Apa sih Manfaat Biji Nangka untuk metabolisme tubuh kita ?

Siapa sih yang tak kenal buah satu ini, apalagi di Indonesia, buah ini tumbuh subur di asia, kalau orang bule (inggris) dinamai jackfruit, trus bahasa ilmiahnya (artocarpus heterophyllus). 

Apa sih Manfaat Biji Nangka untuk metabolisme tubuh kita
drjt.wordpress.com

baca juga: menyemir warna hitam

Daging buah nangka ketika matang memiliki rasa manis yang unik, biasanya buah ini dalam kondisi blum matang dijadikan lauk layaknya gulai, kulitnya pun diminati hewan ternak seperti kambing, domba and sapi.

Kulit batangnya yang berserat dapat digunakan sebagai tali dan pada masa lalu dijadikan bahan pakaian. Biji buah Nangka yang sering dibuang sebenarnya pun bisa dikonsumsi dan mengandung kandungan protein, serat, karbohidrat, vitamin A, B, C, fosfor, seng dan kalsium. Selain itu biji nangka juga mengandung beberapa antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker, antara lain saponin dan isoflavon.

Lantas apa manfaat dari biji nangka ?

1. Mencegah Anemia Biji Nangka memiliki kandungan zat besi tinggi yang diperlukan tubuh untuk mencegah anemia.

Nah, ketika Anda menyantap buah Nangka lain kali, jangan segera buang bijinya. Dengan begitu banyak manfaat serta khasiatnya, biji Nangka patut dipertimbangkan untuk dikonsumsi secara teratur.

2.Mengatasi stres dan penyakit kulit Konsumsi biji Nangka baik untuk terapi penyakit kulit dan menjaga kelembapan alami kulit. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan protein dan mikronutrien lainnya. Selain kegunaannya untuk kulit, biji Nangka juga dikenal dapat mengatasi stres.

3.Mencegah rambut rontok Kandungan vitamin A yang terdapat dalam biji Nangka selain dapat membantu menjaga penglihatan, juga bermanfaat dalam mengatasi kerontokan rambut

4.Melawan keriput Biji Nangka dapat memperlambat penuaan dini di wajah berkat kandungan antioksidannya yang tinggi. Caranya: campurkan biji nangka dengan susu dingin, lalu hancurkan biji Nangka sampai halus dan ratakan pada wajah. Apabila dilakukan dengan rutin, keriput di wajah dapat berkurang.

5.Menambah volume rambut Konsumsi biji Nangka juga mempunyai manfaat untuk menjaga aliran darah tetap baik. Aliran darah yang baik sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Selain itu, biji Nangka memiliki kandungan Mangan yang tinggi, yang berguna untuk menjaga kadar gula darah.

6.Mencegah sembelit Jika dikonsumsi secara rutin, biji Nangka yang mempunyai kandungan serat tinggi dapat mencegah sembelit. Selain itu, biji Nangka juga mempunyai khasiat membantu pengeluaran racun dari tubuh.

Khasiat yang satu ini tak banyak diketahui orang. Caranya mudah: campurkan biji nangka kering dengan susu dan madu. Setelah beberapa saat, hancurkan biji Nangka sehingga menjadi pasta lalu ratakan pada kulit yang bernoda. Setelah kering, bilas dengan air bersih.Ini diantara manfaat biji nangka, jadi jangan dibuang yach bijinya jika sudah tau manfaatnya

7.Membersihkan Noda pada kulit


Sumber : Hellodoctor.co.id

Tidak ada komentar: