Apakah diterima sholat tanpa berwudhu terlebih dahulu?

Jawaban

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه و سلام: (( لا يقبل الله صلاة أحدكم إذا أحدث حتى يتوضّأ ))....
Artinya: dari abu hurairah radhiallahu anhu’ berkata’ Rasulullah shallallahu a’lahi wassalam bersabda:

Allah tidak menerima sholat salah seorang diantara kalian jika berhadats sehingga dia berwudhu terlebih dahulu (HR. Bukhari-Muslim)

Kata-kata asing dalam haditsلا يقبل الله = merupakan bentuk kalimat penafiaan yang mana lebih keras penekanannya dari kalimat larangan ((((النهى, karena didalamnya mengandung makna larangan.

أحدث = Maknanya berhadats, yaitu keluarnya kotoran dari salah satu saluran pembuangan pada tubuh atau selain keduanya yang dapat membatalkan wudhu

الحدث = Yang terdapat secara kasat mata/zhohiir pada anggota badan, keberadaan hadats tersebut dapat menghalangi sahnya ibadah yang disyaratkan kebersihan atasnya (ibadah)
Sholat tanpa berwudhu

Makna hadits secara umumAllah ta’ala sebagai pembuat syariat yang maha bijaksana memberi petunjuk kepada hambaNya yang hendak melaksanakan shalat agar tidak masuk kedalamnya (menunaikan shalat) melainkan dalam sebaik-baik penampilan baik dari segi pakaiaan,aroma dan lain-lain bukan berarti harus serba mewah. Karna shalat penghubung ikatan antara Allah sang pencipta dengan makhluknya (manusia dan jin) Shalat juga merupakan wasilah untuk bermunajat kepada Allah.

oleh karena itu diperintahkan untuk berwudhu dan bersuci sebelum shalat dan telah disampaikan bahwasanya shalat tertolak (tidak diterima) selain berwudhu, boleh bertayamum menggantikan wudhu jika sesuai dengan ketentuan syariat seperti tidak adanya air/sakit yang tidak boleh kena air dan lain sebagainya.

Pelajaran dari hadits
1. Sholat orang yang berhadats tidak diterima melainkan dia harus bersuci dari hadats besar dan kecil
2. Hadats pembatal wudhu, baik yang keluar dari tubuh seperti kentut maupun mengenai fisik/pakaian
3. Maksud dari tidak diterima shalat dihadits ini adalah tidak sahnya shalat dan tidak bernilai pahala4. Hadits ini menunjukkkan bahwa suci dari hadats merupakan syarat sahnya shalat.Wallahu a’lam

Sumber تيسير العلام شرح عمدة الأحكام (شيخ بسّام) : diterjemahkan oleh admin (atri yuanda)
baca juga
pembelian tablet advan t1j
bulan ramadhan 3 tingkatan shohihkah
artis lukman sardi murtad, benarkah

2 komentar: