🍁Satu Kambing Bisa untuk Satu Keluarga🍁

🍃🍃🍃
Sahabat Muslim dan muslimah, ketahuilah bahwa satu ekor kambing sudah cukup untuk kurban satu keluarga, dan pahalanya bisa mencakup seluruh anggota keluarga sekalipun jumlah mereka banyak, mencakup baik masih hidup dan yang sudah meninggal.

🍂🍂🍂
Hal ini sebagaimana hadits dari Abu Ayyub radliallahu 'anhu,

كَانَ الرَّجُلُ يُضَحِّي بِالشَّاةِ عَنْهُ وَعَنْ أَهْلِ بَيْتِهِ فَيَأْكُلُونَ وَيُطْعِمُونَ
"Pada masa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam, seseorang biasa berqurban dengan seekor kambing (diniatkan) untuk dirinya dan satu keluarganya. Lalu mereka memakan qurban tersebut dan memberikan makan untuk yang lainnya." (HR. Tirmidzi no. 1505, shahih)
Satu Kambing

🌴🌴🌴
Imam Ibnul Qoyyim rahimahullah dalam Zaadul Ma'ad berkata, "Di antara petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, satu kambing sah untuk qurban satu orang beserta keluarganya walau jumlah mereka banyak."

🌾🌾🌾
"Jika anggota keluarga banyak dan berada dalam satu rumah, maka boleh saja berqurban dengan satu qurban. Akan tetapi jika bisa berqurban lebih dari satu, itu lebih afdhol." (Fatawa Al Lajnah Ad Daimah, 11: 408).

🌵🌵🌵
Jadi sahabat tidak perlu mengkhususkan kurban untuk salah satu anggota keluarganya tertentu. Misalnya, kurban tahun ini untuk bapaknya, tahun depan untuk ibunya, tahun berikutnya untuk anak pertama, dan seterusnya. Sungguh ini merupakan karunia dan kemurahan Allah yang sangat luas sehingga tidak perlu dibatasi dengan satu orang tertentu.
1 orang mendapat hidayah lebih baik dari pada dunia dan isinya, yuk share
kunjungan anda kembali = penyemangat untuk update artikel selalu
broadcast whatsapp dakwahpost

🍁Satu Kambing Bisa untuk Satu Keluarga🍁
-->