Profil singkat syaikh shafiyuddin almubarrakfuri (juara 1 penelitian ilmiah sejarah muhammad shallahu alahi wassalam)

Profil singkat syaikh shafiyuddin almubarrakfuri (juara 1 penelitian ilmiah sejarah muhammad shallahu alahi wassalam)

Nama lengakp beliau adalah shafiyurrahman bin Abdulllah bin Muhammad Akbar bin Muhammad Ali bin Abdul Mu’min bin Faqirullah Al-Mubarakfuri Al-A’zhami. Beliau lahir pada 6 Januari 1943 M di Mubarrakpur, india.


Keluarga beliau dinasabkan kepada kaum Anshar, sebagai keturunan sahabat Abu Ayyub al-Anshari. Selesai mendalami Al-qur’an sejak Ibtidaiyah di Darut Ta’lim Mubarrakpur (1948), melanjutkan studi ke Ihya’ul Ulum di kota yang sama. Selama 5 tahun, fokus mempelajari bahasa Arab, Tafsir, Hadits, Fikih, Ushul Fikih, dan lain lain. 

Lulus dengan predikat mumtaz(cumlaude) pada Januari 1961. Sebelumnya, berhasil meraih ijazah bergelar Maulawi pada Februari 1959.juga, titel Alim dari Hai’ah Al-Ikhtibarat li Al-‘Ulum Asy-Syarqiyyah di Allahabad. India pada Februari 1960.


Setelah itu, waktunya dihabiskan untuk aktivitas dakwah dan mengajar. Pernah menjabat Pimpred majalah bulanan Muhaddits yang terbit di India dalam bahasa Urdu. Di sela-sela kesibukan tersebut, sempat meraih gelar formal dengan titel Fadhilah di bidang sastra Arab pada 1976. 

Profil singkat syaikh shafiyuddin almubarrakfuri (juara 1 penelitian ilmiah sejarah muhammad shallahu alahi wassalam)
kudwatuna.com
Di tahun yang sama Rabithah Al-Alam Al-Islami menyelenggarakan kompetisi ilmiah tentang sirah nabawiyah (sejarah hidup nabi Agung Muhammad shallahu alahi wassalam). Saat itulah Syaikh menulis kitab Ar-Rahiq Al-Makhtum dan berhasil meraih juara I.

baca juga: kesalahan umum ketika shalat

Kemudian melanjutkan safari ilmiah ke Universitas Islam Madinah untuk melanjutkan proyek riset ilmiah di Pusat Pelayanan Sunnah dan Sirah Nabawiyyah pada tahun 1409 H dan bekerja di sana hingga akhir Sya’ban 1418 H. Setelah itu beliau bekerja di Maktabah Darussalam di Riyadh sebagai pengarah di bagian Riset da Tahqiq Ilmiah hingga wafat. Meninggal saat shalat Jum’at pada 10 Dzulqa’dah 1427 H/ 1 Desember 2006 M di tempat kelahiran beliau, Mubarrakpur, india.

Sumber informasi: Syaikh Shafiyuddin Al-Mubarrakfuri, Ar-Rahiq Al-Makhtum, (UMMUL QURA,oktober 2012 M) cet III, alih bahasa Agus Suwandi, h.xxxvii

terima kasih telah membaca artikel ini tentang "Profil singkat syaikh shafiyuddin almubarrakfuri (juara 1 penelitian ilmiah sejarah muhammad shallahu alahi wassalam)"

Tidak ada komentar: