Apakah keutamaan bersedekah pada bulan Ramadhan

Syaikh Shalih al-Fauzan menjawab: Bersedekah pada bulan Ramadhan lebih utama (afdhal) daripada bersedekah pada bulan-bulan lainnya. 

Pada bulan itu beliau صلي الله عليه وسلم sangat dermawan, sangat mudah mengeluarkan sedekah ibarat angin yang bertiup kencang. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas رضي الله عنهما berkata: Rasulullah صلي الله عليه وسلم adalah manusia yang paling dermawan dan lebih dermawan pada bulan Ramadhan ketika Jibril menemuinya untuk mengajari al-Quran pada setiap malam pada bulan itu. 

image ilustration from romance-love.ws

Kedermawanan Rasulullah صلي الله عليه وسلم pada saat itu lebih baik daripada angin sepoi-sepoi (angin yang bertiup terus-menerus dan bermanfaat). Dalil ini menunjukkan keutamaan sedekah bulan Ramadhan di mana pada bulan ini banyak orang yang miskin berpuasa. Bila seorang berbuat baik kepada mereka berarti ia membantu ketaatan kepada Allah terhadap mereka. 


Amal itu dilipatkan pahalanya karena kemuliaan waktu dan tempatnya sebagaimana amal-amal dilipatkan pahalanya pada dua masjid Makkah dan Madinah (masjid Nabawi) yaitu shalat di dua masjid tersebut berpahala 1000 kali lipat dibanding shalat di tempat lainnya.

Disalin dari Majalah Fatawa Vol III/ No.10_1428 H/2007 M, hal. 49-50.

Tidak ada komentar: