LISANMU ADALAH HATIMU !!!

Saudaraku, sejatinya lisan dan tulisan itu bukan urusan Mulut atau Jari, melainkan masalah yg ada di Hati. Lisan dan tulisan adalah "cerminan dari kepribadian" & apa yang ada di dalam hati. Apabila yg keluar dari LISAN baik, itulah Cerminan baiknya kepribadian dan hati pada diri seseorang, dan begitu pun sebaliknya.

Al-Hasan al-Bashri رحمه الله berkata :

لا تستقيم أمانة رجلٍ حتى يستقيم لسانه ، ولا يستقيم لسانه حتى يستقيم قلبه
"Tidak akan lurus amanahnya seseorang sampai Lurus lisannya, & juga tidak akan lurus lisannya (seseorang) Sampai Lurus HATINYA" (Al-Aadaabus Syar'iyyah I/83)

Yahya bin Mu'aadz رحمه الله berkata :

القلوب كالقدور في الصدور تغلي بما فيها ومغارفها ألسنتها فانتظر الرجل حتى يتكلم فإن لسانه يغترف لك ما في قلبه من بين حلو وحامض وعذب وأجاج، يخبرك عن طعم قلبه اغتراف لسانه
"Hati itu bagaikan Periuk di dalam Dada yang menggelembung dengan apa yang ada di dalamnya. Sedangkan "LISAN" itu "gayungnya". Lihatlah kondisi seseorang sampai dia "Berbicara". Karena Lisannya itu akan mengambil untukmu "apa" yang ada dari dalam Hatinya, baik Sesuatu yg "Manis, Asam, Tawar atau Asin". Kondisi hatinya akan terlihat olehmu dari ucapan lisannya" (Hilyatul Auliyaa' 10/63)

Imam al-'Utsaimin رحمه الله berkata :

وما في القلوب وإن كان لا يعلمه إلا الله، لكن له شاهد في الجوارح، ولذا يروى عن الحسن رحمه الله أنه قال : ما أسر أحد سريرة إلا أظهرها الله تعالى على صفحات وجهه وفلتات لسانه، فالجوارح مرآة القلب
"Apa yang ada di dalam hati, meskipun tidak ada yang mengetahuinya kecuali ALLAH, namun kondisi Hati tergambar pada "ANGGOTA BADAN". Oleh karena itu diriwayatkan dari Al-Hasan رحمه الله bahwasanya beliau berkata : "Tidaklah Seseorang Menyembunyikan Rahasia, Kecuali Allah Ta'ala akan "Tampakkan" pada Raut Wajahnya, & Ketergelinciran LISANNYA". Sehingga "anggota badan" adalah cerminan hati" (Al-Qoulul Mufid Syarah Kitab Tauhid II/6)

✍ Ustadz Najmi Umar Bakkar
https://telegram.me/najmiumar
Instagram : @najmiumar_official
Youtube : najmi umar official

Tidak ada komentar: