Rekor, Aisyah Didik Hariyanto asal indonesia hafal 18 kitab hadist

Rekor! Santriwati Asal Indonesia di Mahad Haram Mekkah Hafal 18 Kitab Hadits

Menghafal, baik Al Quran maupun hadits, bukan hanya sekedar membaca teks, mengingat di memori, lalu menyetorkannya kepada sang guru. 

Tapi menghafal butuh dukungan yang kuat dari orang sekitar, perlu ada fasilitas, lembaga yang bagus, dan lingkungan yang kondusif. 

Masih ingat beberapa tahun silam, Ustadz Didik memboyong keluarganya, dari Bogor untuk menetap di Mekkah. Istri dan anak-anaknya dibawa dari tanah air menuju tanah suci. 

Pada saat itu, Ustadz Didik adalah pimpinan pesantren yang cukup besar, dan telah meraih gelar doktor dalam pendidikan Islam di UIKA, Bogor. 

Sebelum pandemi, Ustadz Didik memutuskan untuk lanjut kuliah S3 lagi (yang kedua), di King Abdul Aziz University, Jeddah. 

Sebagian orang, termasuk saya, bertanya-tanya, "Apa motivasi beliau kuliah doktoral lagi dan membawa keluarga ke Arab Saudi?."

Usia tak lagi muda, sudah tamat S3 di kampus Indonesia, mengelola pesantren besar, dan anak sudah banyak. Sudah sangat nyaman di Indonesia, tapi kenapa memilih boyongan ke Saudi? 

Sempat ketemu di Jeddah, tetapi lupa menanyakan hal tersebut kepada beliau. Hanya ngobrol ringan biasa. Beliau cerita bahwa saat ini tinggal di Mekkah bersama keluarganya. Jadi, jika ada keperluan di kampus, melakukan perjalanan pp Mekkah-Jeddah, yang sekali jalan menghabiskan waktu 1 jam.

Rupanya ini jawabannya. Mencetak generasi robbani yang tidak tanggung. 

Tinggal di jantung kota suci Mekkah, sebagai tempat awal turunnya wahyu, Ustadz Didik menyekolahkan anak-anaknya di Ma'had Al Haram, Pondok Pesantren yang dikelola oleh Masjidil Haram.

Di Masjidil Haram, anak-anaknya belajar Al Quran, hadits, dan ilmu syariah..

Semoga Allah berkahi ilmu beliau dan anak-anaknya. 

Dan semoga ini jadi motivasi bagi kita para orang tua, bahwa untuk anak, berikanlah yang terbaik. Jika ada uangnya, sekolahkan anak-anak kita di tempat terbaik. 

----
Selamat kepada putri Dr. Didik Haryanto,Lc, MA, yang telah menyelesaikan hafalan 18 kitab hadits. 

Semoga Allah berikan keberkahan..Amin..

COPAS

Tidak ada komentar: