bagaimana sifat dan ciri-ciri fisik dajjal

kumpulankonsultasi- Diantara sifat-sifat Dajjal adalah ia seorang yang buta mata kanannya, dan tertulis diantara kedua matanya “Kafir,” yang dapat dibaca oleh setiap muslim. Sebagaimana diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Umar , ia berkata;

ذَكَرَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمًا بَيْنَ ظَهَرَانَيِ النَّاسِ الْمَسِيْحُ الدَّجَالُ فَقَالَ إِنَّ اللَّهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى لَيْسَ بِأَعْوَرَ أَلَا إِنَّ الْمَسِيْحَ الدَّجَالَ أَعْوَرُ عَيْنِ الْيُمْنَى كَأَنَّ عَيْنَهُ عِنَبَةً طَافِيَةٌ.
“Pada suatu hari Rasulullah a menyebut Dajjal kapada manusia dan bersabda, “Sesungguhnya Allah Tabaraka wa Ta’ala tidak buta, ketahuilah bahwa Al-Masih Dajjal buta mata kanan bagaikan buah anggur yang timbul.” (HR. Bukhari Juz 3 : 3256 dan Muslim Juz 1 : 169, lafazh ini miliknya.)
bagaimana sifat dan ciri-ciri fisik dajjal
image ilustration from www.youtube.com
Dan telah diriwayatkan dari Anas bin Malik ia berkata, Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam bersabda;

اَلدَّجَالُ مَمْسُوْحُ الْعَيْنِ مَكْتُوْبٌ بَيْنَ عَيْنَيْهِ كَافِرٌ ثُمَّ تَهَجَّاهَا ك ف ر يَقْرَؤُهُ كُلُّ مُسْلِمٍ.
“Dajjal itu terhapus (sebelah) matanya. Diantara kedua matanya tertulis “Kafir.” Kemudian beliau mengejakannya, “Kaf, fa, ra, (Tulisan tersebut) dapat dibaca oleh setiap muslim.” (HR. Muslim Juz 4 : 2933).

Diantara ciri fisik dajjal secara terperinci yang disebutkan didalam hadits-hadits yang shahih adalah :
Dia seorang lelaki bani adam (anak keturunan adam), usianya muda, berkulit merah, pendek posturnya, jarak antara kedua betisnya berjauhan (leter O), berambut keriting, dahinya lebar, dadanya bidang, mata yang kanannya buta, mata tersebut tidak muncul dan tidak pula tertancap seakan-akan buah anggur yang menonjol, dimatanya yang kiri ada daging keras yang tumbuh, diantara kedua matanya tertulis kafir dengan potongan huruf kaf, fa dan Ro atau bersambung tertulis Kaafir

baca juga

Tidak ada komentar: