Muthalib. 

5. Satu²nya istri nabi yang dinikahkan Allah langsung tanpa walinya. Tanpa akad nikah ijab dan kabul. 

6. Istri nabi yang paling dekat kekerabatannya dengan Nabi. 

7. Dijuluki al-Awwah (lembut hatinya, penghiba, kasih sayang)

8. Mempunyai ketrampilan sendiri sehingga bisa menghasilkan harta dari kemandiriannya, lalu hasilnya disedekahkan di jalan Allah. 

9. Zainab binti Jahsy di antara rival utama Aisyah dalam merebut hatinya nabi (kehidupan sebagai sesama madu) 

10. Istri² nabi terbagi menjadi dua kelompok, kelompoknya Zainab binti Jahsy, ummu salamah dll . Dan kelompoknya Aisyah, Hafshah dll. 

11. Aisyah dan Hafsah pernah berkongsi agar rasul  tidak suka minum madu di rumah Zainab dan mengatakan bahwa setelah dari rumah Zainab Rasulullah bau aroma maghofir, Padahal sebenarnya tidak demikian.. Maka Allah bela Zainab dan Allah turunkan ayat dari langit. 

13. Zainab termasuk yg protes keras kepada Nabi karena para shahabat ketika memberi hadiah kepada nabi, selalu memilih ketika nabi di rumah Aisyah. Dan terjadi pertengkaran hebat antara Zainab dan Aisyah (wajar karena ini kecemburuan sesama madu, kalau ngk percaya silakan dicoba) 

14. Meskipun Aisyah adalah rival utama Zainab binti Jahsy, namun Aisyah berkata jujur memuji Zainab. Kecemburuannya tak sanggup mengubur kebaikan madunya. Aisyah berkata: 

ولم أرَ امرأةً قطُّ خيرًا في الدين من زينب، وأتقى لله، وأصدق حديثًا، وأوصل للرحم، وأعظم صدقةً، وأشدَّ ابتذالاً لنفسها في العمل الذي يُتصدَّق به، ويُتقرب به إلى الله
Tidak pernah aku melihat wanita manapun yang lebih baik agamanya dari pada Zainab, wanita yang paling tinggi takwanya, paling jujur ucapannya, paling menyambung tali rahimnya, dan paling besar sedekahnya, paling keras kesungguhannya untuk berkerja yang digunakannya untuk bersedekah dan mendekatkan diri kepada Allah dgnya. 

15. Ucapan kebanggan Zainab kepada istri nabi lainnya:

«زوجكن أهليكن وزوجني الله  من فوق سبع سموات»،
Kalian dinikahkan oleh keluarga kalian, sedangkan aku dinikahkan oleh Allah dari atas tujuh langit . 

16. Zainab adalah istri nabi yang pertama menyusul nabi (wafatnya). Nabi berkata kepada istri²nya: yang paling pertama menyusul aku di antara kalian adalah yg paling panjang tangannya. Maka setiap istri² nabi berkumpul, mereka saling mengukur tangan mereka siapa yg paling panjang? Namun yang meninggal duluan adalah Zainab pada tahun 20 H, sembilan tahun setelah wafatnya nabi, barulah para istri² nabi paham, bahwa panjang tangan di sini maksudnya yg paling banyak dan sering sedekahnya. 

17. Setelah wafatnya nabi, beliau setia kepada nabi, menetapi rumahnya dan tidak melaksanakan haji setelahnya. Dimakamkan di Baqi' disholati oleh Khalifah Umar bin Khattab al-Faruq. 

Semoga Allah meridhai ummahatul mukminin dan para sahabat nabi yang mulia.

hamba allah

Tidak ada komentar: